la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

3 Tips Cerdas Mensiasati Harga Kebutuhan Pokok Yang Semakin Melambung Tinggi

3 Tips Cerdas Mensiasati Harga Kebutuhan Pokok Yang Semakin Melambung Tinggi

Beberapa bulan belakangan ini tentunya sudah makin terasa dampak dari kenaikan harga bbm yang dibarengi dengan kelangkaan bbm jenis pertalite di beberapa daerah. Yang mengalami kenaikan diantaranya adalah haga kebutuhan bahan pokok makin melambung tinggi, kenaikan biaya pengiriman ekspedisi truk lokal, dan lainnya.
Tingginya harga bahan pokok tentunya sangat mebebani dalam hal ekonomi, terutama yang ekonominya pas-pasan, masalnya yang naik hanya harga bahan pokok saja dan gaji kuli dan karyawan tetap sama.

Yang paling merasakan melambungnya kebutuhan pokok, mulai dari beras, bumbu dapur dan lauk tentunya para ibu rumah tangga, sehingga diperlukan jalan keluar, paling tidak siasat yang bisa solusi untuk sedikit meringankan beban ekonomi rumah tangga.

Cara Ampuh Mensiasati Harga Kebutuhan Pokok Yang Semakin Melambung


Walaupun memang tak bisa mengcover secara keseluruhan, akan tetapi usaha mensiasati harga kebutuhan pokok ini bisa sedikit meringankan. Lalu bagaimana caranya?

1. Memanfaatkan halaman yang kosong sebagai tempat berkebun

Tak perlu lahan yang luas, manfaatkan saja lahan seadanya dan pilih juga tanaman yang paling mudah dirawat dan seringkali digunakan, seperti cabai, tomat dan juga jahe, ketiga tanaman ini merupakan jenis tanaman yang tergolong mudah penanaman dan cepat masa panennya.

Cabai merupakan jenis bumbu yang paling tidak boleh ketinggalan di dapur ibu-ibu, apalagi kalau semua anggota keluarganya pecinta pedas, tentunya bikin pusing karena harga cabai juga melambung tinggi.
Masa panen cabai sendiri sangat cepat, untuk dataran rendah biasanya cabai bisa lebih cepat masa panennya, antara umur 3 bulanan sudah panen, sedangkan untuk dataran tinggi masa panen lebih lambat antara 4 sampai 5 bulanan.

Dalam satu pohon biasanya bisa dipanen 3 sampai 4 kali, dengan jarak panen 3 sampai 5 hari, karena jika terlalu lama cabai akan kematangan dan cepat busuk.

2. Batasi penggunaan kendaraan bermotor

Seperti yang kita tau, bahwa salah satu penyebab naiknya harga bahan pokok adalah dampak dari naiknya harga BBM, bahkan di sebagian daerah ada juga yang kesulitan mendapatkan BBM jenis Pertalite dan Bio solar.

Tak jarang di beberapa SPBU di daerah jepara banyak di jumpai antrian sepeda motor yang mengantri pertalite dan juga truk yang bahkan sampai menginap di area SPBU untuk bisa mendapatkan biosolar.

Untuk menyiasatinya tentunya upaya yang bisa dikakukan adalah dengan membatasi penggunaan kendaraan bermotor, dengan cara mengurangi aktifitas jalan-jalan yang tidak perlu.

3. Batasi penggunaan Air PDAM Dan Listrik

Walaupun bisa dibilang tidak ada kenaikan tarif dasar listrik dan juga PDAM, akan tetapi dengan menghemat pemakaian listrik dan juga air juga bisa mengurangi biaya bulanan yang harus di bayarkan, sehingga bisa di alokasikan pada kebutuhan yang lainnya.

Tips bisa berpenghasilan di tengah naiknya harga kebutuhan pokok

Makin mahalnya kebutuhan pokok tentunya merupakan masalah yang serius bagi keuangan rumah tangga, sehingga bukan hanya dengan mensiasati dan berhemat saja, tetapi juga perlu penghasilan tambahan agar ekonomi bisa tetap stabil.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan ibu-ibu rumah tangga sekalipun, apa saja kira-kira?

1. Membuka usaha kuliner rumahan

Usaha kuliner rumahan bisa di mulai dengan menawarkan ke tetangga sekitar rumah, kemudian bisa di tingkatkan lagi dengan posting dagangan di medsos seperti facebook yang mudah penggunaannya.
Untuk memulai promosi di facebook bisa dengan cara posting dagangan di grup lokal (grup fb yang masih satu kota), tujuan memilih yang satu kota tentunya agar lebih tertarget dan pembeli juga bisa langsung datang ke lokasi.

2. Mulai berkebun

Seperti yang telah di jelaskan di awal tadi, berkebun juga bisa di manfaatkan sendiri, akan tetapi bisa juga hasil panen cabai, tomat ataupun jahe yang di tanam tadi di jual untuk menambah pemasukan jika hasilnya banyak.

3. Memulai bisnis online yang tanpa modal

Emak-emak biasanya sangat ahli dalam hal promosi dan sangat suka berdagang, apa lagi jika bisa tanpa modal, untuk mengetahui bisnis apa saja yang bisa dilakukan tanpa modal bisa dibaca disini.

4. Membuka jasa laundry

Bagi yang dirumah punya mesin cuci dan setrika sendiri tentunya bisa juga dimanfaatkan sebagai jasa landry, syukur-syukur nantinya malah makin berkembang dan bisa jadi penghasilan utama.

Untuk promosi laundry bisa di terapkan juga strategi promosi yang sama dengan usaha kuliner rumahan, yaitu dengan cara di promosikan melalui media sosial.
Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan