la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

10 Tips Ngeblog Bagi Pemula Yang Bisa Jadi Penyemangat Untuk Membuat Konten

10 Tips Ngeblog Bagi Pemula Yang Bisa Jadi Penyemangat Untuk Membuat Konten

Bagi kamu yang masih seorang blogger pemula seperti saya, jangan berkecil hati, dan teruslah pelajari dan praktekkan atau aplikasikan semua yang telah dipelajari, dan jangan takut jika mengalami kegagalan. Kegagalan dalam memulai sesuatu meruapakan sesuatu yang wajar, dan mungkin semua blogger juga pernah mengalami juga, tak terkecuali seorang yang sudah dianggap master dalam hal blogging.

Baca: Cara Membuat Blog Yang Menarik Dan Bisa Menghasilkan

Sebenarnya apa sih keuntungan ngeblog?. Menurut mimin, banyak sekali, di antaranya kita bisa membagikan apa yang kita tahu dan bisa ditujukan pada milyaran pengguna internet, dan apabila apa yang kita bagikan itu bermanfaat bagi orang lain, berarti ilmu kita bermanfaat, dan itulah yang sangat diharapkan oleh kebanyakan orang, mungkin termasuk kalian juga.

Tips Ngeblog Yang Perlu Dipahami Oleh Pemula

Ketika memutuskan untuk memulai terjun ke dunia blogging dan menjalankan rutinitas ngeblog, tentunya paling tidak blogger harus memahami dasar-dasar yang di perlukan untuk menjalankan blog. Kali ini mimin akan memberikan beberapa tips ngeblog bagi para pemula seperti mimin ini.

1. Pelajari Dan Pahami Hal Dasar Dalam Dunia Blogger

Mulai dari dasar saja dulu, jangan terlalu terburu-buru mempelajari trik dewa. Hati-hati, nanti malah jadi dewa mabuk, hal dasar yang harus kita pelajari adalah seperti belajar ngutak-ngatik HTML template, agar kita terbiasa dan bisa sedikit demi sedikit memahami, sebenarnya apa yang berada di pengaturan HTML itu, kenapa isinya terkesan rumit seprti itu.

Baca: Fakta menarik tentang blogger pemula (newbie)

Namun, yang perlu diperhatikan dalam mengedit HTML adalah kita harus mempunyai panduan dan jangan asal edit, karena itu semua ada trik khususnya, tidak hanya sembarangan mengedit.

2. Menulis Postingan Atau Konten Yang Menarik

Membuat postingan yang mengundang penasaran dan paling banyak dicari merupakan hal yang penting untuk mendatangkan visitor. Kita bisa memanfaatkan google keyword, ataupun ahrefs keyword planer untuk mencari apa saja kata kunci yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet.

Baca: 7 Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Menulis Artikel, Di Jamin Bikin Ketagihan

Perlu dipahami tujuan kita ngeblog adalah untuk berbagi apa yang kita ketahui atau ilmu yang kita miliki pada orang lain, untuk itulah kita harus menargetkan pada tema atau konten yang paling banyak dicari. Namun, terkadang konten yang unik juga banyak yang menyukainya, jadi tinggal kita sendiri mau membuat konten yang bagaimana.

3. Sertakanlah Gambar Pada Setiap Postingan Yang Dibuat

Agar postingan terlihat menarik dan banyak yang menyukainya, gambar merupakan komponen yang sangat penting untuk bisa menarik visitor mengunjungi blog.

4. Sering Buat Postingan

Agar blog kita bisa disayang oleh google, postingan yang rutin merupakan hal yang snagat penting. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan memosting hasil copas untuk memperbanyak isi blog kita, karena itu sangat tidak disukai oleh mesin pencari google, dan itu akan berdampak buruk bagi blog kita kedepannya, buatlah konten yang original dan unik, karena hal ini lebih di sukai oleh google.

5. Perkaya Informasi Terkait Dunia Blogger

Sering-seringlah mencari informasi dari para blogger lain untuk lebih memperkaya pengetahuan kita, cara untuk mencari informasi sangat banyak sekali, diantaranya dengan berinteraksi langsung dengan para blogger, dengan cara blog walking, atau mengunjungi laman blog orang lain.

Baca: Rahasia SEO Yang Harus Diketahui Oleh Blogger Pemula

Karena kita masih seorang pemula interaksi sangat penting sekali, berbeda dengan para blogger prpfesional, mereka tak terlalu perlu melakukan blog walking karena biasanya mereka sudah mempunyai banyak pengunjung tetap pada blognya karena para blogger professional juga memiliki trik-trik sendiri untuk meramaikan blognya.

6. Menentukan Target Google

Kita harus memiliki target bahwa postingan kita akan berada diurutan pertama dalam pencarian google. Namun, jangan terlalu memfokuskan pada urutan pertama pada pencarian google karena kita masih pemula, walaupun itu penting. Namun, lebih fokuslah dulu pada membuat konten yang ada pada blog kita lebih berkualitas dan bisa diminati banyak pembaca.

7. Jangan Terpaku Dengan Jumlah Pengunjung

Jangan terpaku pada banyaknya jumlah pengunjung, karena kita masih pemula. Wajar, jika pengunjung blog kita masih sepi karena masih baru memulai, tetaplah semangat dan buat lebih banyak lagi konten-konten yang berkualitas, agar blog kita bisa ramai pengunjung dan semakin berkualitas konten yang kita hasilkan, semakin banyak pula pengunjungnya, atau bahkan mungkin ada juga dari para pengunjung yang merekomendasikan blog kita pada teman-temannya, dan semakin banyak pengunjung yang kita jaring semakin banyak juga kesempatan kita mendapatkan uang dari blogging, karena tak ada yang mustahil didunia ini.

8. Promosikan Blog

Sosialisasikan atau promosikan blog, entah melalui teman atau melalui jejaring social, atau juga melalui blog walking, kita tidak boleh melewatkan itu semua. Semakin banyak kita mensosialisasikan blog kita, itu semakin bagus, karena nantinya akan banyak juga yang mengetahui tentang blog kita, dan kemungkinan bertambahnya pengujung semakin besar.

9. Atasi Rasa Jenuh Saat Ngeblog

Blogger harus bisa mengatasi rasa kejenuhan aktivitas ngeblog, karena biasanya penyakit ini sering menghampiri kebanyakan blogger pemula seperti mimin ini. Apalagi ditambah blog yang sepi, itu pasti akan menunjang sekali kejenuhan itu muncul, untuk itulah jika kita tidak ingin kejenuhan itu muncul, dan tetap semangat kita juga harus membuat konten-konten yang bagus agar blog kita ramai dan kita pun menjadi semangat untuk ngeblog lagi.

10. Tips Ngeblog Rahasia

Sebenarnya tips rahasia dan terpenting dari tips-tips tadi adalah yang terakhir ini. Mimin yakin, tips ini sudah banyak dipraktekkan, bahkan oleh para blogger yang professional. Jika kamu sudah mempraktekkan tips ini, mimin yakin 100% kamu akan menjadi seorang blogger professional, dan masalah kecil bagi para blogger professional untuk mendapatkan penghasilan dari blogger.

Baca: Gara-gara ganti template blogger, berujung artikel tidak bisa terindex google dan cara mengatasinya

Mimin sebenarnya belum ingin menyampaikan tips rahasia ini, karena nantinya ini pasti akan membuat kalian semua terkejut. Namun, bagaimana lagi mimin sudah terlanjur membahasnya , tidak etis rasanya jika mimin tiba-tiba lupa ingatan dan tidak menuliskan tips terakhir ini. Lalu sebenarnya apa tips yang top markotop ini?. Apa sehebat itu tipsnya?.

Tips yang terakhir ini adalah BELAJAR-BELAJAR-BELAJAR DAN LAKUKAN (PRAKTEKKAN) APA YANG SUDAH DIPELAJARI.

Karena kedua tips ini adalah satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan, coba bayangkan apabila kita hanya mempelajari saja dan tak pernah mempraktekkannya, lalu apa gunanya?, begitu pula sebaliknya, jika kita hanya meniru atau mempraktekan sesuatu yang belum kita pelajari bahkan dasar-dasarnya saja kita belum paham, bagaimana jadinya pasti hancur kan. Bagaimana luar biasa banget kan tips yang terakhir ini?.

Sebagai catatan!. Jangan telan mentah-mentah apa saja informasi yang  didapatkan, karena mimin sendiri masih termasuk newbi, jadi carilah referensi lagi, jangan cuma menelan mentah-mentah semua yang disampaikan.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan