la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Rahasia SEO Yang Harus Diketahui Oleh Blogger Pemula

Rahasia SEO Yang Harus Diketahui Oleh Blogger Pemula

Bagi pemula seperti saya dalam dunia blogging, baik itu yang memulai blogging dari platform blogger ataupun wordpress, pastilah merasa semangat sekali saat mendengar kata-kata optimisasi mesin pencari ataupun SEO (bahasa Inggris: Search Engine Optimization).

SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma, bagaimana bingungkan?.

Baca: Cara Membuat Blog Yang Menarik Dan Bisa Menghasilkan

Lebih rinci lagi, bahwa tujuan SEO adalah untuk meningkatkan trafik kunjungan atau jumlah kunjungan yang ada pada website kita. Selain mendengan kata SEO kata lain yang sangat ingin di dengan oleh blogger pemula tentunya adalah "Rahasia SEO" yang harus diketahui pemula. Rasanya pasti bikin ngga enak tidur nggak enak makan, saking semangatnya ingin mempelajarinya.

Apa pentingnya belajar dan mengetahui tentang SEO bagi pemula?

Jawabannya , mengetahui dasar-dasar tentag SEO sangat penting sekali, jika kita ingin website ataupun blog yang kita kelola bisa lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari baik google, bing atau mesin pencarian lainnya. Minimal kita harus mengetahui dasar-dasar tentang SEO.

Kenapa begitu, apa alasannya?

Alasannya sangat simple sekali, kebanyakan calon pengunjung yang akan mengunjungi blog atau website banyak memanfaatkan mesin pencari terutama google, dan tidak langsung menuliskan alamat ataupun url website atau blog yang akan dikunjungi, kerena itu lumayan merepotkan, cukup menulis satu atau dua kata saja pada mesin pencari mereka sudah bisa menemukan banyak sekali pilihan informasi yang meraka butuhkan dan siap mereka kunjungi.

Cara agar blog bisa masuk di pencarian google

SEO merupakan usaha untuk membuat blog bisa masuk di pencarian google, untuk itulah SEO merupakan hal yang wajib di pelajari dan di pahami jika ingin blog muncul di pencarian google dan banyak pengunjung.

Perlu kamu ketahui, bahwa biasanya pengunjung-pengunjung yang menggunakan mesin pencari adalah para audiens yang sangat membutuhkan barang ataupun haus akan informasi.

Baca: Cara Mengatasi Kesalahan Pengalihan Di Google Search Console 100 % Solved

Konsep dasarnya adalah, google adalah pemilik perusahaan jasa, untuk itulah mereka tidak ingin mengecewakan para pengguna jasanya dan selalu menampilkan hasil terbaik dan berkualitas dari kata kunci yang dimasukkan pengguna jasanya.

Jadi bisa diartikan juga bahwa fungsi SEO sendiri adalah menjadikan website ataupun blog kita masuk dalam daftar terbaik menurut google dan bisa di tampilkan di halaman pertama (page one).

Buat konten blog yang berkualitas agar blog makin populer

Untuk bisa tampil di page one pencarian google, tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya, bisa saja dari segi isi konten-kontennya, kepuasan para pengunjung yang membuat Bounce rate berkurang, atau juga dari segi navigasi yang mudah dipahami, dan kepopuleran blog itu sendiri.

Baca: Tips Membuat Artikel

Sebenarnya bisakah blog kita sukses tanpa pemahaman tentang SEO?, mungkin ada yang beranggapan bahwa itu tidak mungkin dan tidak bisa, tapi menurut saya sendiri tentu saja bisa, dan faktanya saya juga pernah melihat hasil postingan saya berada pada halaman pertama mesin pencari google, padahal saya sendiri belum mengerti apa itu SEO. 

Anehnya saya juga merasa heran, kenapa bisa begitu, dan saya sendiri juga tidak memiliki keluarga atau kerabat yang bekerja di google, lalu kenepa masin pencari bersedia menempatkan blog saya dihalaman pertama? mungkin karena mesin pencari google dan mesin pencari lainnya sudah sangat pintar memilih dan mengasumsikan struktur halaman dan website ataupun blog yang ada, jadi jangan berkecil hati bagi kalian yang belum memahami tentang SEO seprti saya.

Masih banyak kesempatan bagi kita. namun kita harus semangat dan bekerja sangat keras lagi agar bisa menghasilkan konten-konten yang berkualitas dan paling jempolan tentunya, karena kita harus bersaing dengan banyaknya orang diseluruh dunia, dan banyak dari mereka yang menggunakan SEO bahkan rela membayar untuk mendapatkan jasa SEO.

Mempelejari dasar SEO secara otodidak

Sebenarnya kita juga bisa mempelajari sendiri secara otodidak tentang SEO karena sekarang banyak sekali konten-konten yang menjelaskan tentang SEO bahkan mulai dari dasar-dasarnya agar kita sedikit mengerti tentang SEO. Seperti yang saya jelaskan ini. Jadi kita bisa memanfaatkan layanan pengetahuan tentang SEO ini secara gratis jadi kita harus memanfaatkan fasilitas itu sebaik mungkin, jangan di sia-siakan.

Baca: Gara-gara ganti template blogger, berujung artikel tidak bisa terindex google

Jangan terburu-buru dalam mempelajari trik-trik seo tingkat dewa. usahakan kita mulai mengenal SEO dari dasar terlebih dahulu, seperti tentang apa itu SEO, apa kegunaannya dan lain sebagainya. 

langkah berikutnya ketika kita sudah mulai mengenal dan mengerti SEO barulah kita mempelajari lebih jauh lagi tentang apa saja sih sebenarnya yang ada dalam kategori seo itu, apakah jumlah pengunjung mempengaruhi SEO, apakah kualitas konten juga mempengaruhi SEO?.

Walaupun terkesan sepele namun sebenarnya itu sangat amat penting bagi para pemula yang masih awam seperti saya.

Apa saja yang mempengaruhi SEO dalam blog

Lalu apa saja sih sebenarnya yang mempengaruhi SEO itu sendiri, mungkin banyak sekali yang mempengaruhi SEO salah satunya adalah: 

Kepuasan pengunjung

Maksudnya jika pengenjung merasa tidak puas ketika mengunjungi sebuah blog, mereka akan segera menekan tombol back untuk keluar dari website ataupun blog kita, dan mencari sumber lain yang lebih memuaskannya dan akibat bagi blog yang langsung di tinggalkan tersebut adalah menambah tingkat bounce rate, dan mesin pencarigoogle juga mempertimbangkan itu dalam SEO.

Mungkin ada yang masih bingung dengan apa yang di sampaikan, katanya rahasia kenapa malah dibagikan kepublik. Karena itu semua sudah menjadi rahasia yang umum bagi para blogger. Dan memang itu lah rahasia yang terakhir yang mau saya sampaikan. kita juga harus memperhatikan judul yang kita buat agar bisa SEO, judul juga harus mengundang rasa penasaran dan ingin membaca apa isi konten itu.

Kok kelihatannya rumit sekali?

Memang rumit, untuk itulah kita harus terus belajar, belajar dan belajar agar kita bisa menguasai tentang SEO, baca juga cara membuat artikel atau konten berkualitas, cara membuat artikel bagus dan berkualitas karena konten yang berkualitas juga sangat berpengarus sekali pada SEO.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan, terimakasih, dan selamat mempelajarinya.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan