la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai sudut pandang mengenai proses pembelajaran/proses belajar mengajar yang mengarah kepada pandangan terjadinya proses yang sifatnya masih umum yang didalamnya mewadahi, memberi inspirasi, menguatkan dan melatari atau mendasari metode pembelajaran.

Baca juga: Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Terdapat dua enis pendekatan dilihat dari segi pendekatannya, yaitu:

  1. Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)
  2. Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach)

Contoh Pendekatan Pembelajaran

Berikut ini contoh pendekatan pembelajaran menurut para ahli.

1. Pendekatan Individual

Pendekatan ini dilakukan oleh guru/pengajar dengan memahami karakter dari masing masing siswa. Didalam sebuah kelas terdapat siswa-siswi yang memiliki karakter berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Pendekatan ini bertujuan agar guru/pengajar dapat memahami karakter dari setiap siswa.

2. Pendekatan Kelompok

Pendekatan ini berguna dan diperlukan untuk membina dan mengembangkan sikap-sikap sosial dari siswa agar siswa dapat memiliki jiwa sosial yang tinggi.

3. Pendekatan Bervariasi

Pendekatan ini menggunakan variasi teknik bermacam-macam yang berguna menghadapi permasalahan dari para siswa yang bermacam-macam dan bervariasi. Dengan menggunakan pendekatan ini diharapkan guru dapat memunculkan motivasi dari pari siswa dalam kegiatan pembelajaran.

4. Pendekatan Edukatif

Pendekatan ini adalah tindakan, sikap dan perbuatan dari seorang guru harus memiliki nilai-nilai pendidikan dengan tujuan mendidik siswa agar siswa dapat menghargai norma-norma yang ada di lingkunagn masyarakat yang berguna dalam membina watak dari siswa masing-masing.

Contoh kasus

Seorang guru mata pelajaran PKn memberikan tugas melakukan penelitian terhadap pelanggaran hukum dan ham di lingkungan masyarakat kepada siswanya namun sebelumnya guru membentuk sebuah kelompok-kelompok belajar. Maka yang diterapkan oleh guru tersebut adalah Pendekatan kelompok dan pendekatan yang berpusat pada murid (student centered approach).

Strategi pembelajaran menurut para ahli

Dari segi definisi, secara umum strategi adalah suatu garis-garis besar haluan yang untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan /ingin dicapai. Dalam kegiatan belajar mengajar, strategi dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan belajar mengajar yang melibatkan antara kegiatan guru dan anak didik untuk mencapai tujuan yang telah digariskan dari pembelajaran itu sendiri.

Strategi pembelajaran menurut Dick and Darey (1985) 

Dick and Darey menyebutkan bahwa strategi pembelajaran itu merupakan suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk memunculkan/menimbulkan hasil belajar pada siswa (Sanjaya,2007:126).

Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang penggunaan metode dan pemanfaatan sumber daya dalam pembelajaran termasuk didalamnya. Strategi pembelajaran itu disusun untuk tercapainya sebuah tujuan tertentu, sehingga dalam penyusunan langkah-langkah pembelajaran semuanya diarahkan dalam usahanya untuk mencapai tujuan.

Ada beberapa strategi pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru/pendidik menurut Sanjaya (2007:177-286) yaitu:

  1. Strategi pembelajaran ekspositori
  2. Strategi pembelajaran inkuiri
  3. Strategi pembelajaran berbasis masalah
  4. Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir
  5. Strategi pembelajaran kooperatif
  6. Strategi pembelajaran konsektual CTL
  7. Strategi pembelajaran afektif

Contoh Strategi Pembelajaran

Berikut ini contoh strategi pembelajaran

Strategi pembelajaran aktif True or False (benar atau salah)

Strategi pembelajaran ini adalah aktifitas kolaboratif yang mengajak anak didik terlibat ke dalam materi pelajaran dengan segera. Strategi ini memancing kemampuan siswa agar dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dengan cara mengadakan sebuah perlombaan atau sejenisnya. Dari kegiatan ini, guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran yang sebelumnya telah dipelajari.

Strategi pembelajaran Aktif yang bersinergi

Strategi pembelajaran ini mirip dengan strategi mencari informasi melalui media atau sarana apapun yang memungkinkan mendapat sumber informasi. Namun yang berbeda dari strategi ini adalah pengalam yang berbeda dalam mempelajari materi yang sama. 

Pelaksanaannya yaitu siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok dibagi beberapa tempat untuk mempelajari sesuatu materi yang telah diberikan oleh guru. Setelah itu, setiap kelompok yang telah mencari informasi hasilnya disinergikan dengan kelompok lain.

Baca juga: TUGAS DAN MEKANISME KERJA BIMBINGAN DAN KONSELING (BK)

Strategi pembelajaran merupakan suatu serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran disusun untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik. 

Strategi pembelajaran menurut para ahli

Adapun beberapa pengertian tentang strategi pembelajaran menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Hamzah B. Uno (2008:45)

Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran.

Dick dan Carey (2005:7)

Strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.

Suparman (1997:157)

Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Hilda Taba

Strategi pembelajaran adalah pola atau urutan tongkah laku guru untuk menampung semua variabel-variabel pembelajaran secara sadar dan sistematis.

Gerlach dan Ely (1990)

Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.

Kemp (1995)

Stategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan