la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Lengkap ! Cara Menjadi Dropshipper Tanpa modal Untuk Pemula Sampai Bisa Sukses

Lengkap ! Cara Menjadi Dropshipper Tanpa modal Untuk Pemula Sampai Bisa Sukses

Memulai sebuah bisnis tanpa modal tentunya terdengar seperti hal yang konyol dan mustahil untuk dilakukan. namun fakrtanya sekarang ini banyak juga berbagai jenis bisnis yang bisa di jalankan walaupun tanpa modal sekalipun. Menjadi seorang dropshipper merupakan salah satu jenis  bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal, mungkin terdengar seperti mimpi, namun dengan pemahaman yang tepat dan strategi yang tepat, hal ini bisa dijalankan.

Memahami Apa Itu Dropshipper

Dropshipper adalah seseorang yang menjual produk tanpa perlu mempunyai stok barang. Gimana? gimana?, bagi yang masih snagat awam dengan dunia perdropshipan tentunya akan merasa bingung dengan hal yang di jelaskan. Bagaimana mungkin bisa berjualan tanpa memiliki stok produk, lalu yang di jual apa? angin kah?.

Baca: Penting! Mayoritas Ulama Mengharamkan Jual Beli Sistem dropship Seperti Ini

Gambaranhya, ketika seorang dropshipper mendapat pesanan, ia hanya perlu meneruskan pesanan tersebut (membeli dengan uang dari pembayaran konsumen) kepada pihak supplier atau produsen, yang selanjutnya proses packing barang, dan pengiriman barang akan langsug di proses oleh supplier. Tentunya, dengan data, alamat, dan nomor yang diperoleh dropshipper, sehingga pihak dropshipper hanya perlu malakukan pembayaran tanpa perlu packing dan mengirim barang lagi.

Cara Menjadi Dropshipper Untuk Pemula

Bagi yang masih sangat asing dengan istilah dropshipper, bahakan untuk mengerti apa itu dropshipper saja butuh waktu bagi otak untuk bisa memahaminya, apalagi untuk langsung menjalankannya, tentunya akan sangat menyusahkan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjadi dropshipper yang perlu di ketahui oleh para pemula.

1. Cari Niche (Kategori) Yang Sesuai

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebagai dropshipper pemula adalah mencari niche atau kategori yang sesuai dengan minat dan pengetahuan yang dimiliki. Pilihlah kategori produk yang memiliki permintaan tinggi dan potensi keuntungan yang baik.

Baca: 10 Kategori Produk Paling Laris Di Marketplace Yang Bisa Kamu Jadikan Ide Jualan

Untuk menentukan  niche bisa dengan melakukan riset mandiri tentang barang apa yang paling di butuhkan dan banyak dicari ataupun barang apa yang khas di daerahnya dan berpotensi mendatangkan banyak pembeli.

2. Temukan Supplier Terpercaya

Bagian ke dua ini bisa dibilang susah-susah gampang. Untuk mengidentifikasi supplier atau produsen yang dapat diandalkan tentunya memerlukan proses dan pengalaman, cara instan yang bisa dilakukan tentunya adalah dengan mancari supplier dari rekomendasi sesama dropshipper ataupun dari teman. Pastikan supplier menyediakan layanan dropshipping dan memiliki reputasi yang baik dalam hal kualitas produk dan pengiriman tepat waktu.

Baca: 9 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Untuk Mendukung Suksesnya Bisnis Yang Dijalankan

Walaupun dropshipper terkesan sangat menguntungkan bagi para supplier, namun perlu di pahami, tidak semua supplier menerima sistem drophipper, tentunya dengan berbagai alasan masing-masing, sehingga sebelum memilih supplier, pastikan bahwa supplier tersebut memang melayani sistem dropshipper.

3. Buat Platform Penjualan Online

Pilih platform penjualan online yang sesuai dengan preferensi. Platform seperti Shopee, Tokopedia, atau Instagram bisa menjadi tempat yang baik untuk memulai mamasarkan berbagai jenis produk yang akan di juakl. Buatlah akun yang menarik dan profesional untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

4. Optimalkan Penggunaan Judul Dan Deskripsi Produk

Tulis deskripsi produk yang menarik dan informatif. Berikan informasi yang jelas mengenai fitur produk dan manfaatnya. Foto produk yang berkualitas juga dapat meningkatkan daya tarik.

Baca: Tips jualan online laris tanpa perlu perang harga untuk menarik minat pembeli

Penggunaan judul, deskripsi produk, dan juga foro produk yang asal-asalan akan sangat mempengaruhi minat belanja calon pembeli, toko ang menjual dengan asal-asalan akan segera di tinggal oleh calon pembeli dan memberikan dampak buruk bagi toko kedapannya, sehingga semuanya harus di buat sebaik dan sebagus mungkin agar mampu menarik banyak pembeli.

5. Atur Harga dengan Bijak

Setiap penjual tentunya ingin mendapatkan keuntungan yang banyak dari barang yang di jual. Namun dalam menentukan harga jua suatu produk tidak boleh asal-asalan, perlu perhitungan yang matang. 

Penentuan harga yang terlalu mahal berpotensi di tinggalkan calon pembeli, sementara penetapan harga yang terlalu murah akan mengakibatkan kerugian bagi penjual, untuk itulah dalam menentukan harga produk perlu memperhitungkan keuntungan dan juga memperhatikan harga pesaing di pasar untuk menentukan kisaran harga yang mampu bersaing.

Tips Menjadi Dropshipper Bagi Pemula

Setelah mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menjadi dropshipper, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah memahami apa saja yang perlu dilakukan ketika sudah masuk dalam dunia perdropshippan, seperti berikut ini.

1. Berfokus Pada Layanan Dan kualitas Produk

Layanan pelanggan yang baik adalah kunci keberhasilan dalam bisnis dropshipping. Tanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat, dan berikan solusi yang memuaskan.

Hal yang tak kalah penting selain dari pelayanan yang optimal tentunya adalah kualitas produk, karena bukan produk sendiri tentunya untuk memastikan kualitas produk memamg harus dilakukan dengan cermat pada supplier, jika memiliki modal lebih, bisa mencoba untuk membeli beberapa sampel produk untuk mengetahui kualitas produk dari supplier.

2. Pahami Kebijakan Pengembalian

Pastikan pihal dropshipper memahami kebijakan pengembalian produk dari supplier. Komunikasikan juga dengan jelas kepada pelanggan mengenai prosedur pengembalian jika diperlukan.

3. Lakukan Promosi Efektif

Manfaatkan media sosial dan strategi pemasaran online untuk mempromosikan produk. Gunakan gambar yang menarik dan kreatif untuk menarik perhatian calon pembeli.

Baca: Cara Mudah Melakukan Promosi Bisnis Kekinian Melalui Media Sosial Tanpa Modal Bagi Pemula

Selain media sosial, salah satu wadah yang masih sangat ampuh untuk di jadikan sebagai tempat promosi tentunya adalah website toko online dan juga E-commerse seperti shoppe, tokopedia, lazada dan lainnya.

4. Monitor Persediaan Dengan Cermat

Meskipun pada dasarnya dropshipper tidak menyimpan stok barang, Namun, penting untuk tetap memantau ketersediaan produk dari supplier. Pastikan produk selalu tersedia untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Adanya produk yang kosong sangat beresiko terjadinya pembatan produk dari pembeli, sehingga bisa menurunkan performa toko, karena adanya pembeli yang kurang puas dengan pelayanan dari toko, untuk itulah jangan ragu untuk menanyakan ketersediaan produk pada supplier.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Selain bisa di jalankan secara online, sebenarnya apsa saja sih keuntungan yang ada pada bisnis sistem dropshipper ini?, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menjadi dropshipper.

1. Tanpa Perlu Modal Besar

Keuntungan utama menjadi dropshipper adalah tidak perlu menyediakan modal besar untuk membeli stok barang. Dropshipper hanya perlu membayar supplier setelah ada pesanan dari pelanggan. Jadi, bahkan tanpa modal sekalipun bisnis dropshipper ini masih tetapbisa di jalankan.

Baca: 7 Ide Jualan Modal Kecil Paling Menguntungkan Dan Bisa Laku Keras

2. Fleksibilitas Waktu Dan Tempat

Model bisnis dropshipper ini mampu memberikan fleksibilitas dalam hal waktu dan tempat. Dropshipper dapat menjalankan bisnis ini dari mana saja selama terhubung dengan internet.

3. Risiko Kerugian Finansial Yang Rendah

Karena tidak ada stok yang perlu disimpan, risiko finansial menjadi lebih rendah. Dropshipper tidak akan kehilangan uang karena barang yang tidak terjual atau banyaknya stok lama yang menumpuk.

4. Potensi Keuntungan Tinggi

Dengan kemampuan untuk menentukan harga jual, ada potensi keuntungan yang tinggi. Keberhasilan bisnis dropshipping sangat tergantung pada kemampuan pemasaran dan penjualan yang dilakukan, makin banyak produk terjual, tentunya makin banyak pula keuntungan yang di dapatkan, sehingga potensi keuntungan yang bisa di peroleh buisa tidak terbatas.

Baca: 7 Ide Bisnis Usaha Kuliner Modal Kecil Yang Menguntungkan Hingga Jutaan

Menjadi dropshipper tanpa modal bukanlah impian yang mustahil. Dengan langkah-langkah yang tepat, pemahaman yang baik tentang pasar, dan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dapat membuka pintu kesuksesan dalam bisnis dropshipping. Ingatlah untuk terus memperbarui pengetahuan mengenai tren pasar dan strategi pemasaran yang efektif, sehingga bisa mendapatkan hasil yang makasimal.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan