la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger / Blogspot Agar Iklan Adsense Bisa Tampil Dengan Lancar

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger / Blogspot Agar Iklan Adsense Bisa Tampil Dengan Lancar

Bagi para blogger (sebutan bagi orang yang ngeblog) yang menggunakan platform blogger atau blogspot, baik yang menggunakan domain tld maupun sub domain dari blogspot, menjalankan iklan dapat menjadi langkah awal yang penting untuk bisa monetisasi konten yang di buat.

Baca: 10 Tips Ngeblog Bagi Pemula Yang Bisa Jadi Penyemangat Untuk Membuat Konten

Salah satu langkah kritis yang paling awal untuk dilakukan dalam rangka mengoptimalkan potensi pendapatan dari iklan adsense adalah dengan mengaktifkan file Ads.txt, bagi yang belum pernah mengaktifkanya, tentunya akan terkesan seperti sebuah langkah yang sulit untuk dilakukan. Namun jangan khawatir, karena prosesnya tidak sekompleks yang mungkin terbayangkan.

Apa itu Ads.txt Dan Mengapa Penting Untuk Di Aktifkan?

Sebanarnya Ads.txt itu apa? kenapa harus di aktifkan di blogger?. Ads.txt atau juga disebut Authorized Digital Sellers, merupakan sebuah file teks yang berisi informasi tentang mitra periklanan yang diizinkan untuk menampilkan iklan di situs web / blog yang kamu kelola.

Baca: Cara Mengatasi Kesalahan Pengalihan Di Google Search Console 100 % Solved

Dengan kata lain, mengaktifkan Ads.txt merupakan langkah awal untuk memastikan bahwa iklan yang akan ditampilkan di blog berasal dari pihak yang sah dan telah diotorisasi oleh google. Ads.txt memainkan peran kunci dalam melindungi blog dari iklan palsu atau penipuan.

Langkah-langkah Aktivasi Ads.txt di Blogger / Blogspot

Langkah-langkah Aktivasi Ads.txt di Blogger / Blogspot

Mengaktifkan Ads.txt di platform blogger adalah langkah awal yang cerdas untuk bisa menjalankan iklan secara aman dan optimal kedepannya. Proses pengaktifan Ads.txt mungkin terlihat sedikit rumit pada awalnya, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, kamu dapat mengelolanya dan mengaktifan Ad.txt dengan lebih mudah mudah.

Baca: Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik Untuk Dibaca, Cocok Untuk Pemula

Mengaktifkan Ads.txt merupakan sebuah langkah yang besar dan lebih dari sekadar kepatuhan, Ads.txt memberikan sebuah perlindungan dan keamanan nyata bagi blog di tengah dunia periklanan digital yang terus berkembang. Jadi segera lakukan, dan jangan ragu untuk mengaktifkannya sekarang juga untuk memastikan bahwa bisnis iklan online bisa berjalan dengan lancar.

Caranya silakan ikut langkah-langkah di bawah ini :

1. Masuk ke Dasbor Blogger

langkah Pertama, masuklah ke dasbor blogger dan pilih blog yang mana yang ingin di atur Ads.txt-nya, namun jika hanya satu blog maka bisa langsung pilih blog yang ada.

2. Pilih Setelan

Di dasbor blog yang kamu pilih, pilih opsi "Setelan" yang biasanya terletak di sebelah kiri bagian dasbor blogger.

3. Pilih Monetisasi

Setelah memilih "Setelan", scroll kebawah, kemudian temukan opsi "Monetisasi" atau "Penghasilan" di menu.

4. Aktifkan Ads.txt Kustom

Sekarang, setelah menemukan bagian Ads.tx kamu perlu menambahkan informasi Ads.txt yang sesuai dengan mitra periklanan adsensemu sendiri (ID Adsense). Biasanya, mitra periklanan akan memberikan kode Ads.txt yang harus di salin dan tempel di sini.

Klik aktifkan pada bagian “ads.txt kustom” kemudian isi Ads.txt dengan kode ads.txt berikut:

google.com, pub-0000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

jangan lupa untuk mengganti ID akun adsense yang berwarna merah dengan ID Akun AdSense milikmu sendiri.

Jangan lupa klik “Simpan“

Setelah semua proses dilakukan simpan perubahan informasi Ads.txt, pastikan untuk menyimpan perubahan. Setelah memasang/mengaktifkan file Ads.txt biasanya iklan AdSensenya ada yang langsung muncul dengan lancar dan dalam kasus tertentu ada juga yang tidak langsung muncul dengan lancar dan untuk sementara akan tampak blank/tidak muncul untuk beberapa saat. Jika terjadi seperti ini jangan takut, silakan ditunggu saja sekitar 1x24jam sampai iklannya muncul kembali dengan lancar.

Baca: Rahasia SEO Yang Harus Diketahui Oleh Blogger Pemula

Ads.txt membantu dalam meningkatkan kredibilitas blog di mata pengiklan. Hal ini dapat berdampak positif pada jumlah iklan yang bisa di tampilkan dan pada akhirnya, akan sangat berdampak besar pada pendapatan blog. Ads.txt mempu memberikan tingkat transparansi dan kendali yang lebih besar atas iklan yang ditampilkan di blog, karena pemilik blog bisa memilih mitra periklanan yang sesuai dengan nilai dan tujuan situs blog dan memblokir pengiklan yang tidak di inginkan.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan