la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

8 Tips berkendara aman dan nyaman di jalan raya

 8 Tips berkendara aman dan nyanman di jalan raya

Dalam berkendara yang menjadi sangat penting adalah keselamatan bagi pengendara, bukan seberapa cepat kita sampai dilokasi, karena semakin kita memacu kendaraan kita dengan kecepatan kita lebih tinggi akan semakin tinggi juga resiko kecelalaan yang kita tanggung.

Walaupun banyak juga yang menganggap “kecelakaan merupakan takdir dari sang maha kuasa, kalau sang maha kuasa menakdirkan kita untuk kecelakaan ya bagaimana lagi, toh nyawa juga hanya titipan, kalau mati ya mati aja”.
Anggapan itu memang benar, tapi menyepelekan keselamatan itukah yang salah, walaupun nyawa memang hanya titipan, tetapi kita juga harus menjaga titipan itu kita harus memanfaatkan apa yang telah dititipkan Allah kepada kita jangan malah membahayakan nyawa kita sendiri dengan cara ugal-uglan dijalan ataupun yang lainnya.

Tips berkendara di jalan raya

Kali ini saya akan membagikan tips-tips berkendara yang aman dan tentunya nyaman, aman bukan dari kecelakaan saja tapi dari hal-hal lain seprti pak polisi dll. Dan tips-tips ini saya ambil dari pengalaman saya sendiri ketika berkendara dijalan.

1. Berdo'a dulu sebelum mulai berkendara

Pertama-tama tentulah jangan lupa berdo’a dulu sebelum berkendara, atau minimal membaca basmalah jika berdo’a dianggap terlalu lama, atau berdo'a sesuai dengan kepercayaan masing-masing, dalam berdo'a pun tak mesti harus dengan bahasa arab namun bisa dengan bahsa sehari-hari yang biasanya di pakai.

2. Melengkapi perlengkapan dalam berkendara

Kelengkapan dalam berkendara tentunya elengkapi semua mulai dari helm, sampai kelengkapan surat-surat yang harus kita bawa, seperti STNK,SIM, BPKB tidak usah dibawa, tapi jika BPKB-nya nganggur dirumah dibawa saja tidak apa-apa, dan segera menuju tempat penjaminan Bpkb terdekat.
Memakai helm dan membawa helm tentunya beda, jika hanya membawa tentunya bisa saja hanya di tenteng, namun tidak di kenakan di kepala, ingat memakai helm bukan hanya membawa helm.

3. Jangan ugal-ugalan di jalan

Jangan ugal-ugalan dijalan karena selain membahayakan nyawa kita sendiri juga membahayakan pengendara lain, dan ingat bahwa keluarga kita menunggu dirumah, bagaimana jika hanya nama dan jasad kita saja yang bisa pulang kerumah, tentunya selain menyusahkan orang di jalan raya jga bisa menyusahkan keluarga dirumah juga.

Kecelakaan memang bisa terjadi pada siapa saja tanpa perduli orang ugal-ugalan ataupun tidak, namun paling tidak dengan berkendara hati-hati dan menaati tata tertib dijalan, akan lebih meminimalisir kecelakaan yang terjadi di jalan.

4. Maksimalkan fungsi lampu sent dan juga kaca spion

Lamppu sent dan juga kaca spion yang ada di sepeda motor bukan hanya variasi saja, namun bisa di gunakan secara lebih maksimal untuk memberi tanda dan juga melihat belakang kendaraan kita.

Jika ingin menyalip kendaraan lain, ataupun ingin belok, hidupkan lampu sent agar pengguna jalan yang dibelakang kita bisa tau mau dipacu kemana kendaraan kita. Dan jangan lupa juga untuk menengok kekanan,kiri dan depan, belakang juga,karena kendaraan bisa datang dari mana saja, mungkin suatu saat nanti kita juga perlu melihat keatas ataupun kebawah juga.

Sebagai catatan yang saya maksud menengok kebelakang itu bukan menengok masa lalu ya, ntar malah galau lagi kalau dijalan tba-tiba menengok masa lalu, apa lagi jika masa masa lalunya terlalu menyakitkan itu juga sangat berbahaya sekali, saat berkendara ataupun tidak.

5. Jangan mengobrol saat berkendara

Jangan mengobrol dengan pengendara lain ketika sedang berkendara, karena itu sangat berbahaya sekali, dan kebanyakan itu sering dilakukan oleh orang-orang yang berkendara dijalan.

Bahkan saya sering melihatnya sendiri, dan saya pernah merasa jengkel sekali dengan ulah pengendara seperti itu, lalu saya dekati dari belakang, dan saya klakson sampai berulang-ulang, namun mereka tetep cuek saja, dan itu membuat saya tambah jengkel lgi akhirnya saya mendekti mereka dari samping kanan, dan saya geber-geber motor saya di samping mereka.

Dan yang lebih memprihatinkan lagi, dua pengendara itu adalah anak sekolah, karena masih memakai seragam pramuka waktu itu. Jangan ditiru perbuatan saya ini. Karena ini juga berbahaya.

6. Patuhi tata tertib dalam berlalu lintas di jalan

Taatilah tatatertib berlalu lintas. Jangan menerobos rambu-rambu lalu lintas, karena itu juga untuk keselamatan kita sendiri. Tidak apalah menunggu barang satu atau dua menit paling lama, asalkan kita selamat, rambu-rambu lalu lintas, saat dilampu merah paling juga hanya Sembilan puluh detik paling lama, tidak sampai dua menit, apa salahnya kita menunggu sejenak.

7. Jangan terlalu memaksakan diri saat berkendara

saat berkendara usahakan untuk membuat badan kita nyaman, jika dirasa tubuh kita pegal, atau terlalu capek atau bahkan mengantuk, lebih baik kita mencari tempat istirahat untuk beristirahat sejenak atau untuk sekedar bisa menselonjorkan kaki kita.

Jangan dipaksakan untuk berkendara lagi karena itu sangat berbahaya, dan itu berlaku juga ketika sedang berboncengan, itu berlaku untuk yang didepan ataupun yang dibonceng. Karena jika yang dibonceng mengantuk atau lain sebagainya, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, entah terjatuh ataupun yang lain.

8. Jaga hati dan emosi saat di jalan

Jaga hati kita, agar tidak mudah terpancing emosi ketika dijalan, karena biasanya kebanyakan pengguna jalan ingin cepat sampai ditujuan namun jika dijalan sedang mengalami kemacetan, itu pasti membuat pengendara mudah emosi dengan hal-hal yang sepele. Untuk itulah kita harus bisa mengontrol emosi kita.
Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan