la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Dampak positif dan negatif sosial media bagi penggunanya

Dampak positif dan negatif sosial media bagi penggunanya

Berbicara tentang dampak positif dan negatif tentulah semua memiliki potensi yang sama, bukan hanya sosial media saja memiliki dampak negatif ataupun positif bagi penggunanya, tak terkecuali facebook, iya tak terkecuali facebook juga, kenapa saya pertama menyebut facebook, karena facebook adalah sosial media yang paling banyak digunakan.

Facebook merupakan media sosial yang paling di gemari

Di zaman sekarang ini siapa sih, yang tak mengenal jejaring sosial yang bernama facebook ini?, bahkan saya rasa nenek-nenek atau kakek-kakek yang sudah berumur pun banyak juga yang mengenal apa itu facebook, bahkan tidak menutup kemungkinan juga pengguna facebook saking tenarnya facebook.


sebagai sosial media atau jejaring sosial yang sangat digemari diberbagai belahan dunia, tak terkecuali negara tercinta kita negara Indonesia, dan penggunanya juga dari berbagai usia mulai anak-anak, remaja sampai orang tua, dan menurut survey yang saya baca, perlu saya perjelas lagi menurut survey yang saya baca, berarti bukan saya yang melakukan survey, dan survey itu menyatakan bahwa indonesia menduduki urutan ke tiga untuk jumlah pengguana facebook terbesar setelah amerika serikat dan india, wow... luar biasa bukan?.

Dampak positif sosial media

Dampak positif sosial media
Karena ada dua poin, yitu positif dan juga negatif, maki yang akan di bahas lebih dulu adalah apa saja dampak positifnya. Tak perlu panjang-panjang lagi saya juga capek kalau terlalu panjang saya akan mulai menyebutkan apa saja Dampak positif dan negatif sosial media bagi penggunanya

1. Makin memper erat bahkan menemukan hubungan


Sosial Media bisa Lebih memper erat silaturrahmi antar saudara ataupun teman yang sudah sangat jarang bertemu atau berkomunikasi dan akhirnya bisa di pertemukan melalui sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan masih banyak lagi media sosial lainnya yang sekarang ini banyak bermunculan dan menawarkan kemudahan dalam mencari seseorang, hanya dengan mengetikkan sebuah nama kita bisa menemukan orang yang kita cari.

Tentunya jika nama orang yang kita cari sesuai dengan nama aslinya atau tidak lebay dalam penulisan nama, misalnya nama aslinya kanaya putri namun penulisan nama dalam facebook diganti menjadi k4174y4 p03tr13, ya... elah... bakalan susah carinya kalo gitu, jadi saya sarankan jika membuat nama di media sosial lebih baik menggunakan nama asli atau kalau ingin menambahkan sebuah nama lebih baik ditambahkan di belakang saya contohkan akun facebook dan instagram saya sendiri nama saya adalah purnomo, jadi saya membuat facebook saya dengan nama purnomo putra an-nur.

Mengenai alasan pembuatan nama akun mimin tentunya tidak akan di jelaskan karena kalau di jelaskan bisa sampai tujuh hari tujuh malam nggak selesai-selesai.

2. Bisa menjadi tempat promosi dan menghasilkan uang


Sosial media bisa digunakan Sebagai tempat untuk menghasilkan uang dan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mempromosikan produk, tidak bisa dipungkiri lagi di zaman yang serba modern dan semakin canggih ini sosial media sangat membantu sekali khususnya untuk orang yang menjual atau menyediakan jasa.


Dengan menggunakan media sosial usaha jual beli atau jasa yang dimiliki akan lebih banyak dikenal luas jika sering melakukan promosi melalui sosial media, dan mimin akui mimin sendiri sangat sering melakukan jual beli melalui sosial media khusunya facebook dan hampir setiap hari juga saya melakukan promosi untuk mempromosikan produk furniture dan toko online yang mimin kelola, dan memang dengan adanya sosial media sangat membantu dan mempermudah semua kegiatan promosi.

3. Bisa menjadi sarana diskusi dan juga informasi

Sosial media bisa menjadi sarana diskusi dan sarana untuk memperoleh informasi, kita bisa melakukan diskusi dan tukar pikiran dengan membuat grup disebuah sosial media, karena banyak juga sosial media yang memfasilitasi untuk kita bisa membuat grup, selain itu kita juga bisa dengan mudah dan lebih cepat memperoleh informasi entah itu dari pihak sosial media atau dari seseorang yang mengirim sebuah informasi, terkadang seringkali informasi dari media sosial justru lebih cepat sampai pada kita dibandingkan ditelevisi.

4. Bisa menjadi tempat curhat dan menumpahkan unek-unek

Sosial Media bisa digunakan sebagai media tempat curhat, sebagai seorang manusia tentulah kita mempunyai berbagai masalah dan problem yang berbeda-beda dan saya yakin semua orang pasti mempunyai problem, entah itu problem yang berat ataupun problem ringan.

Menurut mimin pribadi, mencurahkan hati atau bahasa kerennya curhat juga sangat penting, karena dengan kita curhat baik itu secara langsung pada seseorang taupun melalui media sosial. kita mungkin bisa mendapat solusi terbaik untuk masalah kita atau paling tidak kita bisa merasa sedikit lega dan sedikit terhibur dengan berbagai komentar teman entah komentar yang memberi semangat atau komentar baik lainnya yang kita dapatkan secara langsung atau melalui sosial media.

Menurut mimin juga, sosial media sekarang ini sangat laris sekali digunakan sebagai media curhat, karena kebanyakan orang ada yang merasa malu jika menceritakan masalahnya secara langsung kepada keluarga, teman, atau sahabatnya dan lebih nyaman untuk curhat di sosial media.

5. Menjadi tempat menyimpan data (yang sifatnya bukan sensitif / pribadi)

Sosial Media bisa digunakan sebagai empat menyimpan data dan berbagai file mulai dari foto atau video atau file lain yang sangat sayang jika hilang, karena sosial media selama akun kita masih aktif semua file yang kita unggah akan tetap ada lain dengan memori card atau hp yang sangat rentan hilang, jika hp atau memori card kita rusak atau hilang, tentu hilang juga file yang ada, untuk itulah sosial media bisa menjadi tempat alternatif untuk menyimpan file.

6. Bisa menjadi tempat berbagi ilmu

Sosial Media bisa digunakan sebagai tempat untuk saling berbagi ilmu pengetahuan, karena di sosial media tentunya kita bisa dengan mudah saling berbagi pengetahuan yang kita miliki, agar bisa bermanfaat bagi sesama. semua ilmu bisa di bagikan di sosial media mulai dari pengetahuan umum, pengetahuan tentang agama, sampai pengetahuan tentang resep masakan pun juga bisa di bagikan di sosial media.

Dampak negatif sosial media

dampak negatif sosial media

Setelah mengetahui apa saja dampak piositif tentunya kurang lengkap jika belum mengetahui dampak negatif yang berikut ini.

1. Mengganggu pekerjaan dan proses belajar mengajar

Sosial media bisa mengganggu pekerjaan dan proses belajar mengajar, yah,tentu saja sosial media bisa menjadi sangat mengganggu pekerjaan dan proses belajar mengajar, apalagi jika pengguna sosial media itu sudah kecanduan bermain di sosial media, tentunya banyak dari para karyawan, murid, mahasiswa bahkan dosen dan guru yang akan mencuri-curi waktu disela kegiatan kerja ataupun saat proses belajar mengajar sedang berlangsung.

Hayo... coba di ingat apakah kalian pernah melakukannya? Kalau mimin sendiri, jujur saja iya..

2. Menjadi terlalu bebas (sampai melanggar batasan)

Sosial Media bisa membuat batasan ranah pribadi menjadi tak terkendali, saking bebas dan saking asyiknya biasanya pengguna sosial media bisa menuliskan hal-hal yang sebenarnya tidak pantas untuk diketahui orang, bahkan terkadang pengguna sosial media bisa menuliskan sesuatu yang menjadi aibnya dan yang paling parah yang di tulis adalah aib orang lain, tentunya sangat merugikan orang, tanpa mereka sadari.

3. Membuat interaksi sosial berkurang (interaksi di dunia nyata)

Sosial Media bisa membuat Interaksi sosial berkurang (interaksi secara langsung), banyak orang orang yang berkurang interaksi sosialnya karena lebih memilih untuk menyendiri dikamar, atau pergi kewarnet dari pada bermain dan bergaul dengan orang-orang disekitarnya, bahkan lebih parah lagi dan banyak sekali dilakukan adalah saat bergaul atau bermain dengan teman justru malah asyik senyum-senyum sendiri karena ke asyikan bermain sosial media dan tak memperdulikan keadaan sekitar.

4. Bisa memicu kesalah pahaman

Sosial Media bisa dengan mudah memicu kesalah pahaman antar pengguna lain, seperti kita ketahui di sosial media kebanyakan adalah menggunakan sebuah tulisan, jika kita menuliskan perkataan yang memiliki banyak arti tentunya itu akan memicu kesalah pahaman misalnya saat menulis sebuah status "aduh... panjang banget...jadi sakit" tentu saja akan banyak yang berpikiran lain dengan apa yang dimaksud pembuat status, hayo, kalau kamu sendiri berpikir apa tentang contoh status tadi?.

5. Rentan penipuan

Sosial Media sangat rentan penipuan, penipuan yang ada di sosial media pun beragam, karena di sosial media kita bisa dengan mudah membuat akun palsu yang bisa digunakan untuk menipu seseorang, mulai dari penipuan identitasa sampai penipuan saat melakukan transaksi jual beli.

6. Bisa mengganggu kesehatan

Sosial media bisa mengganggu kesehatan, karena saat bermain sosial media tentunya akan terus memandang ke arah hp, smartphone atau komputer dan itu akan berpengaruh bagi kesehatan mata kita dan terkadang bisa membuat lupa waktu karena ke asyikan berselancar di sosial media, sehingga akhirnya sering begadang sampai pagi karena terlalu seru dan bisa memicu berbagai penyakit lainnya.

7. Bisa di gunakan untuk pencurian identitas

Sosial Media bisa digunakan untuk pencurian identitas, jika kita menyertakan nama, alamat ataupun nomor telepon, tentu itu bisa beresiko jika data diri kita digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dan di gunakan untuk tujuan yang tidak baik.

8. Bisa membuat kecanduan

Sosial Media bisa mengakibatkan kecanduan yang berbahaya, jika seseorang sudah mulai kecanduan sosial media, orang itu akan lebih sering mengisolasikan diri (menyendiri) agar bisa dengan bebas bermain sosial media, dan itu sangat berbahaya sekali karena jika terlalu sering mengisolasikan diri itu bisa membingungkan respon kekebalan, fungsi urat nadi, mengubah cara kerja gen, merusak performa mental dan level hormon.

9. Memicu perselingkuhan online

Sosial Media bisa memicu perselingkuhan dan perceraian, karena dimedia kita bisa dengan mudah mengenal orang-orang baru dan bisa dengan mudah memilih yang cantik ataupun tampan dan itu bisa membuka jalan baru untuk perselingkuhan dan akibatnya menimbulkan perceraian.

10. Bisa memicu hilangnya tradisi (yang biasanya harus dilakukan secara langsung)

Sosial Media bisa menghilangkan tradisi misalnya saat lebaran tradisi kita sebagai umat muslim adalah bersilaturrahmi dan saling mengunjungi, namun sekarang ini banyak ditinggalkan karena tergantikan dengan ucapan silaturrahmi yang di ucapkan melalui sosial media. APAKAH KALIAN PERNAH MALAKUKANNYA?.

11. Membuat orang tertutup dengan dunia luar

Sosial Media bisa membuat orang lebih tertutup dari dunia luar, sebuah penelitian yang dilakukan oleh MINTEL (sebuah perusahaan penelitian pasar), mengemukakan bahwa lebih dari setengah orang dewasa pengguna sosial media lebih banyak menghabiskan waktu di internet dari pada berbicara dengan teman, sahabat atau keluarga dan lainnya.

12. Bisa memicu kecemburuan pasangan

Sosial Media bisa membuat pasangan cemburu, penelitian yang dilakukan oleh university of guelph kanada menyatakan bahwa makin sering seseorang melihat pasangannya bermain jejaring sosial (sosial media), maka tingkat kecurigaannya semakin tinggi.

13. Membuat insecure penggunanya

Sosial Media bisa membuat penggunannya merasa kurang menarik, ditandai dengan banyaknya pengguna sosial media yang menggunakan foto orang lain sebagai foto profil, dan bukan hanya itu saja, banyak yang mengedit fotonya agar terlihat lebih menarik, ada juga yang menghapus foto yang dirasa terlihat gemuk, terlihat kurus, terlihat hitam dan lain sebagainya.

14. Bisa mengungkap identitas pribadi pengguna

Sosial Media bisa Mengungkap identitas pribadi, sebenarnya banyak yang menganggap itu biasa saja dan tidak beresiko, tetapi banyak kasus yang sudah terjadi karena foto-foto atau alamat yang ada di sosial media contohnya seperti kasus anak ruben onsu yang fotonya dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan digunakan sebagai foto penjualan bayi beberap waktu yang lalu.

15. Bisa jadi sarana berjudi

Sosial Media bisa digunakan dengan mudah sebagai sarana untuk berjudi, contohnya seperti di facebook yang di manfaatkan oleh sebagian orang untuk berjudi melalui permainan poker online dan lain sebagainya, atau dalam lingkup kecilnya di gunakan untuk taruhan bola dengan cara membuat grup ataupun melalui chat pribadi.

16. Bisa menjadi sarana untuk menghina agama

Sosial Media bisa digunakan sebagai sarana untuk melecehkan agama, kita dengan mudah menjumpai grup-grup yang ada di sosial media contoh paling mudahnnya adalah di facebook, banyak grup yang mengatas namakan agama islam, tetapi justru isinya melecehkan atau membuat citra yang buruk bagi islam.

17. Menjadi tempat untuk menyebarkan konten dewasa

Sosial Media bisa menjadi tempat mudah untuk menyebar situs atau gambar pornografi yang sangat berbahaya bagi tumbuh kembang otak anak, di sosial Media khususnya facebook banyak yang menyalah gunakannya dengan mengunggah konten-konten yang tak pantas demi mendapatkan keuntungan pribadi atau hanya sekedar koleksi demi kesenangan pribadi.

Kesimpulan pembahasan

Terlepas dari dampak positif dan negatif, kita sebagai pengguna sosial media harus bisa memanfaatkan dan mengunggah sesuatu yang bisa bermanfaat, atau paling tidak, sesuatu yang tidak menimbulkan dampak negatif bagi diri kita sendiri atau orang lain, dan bisa menggunakan sosial media dengan bijak.

Perkembangan sosial media sekarang ini memang sangat tidak bisa terbendung lagi, tinggal kita sebagai pengguna sosial media yang harus menjadikan sosial media sebagai tempat untuk selalu berbagi kebaikan, mengajarkan kebaikan,mempromosikan sesuatu yang baik, mengunggah konten yang baik, menjual konten yang baik dan selalu menggunakan untuk hal-hal baik.

Semoga apa yang saya bagikan bisa memberikan manfaat, menambah pengetahuan dan menambah kebaikan dan jangan lupa untuk membagikan konten ini di sosial mediamu, jika kamu menganggap konten ini bermanfaat.
Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan