la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Eksplorasi Keindahan Astana Hinggil, Destinasi Wisata Andalan Somosari Jepara Yang Sedang Viral

Eksplorasi Keindahan Astana Hinggil, Destinasi Wisata Andalan Somosari Jepara Yang Sedang Viral

Jika berkaitan dengan destinasi wisata, jepara memang tidak ada matinya, salah satu destinasi wisata yang baru-baru ini di buka dan langsung viral di berbagai kalangan adalah astana hinggil yang letaknya berada di kawasan desa somosari, kecamatan batealit Kabupaten jepara.

Lihat juga: Eksplorasi keindahan wisata candi gedong songo semarang

Desa somosari jepara bisa dibilang sebagai desa kecil dengan segudang tempat wisata, karena bukan hanya astana hinggil saja tujuan wisata yang bisa di eksplore lebih jauh di sekitar desa somosari, namun masih banyak destinasi wisata yang tak kalah kerennya.

Harga tiket masuk ke somosari jepara

Untuk bisa masuk ke area wisata somosari pengunjung dikenakan tarif tiket sebesar Rp.5.000 rupiah, cukup murah karena bisa menikmati berbagai tempat wisata maupun cafe yang aesthetic dan kekinian.

Sedangkan untuk bisa masuk ke area wisata astana hinggil jepara, pengunjung juga harus membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 di hari biasa, sedangkan untuk week end dan hari libur Rp.15.000 dan biaya parkir sebesar Rp.2.000-Rp.5.000.

Keindahan Astana Hinggil Jepara

Astana hinggil sendiri merupakan destinasi wisata baru yang secara resmi baru dibuka pada 24 Februari 2022 lalu, dan mulai buka dari pukul 10.00-18.00 WIB.

Lihat juga: Destinasi Wisata Astana Hinggil Desa Somosari Jepara

Proses pembangunan dan perbaikan astana hinggil sampai sekarang pun masih terus dilakukan, sehingga kedepannya bisa makin keren dan bisa menjadi destinasi wisata unggulan bukan hanya bagi desa somosari namun bagi kota jepara juga.

Lokasinya yang secara geografis terletak di perbukitan tinggi dan suasana yang masih sangat asri tentunya memberikan kesejukan dan pemandangan yang indah dengan background pegunungan dan alam sekitar.

Lokasi yang jauh dari pusat kota juga menjadi kelebihan tersendiri bagi destinasi wisata Astana hinggil ini, karena polusi suara maupun udara masih sangat minim dirasa.

Fasilitas yang ada di astana hinggil

Sebagai tempat wisata dengan konsep agro wisatata, astana hingil memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

1. Hinggil cafe jepara

Bagi yang lapar dan ingin mencari makanan ataupun minuman yang segar tak perlu khawatir karena di astana hinggil juga ada hinggil cafe yang menyediakan banyak sekali menu andalan.

Menu hinggil cafe jepara

Menu andarlan yang ada di hinggil cafe juga bisa dilihat di akun instagram @hinggilcafe, tersedia berbagai menu mulai dari western food, aneka olahan nasi, aneka olahan mie, pasta dan juga appetize dan swee dessert yang tak kalah menggoda.

2. Home stay dengan konsep joglo klasik

Home stay dengan konsep joglo klasik

Bagi para wisatawan yang ingin bermalam di astana hinggil juga di sediakan 13 homestay dengan konsep joglo yang sangat aman dan nyaman untuk di jadikan tempat bermalam bersama keluarga. Namun untuk sementara saat ini ketika artikel di terbitan home stay masih dalam tahap pembangunan.

3. Kursi dan gazebo untuk bersantai

Kursi dan gazebo untuk bersantai

Bagi kamu yang sudah kelelahan setelah seharian jalan-jalan, bisa juga nih bersantai sejenak sambil memesan cemilan maupun minuman yang segar.

Tempat bersantai yang tersedia bisa dibilang sangat bayak mulai dari deretan kursi indoor maupun outdoor yang berjejer rapi, sampai gazebo dengan konsep joglo yang aesthetic.

4. Tempat sholat (musholla)

Tempat sholat (musholla)

Bagi yang beragama muslim, biasanya ketakutan saat sedang liburan adalah sulitnya mencari tempat sholat yang nyaman, namun tampaknya pengelola astana hinggil sangat memperhatikan hal ini, sehingga di sediakan juga tempat sholat yang bisa di gunakan oleh para pengunjung tempat wisata.

Tempat sholat yang tersedia juga mengikuti desain joglo klasik, sehingga makin membawa hanyut dalam kesan surah tempo doeloe. Tempat sholat terletak disisi kiri jalan.

5. Kamar mandi yang bersih

kamar mandi bersih

Selain kebutuhan ibadah yang tak kalah penting tentunya adalah kebutuhan hajat yang sangat manusiawi, yaitu buang air, di astana hinggij juga sudah di sediakan beberapa kamar mandi bersih yang bisa digunakan.

6. Tempat bermain anak

Tempat bermain anak

Bagi yang berwisata bersama buah hati tak perlu khawatir lagi jika si buah hati rewel, karena di astana hinggil juga di sediakan tempat bermain bagi buah hati, tentunya harus dengan dampingan dari orang tua, untuk menghindari berbagai kemungkinan yang tidak di inginkan.

7. Kolam renang anak dan dewasa

Kolam renang anak dan dewasa

Selain tempat bermain, buah hati juga bisa di ajak berenang di kolam renang, kolam renang bisd di manfaatkan oleh anak-anak dan juga orang dewasa, tentunya bagi anak-anak harus juga dengan pengawasan orang tua.

8. Spot foto keren dan kekinian

Spot foto keren dan kekinian

Berwisata tentunya kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh berupa foto yang keren dan kekinian, bahasa kerennya "no pict = hoax".

Selain menyajikan pemandangan indah yang alami, diastana hinggil juga menyediakan berbagai repplika seperti replika sapi dan dokar dan masih banyak replika buatan lainnya yang bisa dijadikan spot foto keren.

Lihat juga: Potret keindahan wisata pantai panggung jepara

Dengan banyaknya fasilitas serta spot foto yang kekinian tentunya sangat wajar jika astana hinggil menjadi destinasi wisata populer yang menjadi incaran di jepara.

Astana hinggil merupakan salah satu destinasi wisata mewah dengan tarif murah yang sangat recomendded untuk di kunjungi.

Rute jalan menuju lokasi astana hinggil

Rute jalan menuju lokasi astana hinggil

Bagi yang belum pernah ke astana hinggil dan ingin pergi kesana, rute jalan  ke astana hinggil bisa di tempuh dengan sepeda motor maupun mobil.

Untuk yang pergi menggunakan mobil usahakan untuk memilih supir yang benar-benar berpengalaman, karena lokasi astana hinggil merupakan perbukitan tentunya jalur menuju lokasi banyak tanjakan dan turunan yang tajam.

Baca juga: 8 Tips berkendara aman dan nyaman di jalan raya

Bagi pengendara mobil yang masih amatir tentunya jalur seperti ini sangat berbahaya bukan hanya untuk pengendaranya saja, namun juga membahayaka pengendara lain yang melintas.

Hal tersulit bagi pengendara mobil yang masih amatiran adalah ketika harus stop and go di tanjakan, atau berhenti dan jalan lagi di tanjakan, karena harus benar-benar bisa menyeimbangkan antara gas dan juga rem.

Keadaan macet tentunya bisa memperparah keadaan, karena bisa membuat supir tambah panik dengan lalu lalang kendaraan, sehingga sangat berpotensi mobil mundur dan membahayakan pengguna jalan lain juga.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan