la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

8 Ide Usaha Jualan Cemilan Keripik Kekinian Dengan Modal Kecil Di Jamin Laku

8 Ide Usaha Jualan Cemilan Keripik Kekinian Dengan Modal Kecil Di Jamin Laku

Keripik merupakan salah satu cemilan yang paling banyak di konsumsi saat bersantai, nongkrong dan berkumpul bersama keluarga, karena rasanya yang enak dan mudah didapatkan di indoma*, alfama*, ataupun toko terdekat, karena memang biasanya banyak yang jualan keripik ini.

Baca juga: 6 Ide Jualan Makanan Serba 1000 Paling Viral

Walaupun mudah didapat, akan tetapi makanan ringan jenis keripik ini bisa dibilang sebagai cemilan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, karena harga jual keripik lumayan mahal, terutama jika sudah masuk ke toserba maupun minimarket.

8 Jenis olahan kripik untuk ide usaha

Keripik sendiri memiliki banyak jenis dan beraneka juga bahan yang di gunakan, selain itu bahan pembuatan keripik juga mudah didapatkan, sehingga peluang usaha keripik ini sangat menjanjikan, karena sesuai dengan konsep ekonomi, harga bahan baku yang murah, mudah di dapat dan harga jual yang tinggi, sehingga tak heran jika banyak yang tertarik untuk mencoba bisnis ini.

Baca juga: 10 Ide Jualan Minuman Viral Kekinian Modal Kecil

Bagaimana, kamu juga tertarik untuk mencoba bisnis ini?, berikut ini beberapa jenis keripik yang bisa kamu jadikan ide jualanmu.

1. Keripik singkong

Keripik singkong

Keripik singkong tentunya sudah sangat lumrah di jumpai dan bisa di bilang dari semua jenis keripik, keripik singkong merupakan produk yang paling banyak di cari dan paling laku, karena mudah pengolahannya dan juga bisa di kombinasikan dengan berbagai jenis bumbu, sehingga bisa memiliki rasa yang beragam, mulai dari bumbu balado, bumbu jagung, sampai bumbu rasa sapi pun bisa di kombinasikan dengan bahan singkong ini, sehingga bisa menyesuaikan dengan selera pembeli.

Baca juga : 7 Ide Jualan Modal Kecil Paling Menguntungkan

Yang menarik dari bahan singkong ini adalah bisa di kreasikan menjadi berbagai jenis olahan makanan ringan bukan hanya keripik saja, dan yang pasti peminat olahan singkong ini juga sangat banyak karena rasanya yang gurih dan khas serta harganya yang sangat terjangkau.

Tanaman singkong merupakan salah satu tanaman yang mudah di tanam dan mulai dari umbi sampai daunnya bisa di manfaatkan mejadi olahan makanan yang nikmat, berbeda dengan tanaman lainnyan yang sistem penanamannya menggunakan umbi ataupun bijinya, tanaman singkong ini penanamannya menggunakan pohonhya, bahakan hanya di buang pun  tanaman singkong ini bisa tetap hidup di tanah indonesia, sehingga tak haran jika tanah kita di sebuah sebagai tanah surga, karena tongkat kayu yang di buang pun bisa menjadi tanaman.

2. Keripik talas

Keripik talas

Keripik talas sebenarnya belum terlalu lama di beredar dan di jual di pasaran, karena memang jika cara pengolahannya salah keripik talas ini akan menyebabkan gatal di mulut, namun jika bisa dalam pengolahannya keripik talas rasanya bisa di bilang lebih enak di bandingkan dengan keripik singkong dan dari segi harga pun memang lebih mahal, karena tidak semua daerah memiliki bahan baku mentahnya, berbeda dengan singkong yang hampir semua daerah ada dan mudah di dapatkan.

3. Keripik pisang

Keripik pisang

Untuk bisa menghasilkan keripik pisang yang enak dan manis, tentunya tidak semua jenis pisang bisa di pakai menjadi keripik pisang, karena ada beberapa jenis pisang yang jika di jadikan keripik teksturnya akan sangat keras, jika untuk di konsumsi sendiri tidak menjadi masalah, namun jika ingin di jual akan menjadi masalah nantinya.

Baca juga: 5 Contoh Ide Bisnis Anti Rugi Paling Menjanjikan

Jika kamu ingin memulai usaha keripik pisang ini kamu bisa menggunakan pisang kepok, pisang nangka, pisang tanduk, pisang ambon dan jenis pisang lain yang bisa empuk, renyah dan memiliki rasa manis yang khas.

4. Keripik ketela dan tela-tela

Keripik ketela dan tela-tela

Biasanya yang sering ditgunakan sebagai bahan olahan keripik ketela adalah ketela ungu, karena warnanya bisa terlihat lebih menarik, selain itu rasa juga aroma yang di hasilkan oleh ketela ungu ini juga lebih tajam, selain di olah menjadi keripik ketela juga bisa di olah menjadi olahan makanan ringan berupa tela.

Yang membedakan antara ke dua jenis olahan ini sebenarnya hanyalah pada tehnik pengirisannya, jika keripik irisan tipis-tipis, namun pada tela-tela ini umumnya di iris memanjang kecil-kecil menyerupai mie, namun kotak-kotak.

5. Keripik tempe

Keripik tempe

Tempe merupakan salah satu makanan favorit masyarakat indonesia. selain bisa di jadikan sebagai lauk pendamping nasi, ternyata tempe bisa juga di jadikan sebagai cemilan yang kezat dan juga bergizi, selain itu bahan baku tempe juga sangat mudah di temukan dan untuk pengolahan keripik tempe sendiri bisa di bilang snagat mudah, karena tempe hanya perlu di iris-iris menjadi lembaran yang tipis, kemudian di baluri dengan tepung sebelum di goreng, agar tekstur tempe bisa krispi dan garing.

6. Keripik daun bayam

Keripik daun bayam

Mungkin memang masih jarang di jumpai di toko ataupun minimarket, karena kelemahan keripik daun bayam ini adalah tidak bisa tahan lama, hanya bisa bertahan beberapa hari saja jika pengemasan yang dilakukan pada produk keripik daun bayam ini tidak benar-benar bagus.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Toko Sembako Dengan Modal 5 Juta

Dari segi pengolahannya keripik daun bayam ini tidak jauh berbeda dengan keripik tempe, yaitu menggunakan tambahan tepung untuk memberikan tekstur krispi, berbeda dengan bahan lannya seperti pisang, singkong, dan lainnhya yang bisa di olah tanpa perlu menggunakan bahan tambahan berupa tepung untuk memberikan tekstur krispi (renyah).

7. Keripik buah apel

Keripik buah apel

Untuk bisa membuat keripik apel ini tentulah bisa di bilang tidak mudah, karena biasanya tidak bisa di goreng, namun memerlukan alat panggangan berupa oven untuk menghilangkan kadar air dan membuat tekstur kripik apel renyah.

Jajanan keripik apel ini biasanya tidak di semua daerah ada dan hanya di daerah tertentu saja, terutama daerah penghasil apel seperti malang dan sekitarnya, karena bahan baku yang di gunakan merupakan bah apel asli yang harganya bisa mahal di daerah lainnya yang bukan daerah penghasil apel.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Usaha Kuliner Modal Kecil

Seperti yang kita tau, bahwa malang merupakan daerah yang sangat terkenal dengan apel malangnya, sehingga tak heran jika keripik apel menjadi oleh-oleh khas daerah malang.

8. Keripik kentang

Keripik kentang

Hampir sama dengan singkong, kentang merupakan salah satu bahan pangan yang bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan an yang terpenting olahan dari bahan kentang ini memiliki nilai ekonomi tinggi, karena memang harga bahan mentah dari kentang ini bisa di bilang cukup mahal.

Keripik kentang merupakan makanan yang paling laris di pasaran, selain rasanya yang gurih tentunya makanan dari bahan kentang merupakan makakan yang memiliki nilai gizi tinggi, tak hanya olahan keripik, sekarang ini kentang juga banyak di gunakan menjadi kreasi makanan yang sangat viral di kalangan masyarakat, yaitu kentang spiral.

Baca juga : 5 Skill Dasar Yang Wajib Dimiliki Pelaku Bisnis UMKM

Konsep kentang spiral ini hampir sama dengan keripik, akan tetapi biasanya untuk satu porsinya kentang spiral ini di buat menggunakan 1 buah kentang utuh yang di bentung menjadi bentuk spiral, kemudian di goreng, selain membuat keripik kentang kamu juga bisa mencoba usaha kentang spiral ini jika di daerahmu merupakan daerah yang banyak anak-anak dan juga remaja, karena kebanyakan yang membelinya adalah anak-anak dan juga remaja.

Sebenarnya selain 8 jenis keripik ini masih banyak juga olahan keripik lainn yang bisa di coba, namun akan terlalu panjang jika semua di bahas disini, jadi akan mimin bahas di lain kesempatan.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan