7 Jenis bisnis dan usaha sampingan yang cocok untuk anak sekolah dan mahasiswa

7 Jenis bisnis dan usaha sampingan yang cocok untuk anak sekolah dan mahasiswa
Bagi sebagian pelajar yang masih setingkat sma maupun mahasiswa , tentunya ada yang tak perlu susah-susah memikirkan uang sekolah dan kuliah sendiri, karena sudah di jamin oleh orang tua dan tugasnya hanya fokus untuk belajar saja, namun ada juga yang pusing memikirkan Jenis usaha ataupun bisnis sampingan apa yang cocok untuk anak sekolah dan mahasiswa yang menganggu waktu belajarnya, karena memang harus membiyayai sendiri kuliahnya.

Tentunya sebagai seorang mahasiswa semua mahasiswa dituntut untuk bisa berpikir kritis dan juga berpikir kreatif bukan hanya saat presentasi kuliah saja, namun juga dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang mahasiswa dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi digital, karena tak bisa dipungkiri lagi, dalam proses pembuatan tugas tentunya dibutuhkan berbagai referensi, baik itu referensi dari buku-buku yang nyata maupun dari artikel dan buku-buku digital yang banyak tersedia secara online.

seorang mahasiswa yang bisa memahami dan bisa mengikuti perkembangan digital tentunya tak akan kesusahan untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan bisa membagi waktu antara kuliah dan waktu bekerja.

lalu apa saja sih jenis usaha ataupun bisnis yang cocok untuk anak sekolah dan mahasiswa?

1. Usaha desain grafis

biasanya seorang pelajar tentunya sangat erat sekali dengan yang namanya komputer dan laptop dan tak jarang juga saat kuliah di tugaskan untuk mendesain banner maupun logo, tentunya ini juga bisa di manfaatkan juga dengan membuka jasa desain grafis.

walaupun terlihat sangat remeh, namun jika ditekuni dan sudah memiliki brand yang sudah banyak dikenal tentunya desain grafis bisa menjadi sebuah bisnis kreatif yang sangat menjanjikan.

2. Membuka jasa pengetikan

seperti yang kita tahu, bahwa sekarang ini yang membutuhkan jasa pengetikan bukan hanya seorang mahasiswa saja, bahkan anak-anak smp, sma sekarang ini juga sudah banyak tugas yang membutuhkan keahlian mengetik dan biasanya mereka akan lebih memilih jasa pengetikan ketimbang mengetik sendiri, karena biasanya jasa pengetikan hasilnya lebih rapi dan selesainya juga lebih cepat.

3. membuka jasa pembuatan artikel

seperti yang kita tahu bahwa hampir semua informasi bisa kita cari melalui google dan disana kita bisa menemukan berbagai artikel yang berbeda-beda yang ada pada sebuah blog ataupun website. 

Sekarang ini banyak sekali owner sebuah blog ataupun website yang lebih memili jasa penulisan artikel untuk mengisi konten yang ada di blog ataupun websitenya, alasannya tentunya beragam, mulai dari tak ada waktu untuk membuat artikel atau bisa juga sedang malas sehingga memilih untuk membeli dari pada harus susah-susah buat sendiri.

dari usaha pembuatan artikel ini bisa dibilang lumayan, karena biasanya untuk artikel 1000 kata bisa dihargai Rp.25.000 - Rp. 50.000 tergantung kualitas artikel itu sendiri dan juga kualitas penulis artikelnya juga.

4. Menjadi seorang blogger

selain membuka jasa pembuatan artikel untuk blog ataupun website orang, tentunya bisa juga membuat blog sendiri dan di isi dengan konten-konten yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

lalu dari mana bisa menghasilkan uang, jika pengunjung blog perhari sudah banyak, misalnya sudah mencapai puluhan ribu perhari, tentunya blog bisa di daftarkan untuk menjadi publisher google untuk bisa dipasang iklan, selain itu blog juga bisa di gunakan untuk mereview sebuah produk, entah produk sendiri maupun produk endorse dan cara yang lain adalah blog bisa di jual.

5. Jual pulsa

pulsa sekarang ini sudah seperti kebutuhan pokok saja, karena dibutuhkan setiap saat oleh semua orang dan peluang jual pulsa bisa dimulai dari teman sekelas sendiri.

6. Jual produk secara online

sekarang ini bisa dibilang toko online (marketplace) lebih banyak dipilih dibandingkan dengan toko offline, karena selain lebih mudah transaksinya, biasanya pilihan produknya juga sangat beragam dan lebih banyak.

peluang usaha jual produk secara online ini tentunya bisa juga dikerjakan juga oleh anak kuliahan. Barang-barang yang bisa dijual secara online sekarang ini juga sangat beragam dan hampir semua ada bahkan makanan pun ada.

7. Membuka jasa instal ulang pc / laptop

bagi yang punya pc/laptop tentunya sudah pernah instal ulang kan? Dan berapa harga jasanya jika di jasa penginstalan ulang? 35rb-50rb lho.. Lumayan kan, sekali instal ulang bisa 35rb-50rb, paling cuma 1-2jam sudah selesai.

itulah beberapa jenis bisnis yang cocok untuk anak sekolah dan mahasiswa, tentunya semuanya mengharuskan untuk bisa kreatif, berpikiran maju, serba bisa dan juga pandai melihat peluang.

Postingan Serupa

15.19 - tanpa komentar

0 komentar untuk 7 Jenis bisnis dan usaha sampingan yang cocok untuk anak sekolah dan mahasiswa.

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan