la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Kelebihan Smartphone Yang Justru Bisa Merusak Hubungan Dengan Teman Dan Keluarga

Kelebihan Smartphone Yang Justru Bisa Merusak Hubungan Dengan Teman Dan Keluarga

Siapa sih sekarang ini yang tak mengenal smartphone?. Kalau ada yang belum kenal sini saya kenalkan, hehehe.. smartphone berasal dari bahasa inggris yang artinya kurang lebih adalah ponsel pintar, lalu apa itu ponsel pintar?. 

Baca: Dampak positif dan negatif sosial media bagi penggunanya 

Bagaimana maksudnya ponsel pintar itu? Toh smartphone hanya sebuah benda yang tak bisa apa-apa, jika bukan manusia yang menggunakannya. Apa smartphone sudah lulus s1 atau bahkan s3 sampai-sampai dunia mengakuinya sebagai smartphone (ponsel pintar).

Mengenal Lebih Jauh Tentang Smartphone

Pada dasarnya smartphone adalah sebuah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dan penggunaan yang menyerupai komputer, namun belum jelas dan belum ada standart dari pabrik, tentang bagaimana phone (ponsel) itu bisa di anggap sebagai smartphone, dan smartphone pertama kali yang muncul adalah nokia n9000 kemudin banyak lagi disusul nokia dengan tipe comunicator seperti nokia n9300 dan nokia n9500.

Baca: 10 Sumber Penghasilan Menjadi Content Creator Di Era Digital

Banyak yang mengatakan bahwa smartphone bisa mendekatkan hubungan, dan mempermudah hubungan entah itu hubungan dengan keluarga, saudara, teman, pacar ataupun sahabat.

Lalu apakah anggapan itu benar?. Yah, anggapan itu bisa jadi sangat benar atau juga bisa juga menjadi sangat salah, bisa jadi benar kalau kalian memiliki keluarga, saudara, teman, sahabat atau pacar yang berada jauh dari kalian entah sedang bekerja, atau memang tinggal jauh dari kalian, smartphone sangat berguna sekali untuk memper erat hubungan, karena yang berada jauh bisa terasa lebih dekat walaupun tentunya akan berbeda jika bisa bertatap muka dalam ruang dan waktu yang sama, tetapi paling tidak smartphone memang bisa mendekatkan yang jauh, karena memang hanya itu caranya.

Bagaimana jika keluarga, saudara, teman, sahabat atau pacar kalian justru berada di dekat kalian apa smartphone juga makin mendekatkan? Atau malah menjauhkan?

Namun pertanyaan itu tak akan mimin jawab, tapi kalian sendirilah yang akan bisa menjawabnya saat sudah membaca dampak negatif dari penggunaan smartphone berikut ini :

1. Membuat Pengguna Tidak Peka Dengan Keadaan Sekitar

Saat sedang asyik main smartphone tentunya orang akan menjadi tidak peka dengan keadaan sekeliling saat sedang melakukan interaksi sosial, bahkan tak jarang, banyak orang yang terlalu asyik sendiri dengan smartphone sampai-sampai, teman yang ada disamping pun di cuekin. Yang lebih parah lagi, mungkin saat sedang bermain smartphone, bisa-bisa teman yang tadinya di ajak jalan di tinggal begitu saja dan lupa bahwa dia tadi berangkat bersama teman.

2. Mengundang bahaya

Tentunya kalian sering mendengan tentang selfi yang mengundang musibah, karena saat seseorang sedang terlalu asyik dan suka dengan smartphone, akan menimbulkan keinginan untuk selalu meyimpan kenangan yang dianggap terbaik atau dianggap paliang spesial, entah itu tempat bahaya atau tidak, terkadang semuanya tak diperdulikan lagi, atau permainan pokemon beberapa saat lalu sempat viral dan juga sudah menimbulkan banyak korban, gara-gara pengguna samrtphone yng kurang hati-hati dan peka dengan keadaan sekitar.

Baca: Bahaya menonton sinetron bagi perkembangan mental anak

Agar kita terhindar dari bahaya pemakaian samrtphone, kita harus belajar untuk menjadi pengguana smartphone yang bijak dan jangan sampai menyelahgunkan smartphone, karena sebenarnya jika dipikir ulang lagi, tentulah smartphone tak salah apa-apa, toh seperti yang mimin tuliskan pertama tadi, bahwa smartphone hanya alat yang tak bisa apa-apa jika tidak ada yang menggunakan, bahkan tingkat pendidikan sangat rendah, karena smartphone tk saja tak lulus.

3. Keseringan Menatap Layar Smartphone Bisa Membuat Penglihatan Terganggu

Dalam dunia medis biasanya lebih dikenal dengan istilah CVS, ingat ya, CVS bukan PNS, kalau PNS kayaknya sudah banyak yang tahu ya, tapi kalau CVS sendiri itu apa?. Apa calon vegawai sipil?. Yah, enggak lah, malah ngaco nih, CVS adalah computer vision syndrome, ini adalah gejala sindrom yang di akaibatkan karena terlalu sering melihat layar pada komputer ataupun smartphone dan teknologi lainnya yang bisa memicu CVS.

Pada awalnya normalnya manusia berkedip 16-18 kali permenit nya, akan tetapi saat fokus melihat layar yang menyala mata hanya akan berkedip 6-8 kali, dan tentunya itu akan membuat mata menjadi kering (dry eyes) dan memicu gangguan pada mata.

4. Membuat Pengguna Kecanduan Dengan Smartphone

Bukan hanya obat, rokok , minuman, atau makanan saja yang bisa membuat kecanduan, bahkan smartphone juga bisa menimbulkan kecanduan, lalu siapa saja yang bisa kecanduan smartphone?. Tentu saja kalian semua termasuk juga orang ini, iya orang ini yang nulis dari tadi juga pernah atau bahkan masih mengalaminya... apa buktinya?

Tidak Bisa Jauh Dari Smartphone

Biasanya walaupun tidak sedang ingin bermain permainan, berkirim pesan, atau melakukan hal lain dengan smartphone, tetap saja smartphone tak bisa jauh dari kita, karena saat smatphone jauh biasanya akan timbul perasaan ada yang kurang, bahkan was-was, dan pilihan terakhir adalah mengambil smartphone walaupun cuma dipegang dan diputar-putar kaya oreo.

Lebih Khawatir Dengan Smartphone

Saat mati lampu yang paling di khawatirkan adalah “haduh, nggak bisa ngecharge, mana batre tinggal 10 % lagi..” iya kan?. Hayo ngaku saja, yah memang benar sekali biasanya saat mati lampu yang paling di khawatirkan adalah smartphone, mungkin saking sayangnya kali ya, yang lain mah, bodo amat.

Smartphone Tak Boleh Sampai Ketinggalan

Saat mau pergi yang pertama harus ada adalah smartphone, bahkan rela kembali lagi ke tempat awal, walaupun sudah sangat jauh, banyak rintangan, banyak godaan ada badai, nggak peduli lah, pokoknya smartphone harus diambil.

Rela Tidak Jajan Demi Smartphone

Rela nggak jajan demi kasih makan smartphone, emang smartphone bisa makan?. Tentu saja bisa, dan makanannya adalah pulsa dan kuota. Tidak sedikit juga yang rela tidak jajan agar kuota pada smartphone bisa selalu on. Ini sah-sah saja, toh tak mencuri atau merampok, tapi ya, jangan keseringan mikirin smartphone juga.

Galau Saat Smartphone Rusak

Saat smartphone sakit, pasti pemiliknya gelisah galau merana, tidur nggak enak makan juga nggak enak, sampai-sampai habis tiga piring saking nggak enaknya.

Dan walaupun terkesan sepele tetapi penyembuhan dari kecanduan smartphone juga sama sulitnya dengan menghilangkan kecanduan yang dialami oleh pengguna narkoba. ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rurtgers University. Ternyata ngeri bangat kan.

5. Mengganggu Tidur

Saat ada suara telolet, eh... maksud saya “kring” dari smartphone saat mau tidur, tentulah orang akan lebih penasaran ingin melihat apa pesan ataupun chat yang masuk, dan itu bisa berkelanjutan, bahkan sampai larut malam. Lebih tragisnya lagi, ini berasal dari pengalaman pribadi penulis.

Bahkan penelitian bahwa smartphone merampas waktu tidur juga sudah pernah dibuktikan oleh tim penelitian dari MIT Sloan School Of Management pada tahun 2007.

6. Smartphone Justru Merusak Hubungan

Perlu mimin tegaskan lagi disini bahwa SMARTPHONE JUSTRU MERUSAK HUBUNGAN, mungkin banyak yang berpikiran bahwa dengan adanya smartphone, hubungan akan menjadi lebih baik namun menurut psikolog dari University Of Bedfordhiren, dr. Emma short mengatakan bahwa teknologi justru membuat orang susah mengelola batasan dalam kehidupan.

Baca: 4 Etika persahabatan menurut Al-ghazali dalam kitab ihya' ulumuddin

Dengan semakin seringnya orang bermain smartphone, entah itu bermain jejaring sosial ataupun yang lainnya, maka semakin berkurang juga waktu berkualitas yang akan kalian berikan untuk, teman, keluarga, sahabat, orang tua ataupun pacar. Untuk itulah akan lebih baik jika kita lebih banyak hidup dan bersosial secara langsung didunia nyata dan jangan sampai terjebak dalam dunia yang menjauhkan kita darikehidupan sosial yang lebih nyata dan lebih asli.

Bagaimana menurut kalian semua, apakah yang kalian rasa dari smartphone, mendekatkan atau justru malah merusak dan menjauhkan kita dari hubungan dunia nyata?.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan