la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

7 Cara Menulis Artikel Dan Bisa Di Bayar Tinggi Di Jamin Bikin Ketagihan

7 Cara Menulis Artikel Dan Bisa Di Bayar Tinggi Di Jamin Bikin Ketagihan

Era digital seperti sekarang ini membuka berbagai peluang untuk bisa mendapatkan penghasilan, salah satu peluang yang paling menggiurkan dan membuat ketagihan adalah menulis artikel. Dengan menulis artikel sendiri, nantinya bukan hanya bisa memperoleh penghasilan saja dari artikel yang di buat, akan tetapi juga akan mendapatkan pengalaman dan juga ilmu-ilmu baru berkaitan dengan artikel yang di buat.

Baca juga: 10 Sumber Penghasilan Menjadi Content Creator Di Era Digital

Dalam proses pembuatan artikel, tentunya tidak bisa jika hanya mengandalkan pemikiran sendiri, akan tetapi juga mengambil ide dan juga gagasan dari luar, bisa dari orang langsung, ataupun dari artikel lainnya yang sudah di post di blog ataupun website.

Bagaimana Cara Mencari Sumber Ide Dalam Membuat Artikel?

Sebelum memutuskan untuk menjadi penulis artikel, tentunya yang paling penting adalah mengetahui terlebih dulu dari mana sumber-sumber ide dalam membuat artikel, karena jika hanya mengandalkan pemikiran pribadi saja akan sangat terbatas dan hanya bisa menggali pada tema-tema yang di pahami saja, sehingga memerlukan sumber ide lainnya sebagai tambahan dalam pengolahan kata dan juga pengolahan data yang akan di gunakan sebagai bahan dalam pembuatan artrikel.

Baca juga : Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik Untuk Dibaca, Cocok Untuk Pemula

Sumber ide dalam membuat artikel bisa di dapatkan dari berbagai sumber lain selain pemikiran sendiri, di antaranya adalah buku, pengamatan secara langsung, dialog dengan orang yang berkompeten, media sosial dan media online lainnya seperti website ataupun blog dan tentunya pemikiran sendiri merupakan sumber ide yang paling utama dalam pembuatan sebuah artikel, karena nantinya dari pemikiran inilah data akan di olah dan di proses sehingga menjadi sebuah artikel yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Karena merupakan sumber ide, bukan berarti apa yang ada di sumber tersebut langsung di copy semua, akan tetapi memerlukan pengolahan agar artikel yang kamu buat merupakan artikelmu sendiri dan memang menjadi milikmu, dengan gaya penulisan dan gaya bahasamu sendiri.

Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Menulis Artikel

Setelah mengetahui dari mana saja sumber ide dalam pembuatan artikel, maka langkah selanjutnya adalah mulai menghasilkan uang dari artikel, mungkin bagi yang belum pernah terjun dalam bidang seperti ini akan banyak sekali pertanyaan tentang, bagaimana bisa artikel yang hanya sebuah tulisan bisa menjadi penghasilan dan bisa membuat kecanduan, namun faktanya memang bisa, dan semua artikel yang di sini merupakan bukti nyatanya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari artikel buatanmu.

1. Menjadi blogger

Bagi yang belum tau apa itu blogger, blogger adalah orang yang memiliki blog, lalu apa itu blog?, seperti ini lah blog, seperti yang sedang kalian baca.

Baca juga : Cara Membuat Blog Yang Menarik Dan Bisa Menghasilkan

Pastinya dengan adanya pernyataan ini ada yang bingung, karena banyak yang menganggap bahwa laman ini bukan blog, melainkan sebuah web (website), sebenarnya keduanya sama, bisa menggunakan platform blogger ataupun website, yang membedakan dari ke duanya hanyalah isi konten, jika website konten lebih berfokus pada produk baik produk fisik maupun jasa, sedangkan blog berisi sebuah konten yang membahas berbagai topik.

2. Mereview produk atau jasa

Untuk bisa mereview sebuah produk atau jasa menggunakan artikel tentunya memerlukan sebuah blog, jadi konsepnya sama dengan youtube, hanya saja kontennya yang berbeda, jika mereview melalui youtube kontennya menggunakan konten video, sedangkan jika menggunakan blog kontennya berupa artikel.

Baca: 10 Kategori Produk Paling Laris Di Marketplace Yang Bisa Kamu Jadikan Ide Jualan

Yang terpenting dari review sebuah produk ataupun jasa tentunya bukan konten apa yang di gunakan, akan tetapi bagaimana seorang reviewer bisa membuat pembeli tertarik dengan produk ataupun layanan jasa melalui konten yang telah di buat, sehingga bisa meningkatkan penjualan produk.

Untuk membuat calon pembeli tertarik tentunya harus bisa memahami apa saja ke unggulan yang harus di jelaskan dan memberikan opini pada calon pembeli kenapa dia harus membeli produk yang kamu review dan ini merupakan hal yang sangat penting, jadi ketika mereview harus di pelajari dan di pahami dulu apa yang akan di review, bahkan hal sederhana seperti pengemasan dan juga ukuran kemasan pun  harus juga di pelajari terlebih dahulu untuk bisa mulai mereview dan tidak bisa asal-asalan saja.

3. Menjual artikel

Bagaimana ceritanya artikel bisa di jual?, siapa yang mau beli?, faktanya banyak sekali para blogger yang kewalahan membuat artikel tiap hari, namun ingin blog yang di kelola selalu ada update artikel terbaru, tentunya usaha yang bisa dilakukan adalah dengan membeli artikel, dan harga untuk artikel pun bervariasi, tergantung dari kualitas dan juga jumlah kata dalam sebuah artikel.

Makin berkualitas sebuah artikel nantinya makin mahal juga sebuah artikel. Untuk bisa menjual artikel tentunya harus menguasai berbagai niche penulisan agar nantinya pembeli bisa berdatangan dari pengelola blog berbagai niche, namun jika kamu merupakan orang yang expert dalam satu niche saja, misalnya dalam hal teknologi, tak ada salahnya juga jika memfokuskan pada niche tersebut, agar artikel yang di sajikan merupakan artikel yang berkualitas dan berbobot dalam pembahasannya.

4. Mengikuti lomba menulis

Lomba menulis biasanya seringkali di adakan oleh platfom ataupun blog besar yang hadiahnya bisa sangat fantastis, bahkan beberapa waktu yang lalu, salah satu merk sepeda motor juga sempat mengadakan lomba yang berhadiah sepeda motor, dengan total hadiah sampai ratusan juta rupiah.

Bagi yang hobi menulis, kesempatan seperti ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat sayang untuk di lewatkan, biasanya lomba-lomba menulis seperti ini sering kali di adakan dan tiap bulan sudah hampir pasti ada entah 1 ataupun 2 lomba, bahkan terkadang bisa lebih.

5. Mengajukan tulisan pada media berita

Sebuah media yang besar tentunya tidak akan mampu jika mengelola dan membuat artikel sendiri, dan memerlukan penulis lain dari pihak luar untuk menemukan ide berita yang tidak daisa di jangkau sendiri, karena berita memiliki cakupan wilayah yang sangat luas, bahkan bukan hanya meliputi indonesia saja.

Seleksi dari media berita pun tak sembarangan, artikel yang di buat harus benar-benar artikel yang berkualitas dan berbobot untuk bisa di terima dan di muat dalan laman media berita tersebut.

6. Menjadi penulis buku

Untuk menjadi penulis buku, tentunya banyak sekali cabang penulisan yang bisa di coba, mulai dari novel, cerpen, puisi, biografi sampai gagasan pemikiran yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

Penulisan buku bisa di pilih sesuai dengan yang di kuasai, karena biasanya tiap orang memikiki penguasaannya masing-masing, yang pandai berpuisi jika di suruh untuk membuat novel akan kesulitan, begitu juga sebaliknya, sehingga harus benar-benar mengerti apa yang di kuasai agar nantinya karya yang di hasilkan bisa menjadi sebuah karya tulis yang berkualitas.

7. Menjadi guru dalam penulisan artikel

Untuk bisa menjadi guru dalam penulisan artikel tentunya tidak mudah, ada syarat-syarat yang harus di penuhi terlebih dahulu, seperti dari segi pengetahuan, kamu harus benar-benar orang yang sudah expert (ahli) dalam penulisan artikel.

Baca: GURU PAI DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Lalu bagaimana cara mengetahui seseorang ini expert atau tidak?, cara mengetahuinya tentunya cukup mudah, bisa di mulai dengan membaca artikel yang di buat, apakah enak di baca atau tidak, kemudian bisa juga dengan mengetahui apakah artikel buatannya pernah menang dalam loba penulisan atau tidak, artikel buatannya pernah di muat di website atau media besar atau tidak.

Jika semua kriteria yang di sebutkan belum terpenuhi maka bisa di bilang belum expert dalam bidang penulisan artikel dan belum siap untuk menjadi guru dalam penulisan artikel.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan