la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara Mudah Melakukan Promosi Bisnis Kekinian Melalui Media Sosial Tanpa Modal Bagi Pemula

Cara Mudah Melakukan Promosi Bisnis Kekinian Melalui Media Sosial Tanpa Modal Bagi Pemula

Tidak hanya mudah digunakan untuk semua kalangan, mulai dari remaja sampai orang tua sekalipun, media sosial juga bisa dijadikan sebagai sarana promosi bisnis yang sangat efektif. Promosi melalui media sosial sendiri ada dua tipe, yaitu promosi berbayar (menggunakan iklan) dan promosi gratis, yang kali ini akan dibahas adalah tipe promosi media sosial yang gratis, untuk yang berbayar akan di bahas di lain waktu.

Baca juga : Penting! Mayoritas Ulama Mengharamkan Jual Beli Sistem dropship Seperti Ini

Sebenarnya jika dibilang tanpa modal memang kurang tetap, karena bagaimanapun juga dalam penggunaannya, media sosial juga memerlukan amunisi berupa kuota supaya bisa di gunakan, selain itu keahlian dalam mencari dan bisa memahami informasi juga merupakan modal dasar yang sangat penting untuk dimiliki setiap pebisnis pemula.

Tujuan dan target promosi bisnis melalui media sosial

Sebelum ke praktek tentang cara melakukan promosi bisnis melalui media sosial, tujuan / target promosi bisnis juga harus jelas. apa maksudnya? Sebagai contoh jika kamu merupakan pelaku bisnis seblak, tentunya tujuanmu promosi adalah agar orang tau bahwa kamu sedang menjual seblak dan pembeli harus datang ketempatmu secara langsung, entah melalui jasa ojek online atau di antar oleh penjual langsung (dalam hal ini pembeli harus 1 kota / jarak tempuh tidak memerlukan waktu ber jam-jam), berari targetmu adalah masyarakat lokal sekitar tempatmu, berbeda halnya jika yang di jual adalah pakaian, tentunya target dan jangkauannya harus lebih di perluas, bahkan kalau perlu sampai ke luar negeri, karena sekarang ini sangat memungkinkan untuk bisa mengirim pakaian ke luar negeri.

Dalam membuat promosi bisnis, tentunya jangkauan target promosi bisnis merupakan poin utama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah menentukan jangkauan hal berikutnya adalah menentukan media sosial apa yang di gunakan untuk promosi bisnis. Untuk kali ini yang akan dijadikan materi pembahasan adalah facebook teelebih dahulu, karena lebih fleksibel dan lebih mudah dalam menentukan target pasarnya, selain itu pengguna facebook juga meliputi segala usia, karena memang sangat mudah pengiprasiannya.

Cara promosi bisnis melalui facebook

Cara promosi bisnis melalui facebook

Sebelum mulai ke poin utama, tentunya saya beranggapan bahwa ketika sudah membaca sampai disini berarti pembaca sudah memiliki akun facebook yang sudah siap digunakan untuk praktek, karena disini tidak ada tutorial untuk membuat akun facebook, bahkan dirasa sangat tidak perlu, karena sangat mudah.

1. Membuat profil facebook Real (Akun yang meyakinkan)

Karena tujuannya sebagai media promosi bisnis, tentunya akun yang di buat harus bisa meyakinkan calon konsumen, mulai dari foto, sampai detail profil lainnya. Profil yang di gunakan bisa menggunakan foto personal maupun foto bisnis, yang terpenting adalah konsunen bisa ada rasa trust (percaya) bahwa ini aku asli nih.. Ini bukan akun fake, jadi aman.

Baca juga : 7 Jenis bisnis dan usaha sampingan yang cocok untuk anak sekolah dan mahasiswa

Walaupun harus meyakinkan calon konsumen, akan tetapi jangan sampai memasang data kartu identitas yang sifatnya sangat rahasia, seperti, KTP, SIM, KK dan lainnya, karena sangat beresiko disalah gunakan oleh orang lain sehingga bisa merugikanmu, untuk profil di facebook, cukup dengan melengkapi dengan alamat dan juga kontak yang bisa di hubungi, patikan nomor yang tercantum juga terhubung dengan aplikasi chating seperti wa ataupun line, karena sekarang ini sudah jarang penggunaan chat SMS, selain lebih mahal juga susah untuk kirim gambar, karena harus melalui MMS dan sangat mahal.

2. Membuat halaman facebook untuk promosi bisnis

Jika usahamu merupakan jenis usaha yang sudah resmi, tentunya halaman facebook juga harus ada, tujuannya adalah untuk mendapatkan pelanggan setiamu dan menjadi pondasi dalam proses promosi bisnis. Namun jika usahamu masih usaha rumahan seperti jualan seblak, seperti yang telah disinggung di atas tadi, tentunya halaman kurang penting untuk di buat.

3. Mempromosikan bisnis melalui grup-grup facebook

Disinilah menariknya dari facebook, grup facebook meruoakan salah satu lokasi promisi tang sangat strategis dan sangat mudah untuk menentukan target pasarnya. Jika belum memiliki grup facebook milikmu sendiri tentunya promosi bisnis melakui grup facebook ini masih bisa dilakukan, karena memang tak ada ketentuan harusnmemiliki grup sendiri.

Untuk melakukan promosi bisnis melalui grup fb tentunya yang pertama adalah mengikuti / bergabung ke grup jual beli yang sudah memiliki banyak anggota, untuk mencari grup yang akan di ikuti bisa dengan mengetikan di pencarian facebook, misanya saja "Grup jual beli jepara" Atau misal lebih soesifik "Grup jual beli furniture" Dan lainnya, disinilah penargetan lokasi bisa dengan mudah dilakukan, misal saja kamu penjual seblak di jepara tentunya grup yang di ikuti adakah grup yang mencakup area jepara saja, namun jika yang kamu jual adalah pakaian ataupun barang mebel, yang harus menjadi fokus utamamu adalah semua kota yang potensial, kalau bisa sebanyak mungkin.

Setelah permintaan masuk grup di terima, berikutnya yang harus dilakukan adalah memulai promosi, dengan mulai upload barang yang kamu jual, akan lebih bagus jika postingan jelas deskripsinya dan juga di sertai harga, tujuannya adakah agar tidak perlu menjawab satu-satu komentar netizen yang bertanya harga, namun biasanya juga banyak juga yang menyembunyikan harga, tujuannya adalah untuk menghindari persaingan harga dan juga membuat calon konsumen lebih penasaran dan jika ada yang komentar, maka postingan akan tetap berada dinposisi atas, Jika ditanya mana yang kebih disarankan, tentunya cara yang pertama lebih disarankan, jika postingan sudah terlalu tenggelam bisa juga di up sendiri dwngan komentar dinpostingan.

4. Posting jualan di akun facebook

Walaupun target yang terjangkau hanya orang yang sudah berteman di facebook saja, akan tetapi poin ini juga harus dilakukan, karena untuk meningkatkan proses branding, jika akun facebook aktif, tentunya calon pembeli juga bisa lebih yakin dan percaya untuk berbelanja.

5. Memperbanyak pertemanan di facebook

Media sosial facebook merupakan media sosial yang pertemanannya memang masih terbatas dengan batas 5.000 pengguna, ubtuk itulah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan cara memilih berteman dengan orang yang potensial menjadi konsumen dan pastikan akun juga masih aktif, jika sudah tidak aktif bisa langsunv unfried, untuk memberi space baru (bisa di ganti dengan pertemanan lain).

Tips posting di grup facebook

Saat kamu mau memulai posting di grup-grup facebook, pastikan kamu tau tips berikut ini  agar postinganmu bisa banyak diminati oleh banyak orang :

1. Buat postingan dengan keterangan yang jelas dan juga informatif

Bagaimana orang mau beli, jika barang yang di posting tidak jelas apa yang di jual, bagaimana spek barang yang di jual, yang ada calon pembeli hanya akan skip postinganmu.

2. Jangan terlalu panjang menuliskan deskripsi produk

Dalam penulisan deskripsi produk di tuntut untuk jelas da informatif, sehingga calon pembeli bisa menangkap informasi tentang barang yang di jual dengan jelas dan tentunya harus dengan singkat juga, karena kebiasaan masyarakat kita literasi membaca sangat kurang, sehingga akan malas membaca jika deskripsu terlalu panjang, cukup terangkan kelebihan produkmu dengan singkat, padat jan jelas.

3. Cantumkan kontak, lokasi penjualan dan juga harga

Sebuah postingan yang baik tentunya harus memiliki ketiga poin ini, tujuannya adalah untuk mempermudah pembeli, sehingga pembeli tak perlu komentar menanyakan ketiga poin tersebut.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan