la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Gara-gara ganti template blogger, berujung artikel tidak bisa terindex google dan cara mengatasinya

Gara-gara ganti template blogger, berujung artikel tidak bisa terindex google dan cara mengatasinya

Yang kali ini mimin bagikan merupakan pengalaman pribadi sendiri, gara-gara ganti template blogger, justru semua artikel baru tidak bisa terindex oleh google sama sekali.

Awalnya mimin kira memang normal, karena kejadian ini juga bertepatan dengan masalah https yang di alami oleh semua blogger, kejadian tepatnya terjadi pada bulan september 2022.

Baca juga : Bahaya menonton sinetron bagi perkembangan mental anak

Di grup blogger saat itu memang banyak mengeluhkan artikel tidak terindex kesalahan https dll, sehingga tetap mimin pakai templatenya, karena menurut mimin tidak ada masalah dan dari pihak pembuat template juga menjelaskan bahwa hal tersebut bukan faktor ganti template.

Ganti template premium malah artikel tidak bisa terindex

Pasti banyak yang berpikir, ah, paling template tidak resmi, paling belinya dari orang yang pernah beli lalu di jual lagi.

Perlu diperjelas di sini, bahwa template yang di pakai saat itu adalah template resmi dan di beli langsung dari pembuatnya, tentunya pembuatnya sudah sangat tidak asing bagi para blogger, pembuat temanya adalah salah satu blogger wanita yang sudah malang melintang di dunia blogger.

Bahkan sebelum mengganti template ini pun sebelumnya juga mimin menggunakan template premium juga dari mas sugeng, namun karena merasa bosan akhirnya ingin ganti ke template baru agar tampilan lebih fresh.

Jadi bagi teman-teman blogger yang suka gonta-ganti template, stop mulai sekarang, karena walaupun template yang di pakai premium, masih tidak bisa menjamin, template bisa berdampak bagus bagi blog, akan tetapi justru bisa sebaliknya.

Konsultasi ke pembuat template menemukan kebuntuan

Setelah berjalan beberapa hari dan artikel belum terindex juga, tentunya solusi pertama yang di tempuh adalah konsultasi ke pemilik template, namun sayangnya konsultasi menemui kebuntuan dan tidak bisa mendapatkan solusi atas permasalahan blog ini.

Pembuat template mengira bahwa masalah terjadi akibat adanya update algoritma google dan solusi yang di berikan nya hanya menunggu dan menunggu.

Keterangan kegagalan pengalihan di google search console

Setelah satu minggu berjalan tentunya mulai muncul kehawatiran, kenapa nih, kok belum terindex juga?, padahal sudah banyak artikel terbaru yang di publish.

Kemudian mulai mencari masalahnya di goole search console, dan masalahnya adalah kesalahan pengalihan tersebut, lalu mimin coba validasi permasalahan dan menunggu sampai beberapa hari akhirnya hasil validasi selesai dan alhamdulillah validasi GAGAL.

Artikel tetap tidak bisa terindex setelah validasi di GSC 

Bukan hanya sekali mencoba untuk submit artikel yang belum bisa terindex, akan tetapi masih belum juga mendapatkan hasil yang baik.

Saking putus asanya waktu itu, mimin juga sempat membuat tread di grup blogger dan banyak juga kawan-kawan blogger yang membantu, namun masalah masih belum juga bisa teratasi dan berlangsung 3 mingguan lebih.

Banyak artikel yang mulai de index

Setelah pemakaian 3 mingguan ini, masalah baru mulai muncul, yaitu banyak artikel yang de index (artikel yang mulanya sudah terindex, tiba-tiba jadi tidak terindex).

Bukan hanya ini saja masalah yang terjadi, setelah banyak artikel yang de index, pengunjung blog yang awalnya perhari bisa 300-500 kini menurun drastis di angka 50-100, tentunya makin bingung dong.

Akhirnya mimin memberanikan diri untuk mengambil kesimpulan bahwa ini pasti masalah templatenya, karena masalah mulai muncul saat setelah ganti template tersebut.

Membeli templatea Linkmagz

Setelah 3 minggu lebih berlalu dan masih belum ada kejelasan, akhirnya mimin memberanikan diri membeli template LinkpMagz dari mas sugeng, karena mimin merasa template mas sugeng bagus-bagus dan tentunya beliau juga sudah sangat berpengalaman di bidang pertemplatetan.

Cara mengatasi artikel yang tidak bisa terindex oleh google

Setelah memantapkan diri akhirnya mimin memasang template LinkMagz ini di blog yang bermasalah dengan harapan blog bisa normal lagi, karena blog tersebut memiliki banyak kenangan tersendiri dan umur blog sendiri sudah lebih dari 5 tahun, akan tetapi memang jarang di urus, sehingga artikel pun masih sedikit dan 90% di antaranya, penulisan masih asal-asalan, karena memang dulu belum begitu paham tentang penulisan.

Lalu apakah sekarang sudah paham bagaimana penulisan yang baik?, tentu belum, namun sudah lebih mendingan dari pada sebelumnya yang sama sekali tidak paham dengan penggunaan judul, mulai dari h1,h2 dan seterusnya.

Melakukan trial and error untuk mengatasi artikel yang tidak terindex

Setelah template terbeli, mimin tidak langsung memasangnya akan tetapi awalnya justru merubah dulu blog dengan menggunakan template bawaan dari blogger dan mencoba untuk publish 2 artikel baru, setelah itu, dua hari kemudian melakukan pengecekan di GSC dan sudah ada tanda-tanda baik, karena dari ke dua artikel, salah satunya sudah ada yang bisa terindex oleh google.

Walaupun sudah mulai terindex namun mimin belum cukup puas, karena biasanya blog yang terkena masalah ini indexnya sangat cepat, bahkan terkadang jika di submit langsung melalui gsc, artikel terbaru bisa terindex dalam hitungan menit saja.

Masalah index teratasi setelah ganti template LinkMagz

Jika banyak yang berpikir ini merupakan artikel untuk mempromosikan template LinkMagz, maka jawabannya bukan, karena mimin tidak bekerja sama dengan mas sugeng selaku pemilik template, namun ini memang pure cerita pengalaman pribadi.

Lanjut ke ceritanya, setelah 2 hari menggunakan template bawaan dari blogger, akhirnya memutuskan untuk memakai template Linkmagz yang telah di beli sebelumnya.

Berbeda dengan template-template sebelumnya yang biasanya untuk sekedar seting dan penyesuaian template membutuhkan waktu lama, linkmagz ini tidak, karena banyak menu-menu yang bisa langsung di atur dari tata letak dashbord blogger, mulai dari menu navigasi, sampai penempatan iklan adsense, semua sangat mudah dan praktis.

Proses index sudah normal lagi

Setelah semua setingan selesai yang mimin lakukan adalah mencoba untuk publish artikel 3 baru, tentunya setelah publish ada kecemasan juga, takutnya kalau tidak bisa terindex lagi, padahal sudah beli template baru lagi.

Setelah menunggu satu hari, akhirnya mencoba untuk cek ke google search console lagi dan, tara.. Semua artikel baru sudah terindex semua akhirnya setelah perjuangan yang panjan blog bisa normal lagi, walaupun banyak penurunan jumlah pengunjung dan masih butuh perjuangan lagi untuk submit dan edit ulang semua artikel yang de index sebelumnya.

Memperbaiki postinangan blog ternyata tidak mudah

Sebenarnya walaupun memang blog sudah berumur 5 tahun lebih, akan tetapi postingan yang terpublish masih sedikit, kurang lebih sekitar 200 lebih saat itu, sehingga tidak terlalu sulit untuk menata kembali blog yang sempat mati suri ini.

Dengan kejadian ini tentunya justru mimin akhirnya mau tidak mau harus memperbaiki hampir semua postingan, mulai dari penulisan yang tidak sesuai sampai paragraf dan typo yang masih sangat banyak, walaupun hanya sekedar memperbaiki, yang awalnya mimin kira bisa selesai kurang dari 1 minggu, namun faktanya sampai artikel ini di publish pun, proses perbaikan masih belum selesai.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan