la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

7 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat Alami Supaya Tidak Mudah Sakit

7 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat Alami Supaya Tidak Mudah Sakit

Dimasa seperti ini dengan cuaca yang makin tidak menentu, kadang hujan sampai berhari hari, kadang bisa tiba-tiba panas terik, tentunya akan sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh, terutama bagi yang rentan sakit-sakitan, tentunya akan sangat berpotensi keluar masuk rumah sakit jika tidak menerapkan Pola hidup sehat alami.

Manfaat pola hidup sehat alami

Selain bisa menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit-sakitan, Pola hidup sehat tentunya juga bisa menjaga bentuk tubuh, dan juga bisa membuat lebih tampak awet muda.

Baca juga: Bahaya menonton sinetron bagi perkembangan mental

Dengan penerapan Pola hidup sehat tentunya juga bisa terhindar dari potensi obesitas, apalagi yang masih di usia-usia remaja, dengan maraknya cafe dan restoran cepat saji yang sekarang ini makin menjamur, jika tidak bisa menahan nafsu untuk jajan di luaran tentunya bahaya obesitas akan mengintai jika tidak di imbangi dengan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat perlu di tanamkan sejak dini, agar saat remaja sudah terbiasa dengan Pola hidup sehat mulai dari mejaga pola makan, bergerak aktif dan menghindari makanan dan minuman yang kurang sehat dan berbahaya bagi tubuh.

Contoh penerepan pola hidup sehat alami

Orang dengan obesitas sangat rentan terjangkit berbagai penyakit mulai dari ringan sampai yang sangat berbahaya seperti darah tinggi, penyakit jantung, sampai diabetes, berikut ini adalah beberapa tips pola hidup sehat alami supaya tidak mudah sakit

1. Menjalani pola makan dengan gizi yang seimbang

Untuk bisa menjalani pola makan dengan gizi seimbang tentunya akan sangat susah jika mencarinya di restoran cepat saji, untuk itulah bisa dengan membuat sendiri makanan dengan paket komplit yang mengandung karbohidrat, protein dan juga kaya akan serat.

kandungan karbohidrat dalam masakan berfungsi untuk mengisi energi tubuh, agar tidak lemas saat beraktifitas, protein dalam masakan berfungsi sebagai bahan untuk meregenerasi sel-sel yang ada dalam tubuh, pastikan juga melengkapinya dengan sayuran yang kaya akan vitamin dan juga serat yang bisa menambah daya tahan tubuh.

Bagi yang kerja di kantoran tentnya bisa juga di siasati dengan membawa bekal sendiri dari rumah, sehingga menu makan siang bisa lebih terkontrol dan terhindar dari makanan-makanan cepat saji yang kurang sehat.

2. Hindari makanan yang tinggi kandungan zat kimianya

Dalam membeli makanan, baik makanan sebagai cemilan ataupun makanan berat untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam, tentunya yang perlu di perhatikan adalah kandungan makanan yang ada di dalamnya, apakah makanan yang kamu beli mengandung zat kimia yang tinggi dan berbahaya, ataukah sehat.

Walapun sekarang ini memang sudah sangat sulit untuk mencari makanan yang sehat apalagi makanan cepat saji, namun paling tidak bisa sedikit di minimalisir dengan memilih makanan yang rendah zat kimianya.

kandungan zat kimia yang paling mudah dikenali mulai biasanya adalah zat kimia yang berhubungan dengan rasa ataupun pemanis buatan, jika tidak jeli dalam memilih makanan ataupun minuman, bisa saja makanan ataupun minuman yang kamu dan keluargamu konsumsi merupakan makanan yang menggunakan pewarna buatan yang bukan untuk makanan, namun  untuk pewarna pakaian dan menggunakan pemanis buatan yang bisa menimbulkan berbagai penyakit tenggorokan dan juga pencernaan.

Tentunya bukan tanpa alasan para pedagang melakukan kecurangan, faktor utamanya tentunya adalah harganya yang lebih murah, sehingga keuntungan ynag di dapat akan jauh lebih banyak, apalagi di masa sekarang ini semua bahan pokok banyak mengalami lonjakan harga.

3. Batasi penggunaan garam, gula dan lemak (GGL)

Penggunaan GGL dalam setiap makanan ataupun minuman tentunya sudah sangat lumrah, namun tahukah kamu, dengan penggunaan GGL yang tidak di batasi bisa menimbulkan bernagai penyakit kronis lho?, penyakit yang bisa timbul dari penggunaan GGL yang berlebih di antaranya adalah diabetes dan juga serangan jantung.

Di indonesia penggunaan GGL yang menjadi masalah gizi yang sangat serius, karena tiap tahunnya banyak pasien yang menderta penyakit jantung ataupun diabetes akibat penggunaan GGL yang berlebihan.

Untuk bisa menjaga penggunaan GGL tentunya kamu juga perlu mengetahui batasan konsumsi untuk GGl ini. untuk gula batasan konsumsi hariannya adalah 4 sdm, garam 1 sdt, sedangkan lemak 5 sdm perhari, jika konsumsi harianmu melebihi ini, maka kamu patut untuk waspada dan mencoba untuk mengurangi pengguaannya.

4. Olahraga dengan teratur

Selain menerapkan konsumsi makanan yang sehat, tentunya sangat perlu di imbangi juga dengan olahraga teratur, seperti malakukan joging, jalan, senam maupun yoga, sesuai apa yang bisa dan mudah untuk di kerjakan.

Lihat juga: Menikmati Indahnya Sunset Di Pantai Kampung Prau Jepara

Dengan berolahraga selain bisasa membakar kalori tentunya bisa menjaga kebugaran tubuh dan juga menjaga stamina tubuh, agar tubuh tidak mudah letih dan capek saat beraktivitas, sehingga bisa makin semangan saat bekerja.

5. Hindari Pola hidup kurang sehat

Walaupun memang tidak mudah, namun bagi para perokok dan yang masih suka minum-minuman perlu di pertimbangkan mulai sekarang untu stop merokok dann juga minum-minuman keras, karena Pola hidup seperti ini tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan.

Untuk bisa mengurangi atau bahkan berhenti konsumsi minuman keras dan juga merokok tentunya perlu dilakukan usaha yang keras jika sudah kecanduan, untuk bisa menguranginya tentunya bisa dilakukan dengan memanfaatkan waktu untuk melakukan aktivitas-aktivitas positif yang bisa bermanaaf bagi tubuh, seperti dengan melakukan gym ataupun olahraga lainnya, bisa juga di isi dengan kegiatan positif lainnya sesuai minat yang dimiliki.

6. Hindari Stres

Secara tak langsung bisa dibilang bahwa stres merupakan pemicu dari segala penyakit, mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang sangat serius.

Saat keadaan stres emosi menjadi kurang stabil sehingga memicu stress, meyebabkan susah tidur, kurang nafsu makan dan kurang semangan melakukan apapun sehingga akhirnya muncul berbagai penyakit baru yang sebelum nya tidak ada, salah satu paling sering di alamii ketika stres adalah mulai memiliki insomnia.

Baca juga: Dampak positif dan negatif sosial media bagi penggunanya

Dengan adanya penyakit insomnia ini tentunya kerja jadi kurang maksimal, karena saat malam tidak bisa tidur, sehingga saat kerja justru malah ngantuk dan tidak bersemangan dalam kerja, tentunya sangat merugikan bagi perusahaan jika kamu berada dalam sebuah perusahaan, karena performa kerjamu menurun dan makin nuruk.

7. Terapkan jadwal tidur yang baik

Untuk menyambut aktivitas pagi, tentunya di perlukan tidur yang berkualitas, untuk bisa memperoleh tidur yang berkualitas tentunya tidak bisa diperoleh dari tidur yang sangat singkat, akan tetapi tubuh manusia butuh untuk masuk kedalam fase deep sleep.

Pentingnya menjaga kualitas tidur

Kurangnya tidur tentunya bisa juga di sebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah insomnia yang telah di sebutkan tadi, selain insomnia juga ada penyebab lain, di antaranya adalah lupa waktu saat bermain ataupun berkerja, biasanya ketika sedang asik bermain, ataupun berkerja waktu sangat terasa singkat, sehingga saat sudah mau selesai bermain ternyata sudah pagi , begitu juga dengan bekerja, tak ada salahnya sekali-kali lembur, namun jnangan di biasakan setiap hari lembur sampai lupa waktu untuk beristirahat, karena tidak baik untuk kesehatan badan.

Kualitas tidur yang baik sangat penting bagi manusia, karena dengan tidur yang berkualitas, semua tenaga dan stamina akan ter charge kembali, sehingga ketika bangun di pagi hari tubuh akan jauh lebih fit dan fresh.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan