la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Tips Membuat Artikel Untuk Website Bisnis Agar Bisnismu Makin Cepat Berkembang

Tips Membuat Artikel Untuk Website Bisnis Agar Bisnismu Makin Cepat Berkembang

Untuk memulai membangun BRAND bisnis tentunya memerlukan berbagai strategi pemasaran bisnis yang tepat dan juga terkonsep sesuai kebutuhan, termasuk juga dalam membuat artikel untuk website bisnis, tentunya tidak bisa sembarangan jika ingin bisnis yang di jalankan cepat berkembang.

Di era digital seperti ini, website merupakan salah satu senjata yang paling ampuh dalam proses branding sebuah bisnis agar bisnisnya bisa mendapat pencitraan yang baik dan makin bayak yang tertarik dengan produk atau layanan yang di sajikan.

Baca juga: 5 Skill Yang Wajib Dimiliki Pelaku Bisnis UMKM Di Era Digital

Untuk mengelola sebuah website bisnis, dan bisa menjelaskan bisnis lebih mendalam, dan menerapkan strategi bisnis yang tepat tentunya memerlukan berbagai konten, mulai dari konten gambar, konten video sampai konten yang berupa tulisan atau sering kita sebut juga sebagai artikel,yang merupakan komponen utama dalam sebuah website.

Tips Membuat Artikel Untuk Website Bisnis

Dalam sebuah website bisnis, konten artikel merupakan identitas sekaligus nyawa, yang bisa menentukan kemana arah website bisnis ini nantinya, sehingga diperlukan kepekaan penulis saat membuat sebuah artikel, Untuk itu kamu harus memahami tips-tips ini, agar website bisnismu makin cepat berkembang.

1. Judul yang menarik calon konsumen

Judul yang menarik calon konsumen

Dalam pembuatan artikel, bukan hanya untuk website bisnis saja, namun secara umum, hal yang penting dari artikel selain isi dari artikel itu sendiri adalah judul artikel. Dalam halaman pencarian google nantinya yang tampil adalah judul artikel dan sedikit cuplikan isi artikel, sehingga jika judul artikel tidak menarik, maka calon konsumen pun enggan untuk membuka artikel tersebut dan hanya melewatinya saja.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Jangankan untuk bisa muncul di halaman pencarian google dan bisa di page one, bahkan untuk sekedar di ketikan di mesin pencarian pun tidak, jika judul artikel dibuat asal-asalan saja. Untuk bisa membuat judul artikel yang menarik bagi website bisnis, tentunya dibutuhkan riset keyword (kata kunci) yang mendalam, baik secara manual ataupun menggunakan tools untuk riset keyword.

2. Fokus Pada Kebutuhan konsumen

Fokus Pada Kebutuhan konsumen

Artikel website bisnis yang bagus tentunya artikel yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen akan barang yang di tawarkan. Lalu artikel seperti apa yang di butuhkan konsumen? Yang di butuhkan adalah artikel yang mampu menjawab kekepoan (rasa ingin tahu) yang ada dalam pikiran konsumen.

Baca juga: 10 Kategori Produk Paling Laris Untuk Ide Jualan

Misalkan saja produk yang kamu tawarkan dalam website bisnismu adalah sabun, saat sudah tertarik dengan judul artikel dan masuk dalam artikel tentunya poin yang di cari adalah apa saja nih manfaatnya?, apa saja ya bahannya?, aman ngga ya?, cocok untuk kulitku ngga ya?, ke unggulan sabun ini apa ya?, dan bagaimana cara penggunaannya?. Maka bisa disebut artikel website bisnis yang baik apabila sudah mampu menjawab kekepoan konsumen dengan pengemasan yang menarik.

3. Tentukan Target Pembaca

Tentukan Target Pembaca

Menentukan target pembaca sangat penting dan berhubungan dengan penggunaan bahasa tulisan yang akan dituangkan dalam artikel nantinya. Jika target pembacamu merupakan generasi milenial dan kekinian, tentunya artikel dengan bahasa formal dan kaku akan sangat membosankan dan bikin malas untuk dibaca, jadi akan lebih baik jika menggunakan bahasa tulisan yang santai dan banyak kata-kata kekinian.

Baca juga: Pentingnya Menentukan Target Pemasaran Produk Yang Tepat

Selain untuk menarik minat baca kaum milenial, tentunya penggunaan bahasa tulisan yang sesuai juga bisa membuat milenial merasa nyamaman karena menganggap bahwa "milenial sangat dihargai disini nih, sudah kayak berasa teman sendiri" Untuk bisa membuat konten seperti ini tentunya memerlukan riset yang mendalam dan juga kepekaan penulis untuk bisa mengenal karakteristik pembaca.

4. Sertakan Gambar Yang menarik

Sertakan Gambar Yang menarik

Untuk website bisnis tentunya gambar sangat penting untuk pengenalan produk, dalam pemilihan gambar tentunya harus memilih gambar yang bisa menjelaskan tentang produknya. Bukan hanya produknya saja, akan tetapi mulai dari konsep pengambilan gambar, angle gambar dan juga model gambar merupakan elemen yang terpenting untuk menghasilkan gambar yang menarik.

5. Tautkan link produk

Tautkan link produk

Karena merupakan website bisnis, yang tujuan utamanya adalah untuk promosi produk, tentunya jangan lupa untuk menautkan produk jualan dalam artikel, agar calon pebeli bisa mudah menemukan produk yang di inginkan, tanpa harus mencari dengan keluar dari laman yang telah di buka, sediaakan juga prodk unggulanmu yang bisa di jadikan sebagai referensii calon pembeli.

6. Buat Artikel Yang Terstruktur

Buat Artikel Yang Terstruktur

Struktur artikel sendiri selain mempermudah pembaca dalam menangkap informasi yang tersedia dalam sebuah artikel juga memiliki manfaat yang besar bagi penulis saat penulisan artikel. Artikel yang terstruktur akan mempermudah penulis dalam pembuatan kerangka artikel, penyusunan artikel dan juga pengembangan tema dari judul artikel sehingga bisa di pecah menjadi sub-sub judul daru yang relevan.

7. Optimasi konten

Optimasi konten

Untuk bisa bertengger di halaman pertama (page one) pencarian google, tentunya konten yang akan di posting perlu di optimasi agar disukai oleh mesin pencari (search engine) google.

Cara agar artikel disukai oleh google

Cara agar artikel disukai oleh google

Jika sudah memiliki konten yang bagus, disukai pembaca juga, namu tidak disukai oleh mesin pencari google, tentunya akan sangat sulit untuk kontenmu di baca banyak orang dan bisa berada di halaman pertama google. Lalu cara apa saja sih yang bisa dilakukan agar konten artikel kita bisa disukai google.

Menggunakan metode penulisan piramida terbalik

Bagaimana maksudnya piramida terbalik? Bayangkan saja bahwa kontenmu merupakan sebuah piramida yang terbalik, kemudian di bagi menjadi bagian atas, tengah dan bawah.

Baca juga: Tips Meningkatkan Penjualan Produk Di Era Digital

Bagaimana maksudnya?. Bagian atas adalah bagian paling besar, bisa di artikan sebagai garis besar atau inti pembahasan sebuah artikel, kemudian bagian tengah bisa di isi dengan informasi penguat bagian atas, kemudian yang terakhir bisa di isi dengan kesimpulan ataupun informasi pendukung lainnya.

Menggunakan heading bertingkat (h1,h2,h3)

Heading ini bisa ditemukan saat membuat post bari di website, fungsinya sendiri untuk menjadi tanda struktur artikel. Sebenarnya akan sangat panjang sekali jika heading ini dibahas disini, jadi ringkasnya bisa di samakan dengan piramida terbalik tadi.

H1 merupakan penanda judul dan sudah otomatis, sedangkan h2 harus dipilih manual pilih pada judul informasi penguat h2 bisa lebih dari satu, sementara h3 bisa di tempatkan pada judul informasi penguat lainnya dan bisa lebih dari satu juga.

Untuk bisa mengenali h1,h2 dan h3, kamu bisa mencoba melihat pada artikel ini, kira-kira mana saja nih yang h1, h2 ataupun h3 nya?, bahkan tidak jaran juga kami menggunakan h4 dalam penulisan artikel dengan banyak penjelasan seperti ini.

Ada kata kunci judul di paragraf pertama

Kita anggap saja bagian paragraf tentang pembahasan tulis kata kunci judul di paragraf pertama ini adalah awal postingan baru, jadi seperti inilah kurang lebih penerapannya, walaupun sebenarnya tidak harus sama persis dengan judul, namun prakteknya seperti ini, setelah judul, lalu paragraf pertama ada kata kunci.

Mengandung gambar yang relevan

Jika artikelmu banyak penjelasan yang memerlukan gambar sebagai penjelas tambahan maka kamu bisa menggunakan beberapa gambar dalam satu postingan, pilih gambar yang jelas dengan ukuran file kecil, karena makin besar file, makin lambat juga loading / pemuatan halaman dan tentunya membebani hosting juga.

Ada internal link

Cukup birikan internal link secukupnya,  tujuaannya adalah agar pengunjung bisa mengunjungi post yang lain dan google sendiri bisa menganggap bahwa artikelmu sangat lengkap, karena banyak laman perujuk lainnya dalam artikel.

Artikel tidak TYPO

Jangan dikira google tidak tau, karena dalam data base google tentunya sudah dibekali dengan triliunan kata yang tersimpan. Walaupun sebenarnya masih bisa di toransi tentunya akan lebih bagus jika di usahakan sebisa mungkin untuk meminimalisir TYPO dalam penulisan, walaupun memang tidak mudah.

Jujur saja bagi kemi sendiri masalah TYPO ini memang masih menjadi masalah kami dalam penulisan artikel, sehingga jika disini pembaca menemui kata-kata yang TYPO dalam tiap postingan, mohon maaf atas ketidak nyamanannya dan tentunya selalu kami usahakan yang terbaik agar bisa menyajikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan