12 kata mutiara hikmah mbah maimun zubair

12 kata mutiara hikmah mbah maimun zubair

Assalamu'alaikum.. Sobat semua, sobat tentunya tahu kan, atau paling tidak pernah mendengar nama mbah maimun zubair, atau sering di sebut juga mbah mun. Beliau adalah seorang ulama' besar yang sangat berwibawa dan sangat di sayangi oleh semua orang karena kecerdasan dan kemuliaan akhlak beliau.
berikut adalah biografi singkat mbah mun :
Kyai Haji Maimun Zubair adalah seorang ulama dan politikus, saat ini ia merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang dan menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro Partai Persatuan Pembangunan. Wikipedia
Lahir: 28 Oktober 1928 (88 tahun), Karangmangu, Sarang, Rembang, Indonesia
Nama lain: Mbah Moen; Maimoen
Partai politik: Partai Persatuan Pembangunan
Organisasi: Nahdlatul Ulama
Orang Tua: Nyai MahmudahKyai Zubair

dan dalam berbagai kesempatan beliau selalu memberikan kata mutiara dan berbagai petuah yang bisa menjadi pelajaran bagi kita. Berikut ini adalah 12 kata mutiara mbah maimun zubair kata mutiara hikmah mbah maimoen zubair :
12 kata mutiara hikmah mbah maimoen zubair
" yang paling hebat dari seorang guru adalah MENDIDIK dan rekreasi yang paling indah adalah MENGAJAR.
ketika meliha murid-murid yang menjengkelkan dan melelahkan, terkadang hati teruji KESABARANNYA, namun hadirkanlah gambaran bahwa diantara satu dari mereka kelak akan MENARIK TANGAN KITA MENUJU SURGA"
K.H Maimun Zubair

kata mutiara mbah maimun zubair
"UANG MAHAR itu BERKAH kalau buat MODAL USAHA, jadi nanti kalau kamu nikah usahakan uang maharnya yan BANYAK, nanti setelah nikah, kamu bisa minta izin istrimu untuk menggunakan uang mahar tersebut buat modal usahamu, insya Allah usahamu BAROKAH !.


Kata bijak mbah maimun zubair
"termasuk wong apik iku wong sing ora iso ngaji nanging seneng kumpul karo wong sing iso ngaji"
termasuk orang yang bagus yaitu orang yang tidak bisa mengaji, tetapi suka berkumpul dengan orang yang bisa mengaji (dalam bahasa indonesia).

Kata hikmah mbah maimun zubair
"apik-apik.e dunyo iku nalikane pisah antarane apik lan olo, sak wali'e elek-elek.e dunyo iku naliko campur aturane apik lan olo" (dalam bahasa jawa).
"sebaik-baiknya dunia itu ketika di pisah antara baik dan buruk, sebaliknya seburuk-buruknya dunia adalah ketika bercampur antara baik dan buruk (dalam bahasa indonesia).

kata mutiara mbah maemun zubair
"wong seng apik ora keno nyepele'ake doso senajan cilik, lan ora keno anggak karo amal senajan akeh amale" (dalam bahasa jawa).
"orang yang baik itu tidak menyepelekan dosa meskipun kecil, dan tidak sombong ketika punya amal meskipun banyak"

kata bijak mbah maemon zubair
"nak kalau kamu jadi guru, dosen, atau kiyai, kamu harus tetap punya usaha sampingan, biar hatimu tidak selalu mengharap pemberian atau bayaran dari orang lain. Karena usaha dari hasil keringatmu sendiri itu barokah"

Nasehat mbah maimun zubair
"dalane suargo iku ILMU, isane entuk ilmu iku NGAJI, ngaji seng coro ulama' utowo kiai. Modern yo modern, tapi ojo lali NGAJI, senajan seminggu pisan" (dalam bahasa jawa).
"jalan surga itu ILMU, bisanya mendapat ilmu itu NGAJI, ngaji cara ulama' atau kiai. Modern ya modern, tapi jangan lupa NGAJI. Walaupun seminggu sekali (dalam bahasa indonesia).

Kata mutiara hikmah mbah maimoen zubair
" indonesia ini lain dari yang lain. Jika disana muslim di umpamakan pohon kurma, di sini seorang muslim seperti padi-padian"

kata mutiara mbah maimoen zubair
"nik milih bojo ibu sing ora patiyo ngerti dunyo. Mergo sepiro anakmu sholeh, sepiro sholehane ibune" (dalam bahasa jawa).
" jika memilih istri itu yang tidak terlalu mengerti dunia, karena seberapa anakmu sholeh, tergantung seberapa sholehah ibunya" (dalam bahasa indonesia).

kata bijak mbah maimoen zubair
"sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang sholehah. Sebaik-baik harta adalah anak yang sholeh-sholehah pula. Inilah kenikman akhirat yang kelak akan di alami keluarga mukmin"

nasehat mbah maimun zubair
"jangan mudah berburuk sangka, agar hatimu tidak gelap dan tak sengsara"

nasihat mbah maimun zubair
"apa tandanya santri? TANDANYA SANTRI ITU NGAJI.
zaman sekarang itu orang ngaji tinggal sedikit, yang banyak itu pada sekolah, pada nyari (gelar) sarjana.
KAPAN TIADA LAGI ORANG MENGAJI.
tidak akan ada lagi orang mengaji, jika al-qur'an hanya ditanggap sebagai bacaan dan simakan saja"

Postingan Serupa

04.05 - tanpa komentar

0 komentar untuk 12 kata mutiara hikmah mbah maimun zubair.

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan