la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

10 Kategori Produk Paling Laris Di Marketplace Yang Bisa Kamu Jadikan Ide Jualan

10 Kategori Produk Paling Laris Di Marketplace Yang Bisa Kamu Jadikan Ide Jualan

Hal yang paling unik dan sangat memudahkan pembeli dalam mencari sebuah barang di marketplace tentunya adalah kategori produk, sehingga mulai barang yang terlaris, yang termurah, yang terdekat semua juga bisa di kelompokan dan di filter melalui aplikasi sehingga sangat memudahkan proses jual beli.

Baca juga : Tips jualan online laris tanpa perang harga

Beragam pilihan kategori produk yang tersedia di marketplace tentunya juga bisa membuat pusing bagi pemula yang akan memulai bisnis onlinenya dan hal yang satu ini memang sangat lumrah terjadi, karena sering muncul pertanyaan, "bang , jualan kategori apa yah yang paling laris di marketplace ini?" dan masih banyak pertanyaan lain yang serupa.

Pilihan Kategori Produk Paling Laris Untuk Ide Jualanmu

Masing-masing marketplace biasanya memiliki kategori produk unggulannya sendiri, dan sangat memungkinkan bahwa urutan peringkat paling terlaris pertama, kedua dan seterusnya pun berbeda-beda antara marketplace satu dan yang lainnya.

Sebelum menuju ke bagian apa saja kategori terlarisnya tentunya kamu harus tau dulu, apa yang di maksud kategori produk terlaris itu? Kategori produk terlaris maksudnya adalah kategori yang paling banyak diminati dan dicari, semakin banyak di minati suatu produk, maka makin banyak juga peluang terjual produk tersebut.

Baca juga : Cara Melakukan Promosi Bisnis Melalui Media Sosial

Dalam berjualan di marketplace tentunya sangat penting untuk mengetahui kategori produk apa saja yang paling banyak diminati, agar jualan makin lancar dan banyak pembeli. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa kategori paling laris di marketplace.

1. Produk perlengkapan rumah

Produk perlengkapan rumah

Tentunya kita tahu, bahwa memiliki rumah yang nyaman dengan perlengkapan rumah yang lengkap merupakan impian setiap individu maupun pasangan, sehingga tak heran jika perlengkapan rumah masuk ke list kategori terlaris.

Baca juga : Cara Menjadi Reseller Mebel Di Mebelid.com

Perlengkapan rumah yang paling banyak dicari biasanya adalah perlengkapan rumah kekinian yang bisa membantu mempermudah pekerjaan rumah dan juga bisa mempercantik tampilan rumah, misalnya alat pembersih, rak piring, pajangan dll.

2. Beauty product (produk kecantikan)

Beauty product (produk kecantikan)

Bukan hanya di marketplace saja, akan tetapi produk kecantikan ini juga menjadi kategori paling laris di semua media online maupun offline, sehingga sangat potensial sekali untuk di jadikan ide jualanmu.

Selain menjadi produk terlaris tentunya produk kecantikan merupakan jenis produk yang tidak cukup di beli hanya satu, karena banyak jenisnya, mulai dari skincare dengan berbagai jenis produknya, haircare dengan berbagai jenis produknya juga, bahkan sampai make up yang juga banyak jenis dengan fungsinya masing-masing.

3. Produk perlengkapan mom and baby (ibu dan bayi)

Produk perlengkapan mom and baby (ibu dan bayi)

Kebanyakan produk mom and baby adalah produk sekali pakai, sehingga tak heran jika kategori mom and baby ini menjadi produk paling dicari.

Baca juga : Tips Meningkatkan Penjualan Produk Di Era Digital

Saat hamil ataupun saat baru melahirkan tentunya akan sangat merepotkan jika harus kesana-kemari mencari perlengkapan mom and baby sendiri, mau nyuruh pasangan juga takut barang yang di beli salah, sehingga solusi yang paling tepat adalah membeli semua kebutuhan secara online melalui marketplace andalan masing.

Selain menawarkan kemudahan, marketplace juga menyediakan banyak promo diskon maupun free ongkir, sehingga belanja pun bisa makin hemat dari marketplace.

4. Kategori fashion (pakaian)

kategori produk fashion

Dalam marketplae maupun media sosial, pakaian merupakan kategori yang paling ngga ada matinya, karena model pakaian sendiri selalu bekembang seiring perkembangan zaman.

Saking larisnya kategori fashion, kamu harus benar-benar bekerja keras dan sabar jika ingin mencoba terjun ke kategori fashion, karena kompetitor kategori fashion bisa di bilang paling banyak di bandingkan dengan kategori terlaris lainnya.

Untuk bisa bertahan dan berkembang di dunia fashion, kreatif dan inovatif saja belum cukup, karena makin banyak kompetitor yang di ada akhirnya adalah marketing skill, bukan hanya ke unikan dan inovasi produk saja, sehingga perlu untuk selalu mengupdate skill dasar marketing yang kamu miliki.

5. Kategori fashion muslim

Kategori fashion muslim

Fashion muslim tentunya masih satu kategori dengan fashion, namun jangkauannya fashion muslim lebih khusus untuk menjual pakaian muslim dan muslimah, seperti gamis, hijab, baju koko dll. sehingga bisa Berbeda dengan kategori fashion biasa yang sifatnya yang lebih ke umum.

Karena masih satu kategori, tentunya untuk masalah kompetitor sama-sama luar biasa, karena memang kategori fashion ini bukan hanya banyak di cari pembeli saja, namun juga banyak diminati para penjual.

6. Kategori Otomotif

kategori produk otomotif

Rata-rata pengguna marketplace merupakan orang dengan usia 17 - 40 tahunan, sehingga kategori otomotif, terutama untuk produk-produk otomotif low budget, seperti untuk modifikasi yang bersifat ringan mulai dari spion, rem, lampu dll. Sangat potensial.

7. Kategori Hobi dan olahraga

Kategori Hobi dan olahraga

Sebenarnya kedua kategori hobi dan juga olah raga ini merupakan kategori yang bisa berbeda, namun bisa juga sama. Misalnya saja untuk kategori hobi, tentunya ada juga yang hobi tanaman dan ada juga yang hobi olahraga seperti sepak bola, atau work out, jadi bisa di satukan atau di pisah.

Jika ingin membuat kategori olahraga saja tentunya produk-produknya adalah perlengkapan olah raga, seperti matras, termasuk pakaian olahraga juga dan masih banyak lagi, sedangkan untuk kategori hobi bisa juga di isi dengan tanaman dan juga perlengkapannya.

8. Kategori Handphone dan aksesoris

Kategori Handphone dan aksesoris

Selain fashion, salah satu kategori paling kuat persaingannya adalah kategori handphone dan aksesoris, saking ketatnya persaingan, sekarang ini harga di marketplace bisa jauh lebih murah di bandingkan dengan konter offline, karena di marketplace banyak yang berlomba-lomba perang harga agar jualannya laku.

Seperti yang kita tau, bahwa harga aksesoris handphone sangatlah murah sekali di marketplace bahkan ada yang harganya mulai dari 500 perak saja dan justru yang paling sering lebih mahal ongkir dari pada barang, jadi ketika membeli jadinya membeli ongkir gratis barang, bukan beli barang dan dapat gratis ongkir.

9. Kategori Tas wanita

Kategori Tas wanita

Seperti yang kita tau, bahwa wanita merupakan makhluk yang paling gemar berbelanja, bahkan tak jarang wanita akan membeli tas dengan model yang sama persis namun dengan warna yang berbeda, entah karena alasan suka, atau untuk di sesuaikan dengan warna fashion pakaian yang dimiliki.

Model tas dan warna yang beragam tentunya masih akan menjadi godaan terbesar bagi para wanita dan tentunya timbal baliknya adalah menjadi peluang bisnis online yang sangat menggiurkan dan patut kamu coba.

10. Perlengkapan Elektronik

kategori Perlengkapan Elektronik

Bagi yang punya modal besar, bisa nih untuk mencoba kategori perlengkapan elektronik, karena harganya yang lumayan mahal, tentunya juga butuh modal yang ekstra, apalagi dimarketplace, yang harus menunggu barang sampai agar uang bisa masuk ke saldo penjual, tentunya akan sangat sulit untuk memutar modalnya lagi.

Bukan berarti yang memiliki modal kecil tidak bisa mencoba kategori ini, tentunya bisa juga dengan cara memilih perlengkapan elektronik low budget, atau bisa juga dengan cara menjadi dropshipper agar tidak perlu stok barang.

Hal yang perlu di perhatikan sebelum memulai bisnis di marketplace

Sebelum memulai bisnis barumu di marketplace kamu juga harus memperhatikan beberapa hal, agar jualanmu makin laku dan lancar, seperti ketersediaan modal, kestabilan harga pasar, ketersediaan stok barang dan juga kualitas barang, semua ini merupakan poin yang sangat penting untuk perkembangan bisnismu.

Baca juga : 6 Hal yang harus di hindari saat baru mulai membangun usaha

Untuk bisa memahami semua poin-poin pentin di atas, tentunya bisa kamu kembangkan seiring dengan berjalannya waktu, karena yang terpenting dalam memulai sebuah bisnis adalah berani mengambil langkah awalmu dan berani mengambil resiko.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan