la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Pengertian Teknik Dan Taktik Pembelajaran

Pengertian Teknik Dan Taktik Pembelajaran

Pengertian dari Teknik Pembelajaran yaitu sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, pengunaan metode ceramah pada suatu kelas dengan jumlah siswa yang relative banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah dengan skelas yang memiliki jumlah siswa yang terbatas.

Baca juga: Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu menggunakan teknik yang berbeda pada kelas yang tingkat keaktifan siswanya tinggi dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru diharapkan dapat berganti-ganti teknikmeskipun dalam koridor metode yang sama.

Teknik pembelajaran adalah cara yang konkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.

Teknik Pembelajaran Secara Umum

Teknik umum adalah cara-cara yang dapat digunakan semua bidang studi. Contoh teknik umum yaitu antara lain:

1. Teknik Ceramah

Teknik ini paling banyak diterapkan oleh para guru dan teknik ini menggunakan sumber referensi hampir 80% dari buku lalu sisanya siswa melakukan observasi di laboratorium dll.

2. Teknik Tanya Jawab

Teknik tanya jawab adalah teknik yang menerapkan tanya jawab antara guru dengan peserta didik. Teknik ini juga banyak diterapkan oleh para guru. Dengan teknik ini diharapkan guru dapat langsung mengevaluasi proses belajar mengajarnya terhadap siswa.

3. Teknik Diskusi

Teknik diskusi merupakan metode pembelajaran yang lebih menghadapkan peserta didik pada suatu permasalahan untuk diselesaikan. Tujuan metode diskusi ini adalah untuk memecahkan permasalahan, menjawab pertanyaan dan siswa bisa memahami pengetahuan, dan mempu membuat suatu keputusan.

3. Teknik Ramu Pendapat

Teknik brainstorming (ramu pendapat) adalah sebuah teknik pembelajaran partisipatif yang mampu mendorong siswa bisa aktif berpikir menuangkan berbagai ide-ide, gagasan, dan berani menyampaikan pendapatnya terhadap suatu permasalahan terkait dengan kehidupan kesehariannya dan mampu dinamis dalam menguasai berbagai materi yang disampaikan untuk mencapai prestasi dalam proses pembelajaran.

4. Teknik Latihan

Metode latihan (drill), merupakan cara mengajar dengan melakukan latihan secara berulang-ulang atau terus menerus untuk bisa menanamkan kebiasaan tertentu. Djamarah (2010:95).

5. Teknik Inkuiri

Model teknik pembelajaran inkuiri merupakan jenis model pembelajaran yang mengembangkan keterampilan proses berfikir secara kritis dan membangun kreatif sekaligus melatih keterampilan untuk bisa berkolaborasi secara terbuka bagi para peserta didik.

6. Teknik Demostrasi

Teknik pembelajaran demonstrasi merupakan cara penyajian pembelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan sebuah proses, situasi, atau benda tertentu terkait dengan tema yang sedang dipelajari baik dalam bentuk asli sebenarnya, maupun dalam bentuk tiruan yang di lakukan oleh guru atau sumber belajar lain di depan semua pelajar.

7. Teknik Simulasi

Teknik Simulasi merupakan proses pembelajaran yang menggunakan simulasi dan lebih  cenderung berfokus pada objeknya, bukan benda atau kegiatan yang sebenarnya, namun hanya sebuah kegiatan mengajar yang bersifat pura-pura.

Teknik Pembelajaran Khusus

Teknik khusus adalah cara mengajarkan (menyajikan atau memantapkan) bahan-bahan pelajaran bidang studi tertentu. Contohnya adalah teknik meringkas, teknik medekripsikan objek, teknik menyadur, dll dalam teknik pembelajaran menulis.

Taktik Pembelajaran

Taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. Contohnya terdapat dua orang guru yang menggunakan metode yang sama seperti metode ceramah, tetapi mungkin proses dari pembelajarannya akan sangat berbeda karena taktik yang digunakannya.

Baca juga: PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Dalam penyajiaanya, mungkin guru yang satu cenderung diselingi humor namun mendidik sementara guru yang satunya krena kurang memiliki selera humor akan menggunakan alat bantu atau media pembelajaran lainnya. Dalam gaya pembelajaran kan nampak keunikan atau kekhasan dari masing-masing guru sesuai dengan kemampuan, pengalaman, dan tipe kepribadian dari sang guru yang bersangkutan.

Contoh Taktik Pembelajaran

Contoh taktik pembelajaran selanjutnya yaitu seorang siswa yang nakala dan sangat usildapat diatasi dengan taktik pembelajaran memberikan kepercayaan yang lebih kepada siswa tersebut untuk menjawab pertanyaan soal matematika ataupun mata pelajaran lainnya di depan kelas sehingga dapat menciptakan kepercayaan diri yang baik terhadap siswa tersebut. Namun apabila siswa tersebut merasa cemas atau takut maka guru dapat mengatasinya dengan membuat suasana menjadi riang gembira melalui humor dan media pembelajaran lainnya.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan