la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN MENURUT AHLI

METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN MENURUT AHLI

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun ke dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis agar mencapai tujuan pembelajaran.

Metode pembelajaran menurut Nana Sudjana

Menurut Nana Sudjana (2005:76) metode pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran yang telah disusun sebelumnya yaitu diantaranya:

  1. Metode Ceramah
  2. Metode Diskusi
  3. Metode Demokrasi
  4. Metode Ceramah Plus
  5. Metode eksperimental
  6. Metode Resitasi
  7. Metode Study Tour
  8. Metode Latihan Keterampilan
  9. Metode Pengajaran Beregu
  10. Peer Theaching Method
  11. Metode Pemecahan Masalah
  12. Project Method
  13. Taileren Method
  14. Metode Global
  15. Teknik Pembelajaran

Metode pembelajaran saat ini yang paling banyak digunakan dan diterapkan oleh para guru yaitu adalah metode ceramah yang menerangkan apa yang ada di dalam buku teks hampir seluruhnya.

Baca juga: Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Metode pembelajaran yang baik adalah bagaimana siswa bias mengerti, untuk bisa membuat siswa mengerti yang paling bagus adalah mengajak mereka berpartisipasi dengan cara praktek contohnya praktek di laboratorium, diskusi atau debat. Selain itu, seorang guru juga dituntut untuk memberikan metode pembelajaran yang kreatif.

Contoh Metode Pembelajaran

Berikut ini contoh metode pembajakan yang bisa dipraktekan di sekolah

Metode Study Tour (Karya wisata)

Metode pembelajaran ini adalah metode mengajar dengan mengajak siswa mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya siswa membuat sebuah laporan dan mendiskusikan hasil kunjungan serta membukukannya didampingi oleh guru sehingga pembelajaran yang diterima langsung dengan praktek.

Metode Ceramah

Metode pembelajaran ini paling banyak diterapkan oleh para guru. Metode ini melakukan penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Model pembelajaran

Definisi dari model pembelajaran, model Pembelajaran terbentuk apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik, dan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh. Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Jadi, model pembelajaran merupakan bungkus atau sampul dari penerapan suatu pendekatan, metode dan teknik pembelajaran.

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar – mengajar. (Soekanto, dkk (dalam Nurulwati, 2000:10)

Ciri-ciri model pembelajaran

Ada beberapa ciri-ciri model pembelajaran diantaranya adalah :

  1. Rasional teoritik yang logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya.
  2. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar.
  3. Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakandengan berhasil.
  4. Lingkungan belajar yang duperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

menurut Kardi dan Nur ada lima model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengelola pembelajaran, yaitu: pembelajaran langsung; pembelajaran kooperatif; pembelajaran berdasarkan masalah, diskusi, dan learning strategi.

Contoh model pembelajaran

Berikut ini 3 contoh model pembelajaran :

1. Model Pembelajaran Kolaborasi

Model pembelajaran ini menerapkan peserta didik dalam kelompok kecil dan memberi tugas kepada peserta didik dimana mereka akan saling membantu untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan kelompok. Model pembelajaran ini menekankan aspek kerja sama di antara para siswa/peserta didik.

2. Model Pembelajaran Individual

Pembelajaran individu (individual learning) memberikan kesempatan kepada peserta didik secara mandiri untuk dapat berkembang dengan baik sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Metode yang dapat diterapkan antara lain tugas mandiri, penilaian diri, portofolio, galeri proses.

3. Model Pembelajaran Teman Sebaya

Model pembelajatran ini percaya bahwa satu mata pelajaran benar-benar dikuasai hanya apabila seorang peserta didik mampu mengajarkan kepada peserta didik lain.

Baca juga: TUGAS DAN MEKANISME KERJA BIMBINGAN DAN KONSELING (BK)

Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang sama, ia menjadi narasumber bagi temannya. Metode yang dapat diterapkan antara lain: pertukaran dari kelompok ke kelompok, belajar melalui jigso (jigsaw), studi kasus dan proyek, pembacaan berita, penggunaan lembar kerja, dll.

Selain ketiga model pembelajaran yang telah disebutkan masih ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan diantaranya: Model Pembelajaran Sikap, Model Pembelajaran Bermain, Model Pembelajaran Kelompok, Model Pembelajaran Mandiri, Model Pembelajaran Multimodel

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan