la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara Membuat Blog Yang Menarik Dan Bisa Menghasilkan

Cara Membuat Blog Yang Menarik Dan Bisa Menghasilkan

Dalam era digital yang terus berkembang, blog telah menjadi salah satu cara terbaik untuk berbagi ide, informasi, penyelesaian masalah, sumber pengetahuan, bahkan sampai pengalaman pribadi penulis.

Setiap hari muncul blog baru yang jumlahnya bisa ribuan bahkan bisa lebih, namun, yang sulit adalah bagaimana bisa membuat blog yang benar-benar menarik, bukan hanya dari segi tampilan saja, akan tetapi menarik juga dari segi isi konten yang ada dalam blog tersebut.  

Memukan Niche Yang Menarik Dan Sesuai Dengan Minat

Sebelum mulai terjun kedunia blogging dan mulai membuat blog, pertama-tama yang perlu dilakukan adalah memilih niche atau topik yang benar-benar bisa dinikmati. Memilih niche yang kuasai atau yang memang sangat diminati akan membuat lebih bersemangat untuk menulis dan berbagi, tidak perlu menjadi ahli dalam niche tersebut, tetapi memiliki minat yang kuat akan memotivasi untuk terus belajar dan berkembang seiring dengan berlalunya waktu.

Baca juga: Fakta menarik tentang blogger pemula

Tujuan membuat blog bisa bervariasi, mulai dari keinginan untuk berbagi pengetahuan, hobi, hingga mempromosikan bisnis. Penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan blog dibuat, karena ini akan memengaruhi isi dan arah blog kedepannya.

Rencanakan Isi Konten Yang Relevan

Setelah memutuskan niche blog, saatnya merencanakan isi kontennya. Perencanaan ini harus mencakup ide-ide topik, jadwal posting, dan strategi konten. Beberapa tips untuk merencanakan isi konten yang relevan:

  1. Lakukan analisis pesaing untuk memahami apa yang sedang tren dalam niche.
  2. Buat jadwal posting yang realistis dan patuhi. Karena dalam membangun blog, konsistensi adalah kunci.
  3. Pertimbangkan menggunakan berbagai jenis konten, seperti artikel, panduan, infografis, dan video.

Kualitas Konten Lebih Penting Daripada Kuantitas

Meskipun konsistensi dalam posting dan membuat konten adalah hal yang penting, namun, kualitas konten harus selalu menjadi prioritas yang utama. Blog yang menarik adalah blog yang memberikan nilai tambah kepada para pembaca. Pastikan setiap posting yang di buat informatif, solutif, atau bisa menghibur pembaca.

Selalu periksa ejaan dan tata bahasa yang di gunakan, dan pastikan konten yang dibuat mudah dipahami. Lebih baik memiliki postingan yang sedikit tetapi berkualitas daripada banyak posting yang kurang bermakna.

Gunakan Desain Blog Yang Menarik Dan Bisa Membuat Pembaca Betah

Tampilan visual blog juga memainkan peran yang sangat penting. Pilih desain yang bersih, profesional, dan sesuai dengan identitas brand (jika ada). Gunakan gambar dan grafik dengan bijak untuk mengilustrasikan konten yang diposting dalam blog.

Baca juga: Ganti template blogger, berujung artikel tidak bisa terindex google dan cara mengatasinya

Pastikan blog responsif, sehingga bisa diakses dengan lancar dari berbagai perangkat, termasuk ponsel pintar, tablet dan juga perangkat komputer. Bagi pembaca, tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada blog yang sulit dari segi navigasi atau tidak bisa terbaca dengan baik di perangkat seluler, karena sekarang ini kebanyakan pembaca menggunakan perangkat seluler ketika berselancar di dunia online.

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Adsense

Membuat blog yang menarik adalah sebuah perjalanan yang memerlukan waktu dan usaha, terutama jika ingin mendapatkan penghasilan dari blog tentunya usaha yang dilakukan harus lebih ekstra.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog, banyak cara yang bisa dilakukan, dan yang paling populer dilakukan adalah mendapatkan penghasilan dari google adsense, adstera dan penyedia layanan iklan lainnya. Untuk bisa terhubung dengan google adesense tentunya blog harus memiliki konten yang berkualitas dan mematuhi kebijakan google, misalnya saja, bukan konten sara, bukan konten por**, dan bukan konten judi.

Penghasilan Blog Selain Adsense

Selain bisa berpenghasilan dari jasa pengiklan seperti adsense ini, tentunya masih banyak lagi cara untuk mendapatkan openghasilan dari blog, misalnya saja membuka jasa review produk ataupun jasa, menjadi penyedia backlink yang berkualitas dan mengikuti berbagai lomba menulis yang diselenggarakan untuk para blogger.

Baca juga: Tips Membuat Artikel Untuk Website Bisnis

Bagi blog besar, yang sudah memiliki ribuan visitor (pengunjung) blog tiap harinya, tentunya tidak sulit untuk mendapatkan penghasilan dari blog baik dari adesnse ataupun di luar adsense, karena biasanya banyak yang akan menghubungi pemilik blog untuk beriklan ataupun membuat content placement untuk backlink website ataupun untuk review produknya.

Visitor Blog Merupakan Kunci Bisa Berpenghasilan Dari Blog

Masalah yang seringkali di alami oleh blogger pemula biasanya adalah sudah berhasil mendaftarkan blog ke adsense, namun penghasilan yang didapat tidak sesuai dengan ekspetasi, karena pengunjung blog masih sangat sedikit. Banyaknya pengunjung blog merupakan kunci utama bisa mendapatkan penghasilan dari blog, baik dari adesense maupun di luar adesense, karena para pelaku bisnis tentunya juga akan memilih blog yang memiliki banyak trafik tiap harinya, agar targetnya bisa tercapai. 

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan