la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Makalah Saham Syariah, Karakteristik Dan Mekanisme Transaksi Dalam Saham Syariah

Makalah Saham Syariah, Karakteristik Dan Mekanisme Transaksi Dalam Saham Syariah

Dalam menjalankan dan ikut andil dunia bisnis, terutama yang berkaitan dengan jual beli saham, tentunya kita sebagai umat islam harus bisa memahami apa saja yang termasuk dalam saham syariah, bagaimana karakteristik saham syariah dan bagaimana juga cara transaksi yang dilakukan dalam praktek jual belis aham syariah, agar jangan sampai salah dalam mengambil langkah ketika melakukan investasi.

A. Macam-macam Saham Syariah

Berikut macam-macam saham dalam perusahaan yang perlu di pahami:

1. Saham biasa (Common stock)

Saham biasa (Common stock) adalah saham yang menempatkan pemiliknya paling Iunior terhadap pembagian deviden dan hak atas harta kekayaan perusahaan apabila perusahaan tersebut dilikuidasi. Saham ini yang paling dikenal masyarakat. Saham biasa memiliki harga nomila yang nilainya ditetapkan oleh emiten (perusahaan yang menerbitkan saham) dan harga saham ini disebut dengan nilai pari (par value). Besarnya harga nominal saham tergantung pada keinginan emiten, harga nominal yang ditentukan oleh emiten berbeda dengan harga perdana (primar pric) dari suatu saham, harga perdana adalah harga sebelum suatu saham dicatat (listed) di bursa efek. Jika suatu saham terjual dengan harga perdana yang lebih tinggi dari harga nominalnya, maka selisihnya disebut dengan agio saham.

Baca: MAKALAH SAHAM SYARIAH DI INDONESIA

Saham Biasa Memiliki karakteristik Utama yaitu:

1. Hak suara pemegang saham

Pemegang saham dapat memillih dewan komisaris

2. Hak didahulukan

Hak didahulukan bila organisasi penerbit menerbitkan saham baru

3. Tanggung jawab terbatas

Tanggung jawab terbatas pada jumlah yang diberikan saja

2. Saham Preferen (Prefered stock)

Saham yang memiliki karakteristik gabungan antara obligasi dan saham biasa, karena bisa menghasilkan pendapatan tetap. Saham ini lebih aman dibandingkan dengan saham biasa karena memiliki hak klaim terhadap kekayaan perusahaan dan pembagian dividen terlebih dahulu. Saham preferen sulit diperjualbelikan seperti saham biasa karena jumlahnya yang sedikit.

Baca: 5 Contoh Ide Bisnis Anti Rugi Paling Menjanjikan Yang Harus Kamu Tau

Karakteristik Saham Preferen adalah sebagai berikut:

1. Memiliki berbagai tingkat

Tingkat dapat diterbitkan dengan karakteristik yang berbeda

2. Tagihan terhadap aktiva dan pendapatan

Memiliki prioritas lebih tinggi dari saham biasa dalam hal pembagian dividen

3. dividen kumulatif

Bila dividen belum dibayarkan dari periode sebelumnya maka dapat dibayarkan pada periode berjalan dan lebih dahulu dari saham biasa

B. Mekanisme Transaksi Saham Syariah

Bagi perusahaan yang mencari «tana segar, pasar modal maayediakan dana aegv melalui mekanisme go public dengan menerbitkan saham dan mendapatkan dana dari penjualan saham Penilaian suatu efek sangat dipengaruhi oleh kondisi kinerja keuangan perusahaan paierbitnya Dalam melakukan analisis memilih efek ada beberapa teknik yang dilakukan. Untuk memilih saham dilakukan dua pendekatan, yaitu paiddtatan fundamental dan teknikal. Pendekatan fimdamaital merupakan fektor-fektor yang dapat memeigaruhi harga saham, antara lain penjualan, pertumbuhan paijualan, kebijakan dividen, RUPS, manaemen dan lain sebagainya. Sedangkan analisis teknikal saham adalah analisis saham yang dilakukan dengan memprediksi harga sahan dari waktu ke waktu baik dilakukan secara, maupun manual lewat bantuan program computer. Kedua teknis analisis akan mempengaruhi investor membeli atau menjual efek yang mereka miliki.

Baca: Pemasaran Digital : Tips Dan Trik Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Di Era Digital

Bagi para investor, berinvestasi dengan benar adalah bagaimana menjadi rekan bagi perusahaan sambil mendapatkan keuntungan dari laba dari waktu ke waktu. Oleh karenanya berinvestasi di pasar modal svariah harus dilakukan nada instrument dari perusahaan yang solid serta didukung oleh manajemen vana baik plan perencanaan bisnis yang jitu. Para investor melakukan penjualan saham karena ada mengetahui sesuatu yang memengaruhi kinerja perusahaan yang menyebabkan kinerja perusahaan yang menyebabkan kinerja perusahaan menurun seperti pergantian manjemen vana tidak baik. produksi yang dikeluarkan gagal, tidak mampu bersaing dan lain sebagainya. Mekanisme transaksi sahan dibagi menjadi dua macam-yaitu:

1. Transaksi di Pasar Perdana

Bagi investor yang ingin membeli saham di pasar perdana haruslah menggunakan pertimbangan-pertimbangan yang mengeluarkan efek tersebut melalui prospectus yana memberikan informasi dari catalan keuangan historis sampai sampai proyeksi laba dan dividen yang akan dibayarkan untuk tahun berjalan. Bagi para investor muslim., tentu lebih didorong untuk memilih emiten vana telah terdaftar dalam listing IH sebagai instrument keuangan syariah. Adapun prosedur pembelian efek di pssar perdana secara umum.

1. Pembeli menghubungi agen penjual yang ditunjuk oleh under wrtier

Untuk mengisi formulir pemesanan kemudian dikembalikan kepadaagei peijual diserta dengan tanda tangan dan kopian kartu identitas investor serta jumlah dana yang sesuai dengan nilai efek yang dipesan.

2. Jika pemesanan efek melibihi efek yang ditawarkan

Prosedur selanjutnya adalah masa penjahatan dilakukan paling lambat 12 hari kerja terhitung sejak berakhirnya masa penawaran yang dilakukan oleh emisi dan masa pengembalian dana merupakan pengembalian dana akibat kelebihan dana yang dikarenakan tidak terpenuhinya pesanan oleh penjamin emisi paling lambat 4 hari kerja setelah akhir masa penjatahan.

3. Penyerahan efek

Setelah ada kesesuaian antara banyak nya efek yang dipesan dengan banyaknya efek yang dapat dipenuhi emiten. Penyerahan efek dilakukan oleh penjamin emisi atau agen penjual paling lambat 12 hari keija terhitung mulai tanggal berakhirnya masa penjatahan Investor mendatangi penjamin emisi atau agen penjual dengan membawa bukti pembelian.

2. Transaksi di Pasar Sekunder

Mekanisme perdagangan efek di bursa efek hanya dapat dilakukan oleh anggota bursa efek. Keanggotaan bursa efek dapat diberikan kepada perseoranga atau badan hukum.Syarat keanggotaan bursa efek umumnya menyangkut permodalan dan kemampuan sebagai anggota bursa efek. Perdagangan efek di bursa efek dilakukan melalui Perantara Pedagang Efek dan Pedagang Efek yang merupakan anggota bursa efek.

Baca: 8 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Yang Cocok Untuk Pelajar

a. Transaksi melalui perantara pedagang efek (Broker

Perantara pedagang efek (broker) berfungsi sebagai agen yang melakukan transaksi untuk dan atas nama klien. Dari kegiatan ini perantara pedasana efek mendapai komisi maksimum 1% dari nilai transaksi.

b. Transaksi melalui pedagang efek (dealer)

Pedagang efek berfungsi sebagai prinsipil yang melakukan transaksi untuk kepentingan perusahaan anggota. Perusahaan efek berfungsi sebaaai investor sehingga pedagang arak menerima konsekuensi, baik untung maupun tuai.

DAFTAR PUSTAKA

Soemitra, Andri. 2009 . BANK & LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH . Jakarta : KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Hartono , Jogiyanto . 20016 . Teori Portofolio dan Analisis Investasi . Yogyakarta : BPFE-YOGYAKARTA.

Hartono , Jogiyanto . 20016 . Teori Portofolio dan Analisis Investasi . Yogyakarta : BPFE-YOGYAKARTA.

Andri Soemitra. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

Pradja , S. Juhaya . 2012 . LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH . Bandung : CV PUSTAKA SETIA .

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan