la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

3 Tips Aman Berbelanja Online Agar Terhindar Dari Penipuan

3 Tips Aman Berbelanja Online Agar Terhindar Dari Penipuan

Hasil survey yang dilakukan, tentang lebih murah mana barang yag di beli via online atau via offline?. hampir semua responden meyatakan bahwa 46. 4 % para responden, menjawab bahwa lebih murah harga produk yang di tawarkan di toko online jika dibandingkan dengan harga toko offline, 34. 4% nya menjawab, bahwa di toko online maupun toko offline sama saja, sedangkan sisanya (kurang dari 20 %) menjawab bahwa justru lebih murah offline di bandingkan dengan online.

Baca juga : Cara Mudah Menjadi Reseller Barang Mebel Di Mebelid.com

Selain murah, tentunya toko online menyediakan banyak kemudahan dan banyak promo menarik yang tentunya sangat sayang untuk di lewatkan, itulah hal yang snagat menggoda dari toko online, sehingga tak heran dari masa kemasa toko online kian berkembang dan banyak pihak yang tidak bertanggung jawab juga yang membuat toko online, kemudian di gunakan untuk melakukan penipuan, sehingga muncul keresahan bagi calon pembeli, untuk itulah kali ini kami akan memberikan tips belanja onlie aman dan nyaman ala kelaspena.com.

Tips aman berbelanja online

Ingin tau dengan toko yang akan kamu jadikan sebagi tempat belanja tentunya bukan sebuah hal yang salah, bahkan justru memang harus dilakukan, apalagi jika kamu berbelanja dari toko online yang ada di fb, ig, maupun malalui website toko online yang tidak ada pihak ketiga sebagai penjamin seperti marketplace, jika di marketplace tentunya uang yang di transfer pembli tidak akan langsung masuk kerekening penjual, akan tetapi akan tertahan di shopee terlebih dahulu, berbeda jika berbelanja dari toko online yang ada di ig, fb ataupun website, yang cara pembayarannya transfer langsung ke rekening pembeli.

1. Kepoin dulu toko tempat berbelanjamu

Terkadang kepo juga bisa menghasilkan hal yang positif, dan itu berlaku untuk hal yang satu ini, yaitu ketika akan berbelanja. entah mau berbelanja melalui toko online media sosial, maupun berbelanja di marketplace, yang menjadi poin tepenting adalah memastikan bahwa seller (penjual) bukan seller abal-abal. jika lewat marketplace tentunya bisa dengan mudah di ketahui melalui ulasan toko dan penilaian toko.

Baca juga : Cara Mudah Melakukan Promosi Bisnis Kekinian Melalui Media Sosial Tanpa Modal Bagi Pemula

Lalu bagaimana jika ingin berbelanja dari sosmed untuk bisa memastikannya bisa dengan cara yang cukup extreme, yaitu meminta foto kartu tanda pengenal dari beberapa sudut pengambilan gambar, atau bisa juga dengan meminta foto kartu pengenal berikut dengan orangnya dalam 1 frame. untuk cara lainnya bisa dengan mengecek toko di google maps, sudah terdaftar atau belum, kemudian pastikan alamatnya sesuai, dan yang terkhir, pastikan data nomor rekening sesuai dengan tanda pengenal yang di berikan.

2. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah

Penipuan tentunya sangat beragam bukan hanya barang tidak dikirim, atau barang yang dikirim tidak sesuai, bahkan bisa juga barang yang dikirim adalah barang KW, untuk itulah jangan mudah tergiur dengan harga yang di bawah harga pasaran, untuk mengecek harga pasaran tentunya bisa dengan melakukan perbandeingan harga beberapa toko, jika selisih masih sedikit masih normal, akan tetapi jika selisih terlalu banyak, patut di waspadai.

3. nomor rekening penjual harus sesuai dengan data kartu identitas

Untuk mengetahui data sesuai atau tidaknya bagaimana?, tentunya memang harus meminta foto kartu identitas terlebih dahulu, seperti yang telah di singgung di atas tadi, kemudian baru bisa menyocokan, nama pemilik rekening sama atau tidak dengan pemilik identitas, jika penjual beralasan bahwa rekening yang di gunakan merupakan rekening istri atau suami, maka minta lag foto kartu identitas yang sesuai dengan rekening, tak ada salahnya lebih teliti dan waspada.

Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan