la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Pengertian Munafik, Ciri Munafik Dan Bahaya Sifat Munafik

Pengertian Munafik, Ciri Munafik Dan Bahaya Sifat Munafik

Seperti yang kita tahu, bahwa munafik merupakan salah satu sifat yang tercela yang patutnya untuk di hindari. Sifat munafik bukan hanya merugikan sendiri akan tetapi juga bisa merugikan bagi orang lain dan bisa berbayaya juga baik untuk di dunia dan di akhirat. Berikut ini pembahasan tentang munafik yang perlu kamu tahu.

A. Pengertian Munafik

Munafik adalah orang yang memiliki sifat nifak. Nifak artinya adalah menampakkan yang baik dan menyembunyikan yang buruk. Nifak merupakan salah satu perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah. Sedangkan menurut syara’ munafik adalah orang yang hatinya tidak percaya pada Allah SWT dan Rasulnya, serta tidak percaya dengan kebenaran agama islam akan tetapi dalam prakteknya menyatakan bahwa dirinya beriman dan melaksanakan ajaran islam seperti yang dijelaskan pada QS. Al-Baqarah ayat 8-14.

Allah SWT berfirman tentang munafik :

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَ
"Dan di antara manusia ada yang berkata, Kami beriman kepada Allah dan hari akhir, padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 8)

يُخٰدِعُوْنَ اللّٰهَ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا ۚ وَمَا يَخْدَعُوْنَ اِلَّاۤ اَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُوْنَ
"Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 9)

فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ ۙ فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًا ۚ وَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ ۙ بِۢمَا كَانُوْا يَكْذِبُوْنَ
"Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat azab yang pedih karena mereka berdusta." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 10)

وَاِذَا قِيْلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ ۙ قَالُوْاۤ اِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُوْنَ
"Dan apabila dikatakan kepada mereka, Janganlah berbuat kerusakan di bumi! Mereka menjawab, Sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 11)

اَ لَا ۤ اِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُوْنَ وَلٰـكِنْ لَّا يَشْعُرُوْنَ
"Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan, tetapi mereka tidak menyadari." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 12)

وَاِذَا قِيْلَ لَهُمْ اٰمِنُوْا كَمَاۤ اٰمَنَ النَّاسُ قَالُوْاۤ اَنُؤْمِنُ كَمَاۤ اٰمَنَ السُّفَهَآءُ ۗ اَ لَاۤ اِنَّهُمْ هُمُ السُّفَهَآءُ وَلٰـكِنْ لَّا يَعْلَمُوْنَ
"Dan apabila dikatakan kepada mereka, Berimanlah kamu sebagaimana orang lain telah beriman! Mereka menjawab, Apakah kami akan beriman seperti orang-orang yang kurang akal itu beriman? Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang kurang akal, tetapi mereka tidak tahu." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 13)

وَاِذَا لَقُوْا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْاۤ اٰمَنَّا ۚ وَاِذَا خَلَوْا اِلٰى شَيٰطِيْنِهِمْ ۙ قَالُوْاۤ اِنَّا مَعَكُمْ ۙ اِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ
"Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, Kami telah beriman. Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 14)

B. Ciri-ciri Orang Munafik

Karena sulitnya mengenali tanda-tanda sifat munafiq, karena biasanya orang munafiq selalu berusaha meniru perbuatan orang-orang yang beriman, ia turut menjalankan sholat, puasa dan perbutan baik lainnya, namun sebenarnya hatinya lalai, untuk itulah Rasulullah juga telah menjelaskan secara rinci dalam haditsnya :

ايةالمنافق ثلاث : اذاحدث كذب, واذاوعد اخلف, واذااؤتمن خان
“Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga, apabila berkata ia berdusta, apabila bila berjanji ia mengingkari dan apabila dipercaya ia berkhianat.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim).

C. Bahaya Sifat Munafik dan Cara Menghindari Sifat Munafik

1. Bahaya sifat munafik

Tidak akan dipercaya oleh orang lain.
Hati tidak akan tentram kerena selalu membohongi diri sendiri.
Tidak dapat mengemban amanat.
Meresehkan orang lain.

2. Cara menghindari sifat munafik

Hindari bergaul dengan orang munafik.
Perbanyak istigfar.
Perbanyak Dzikir.
Banyak membaca Al-qur’an dan memperdalam Agama islam.

D. Hukuman Bagi Orang Munafik

Sifat munafik merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah, kerena sangat merugikan bukan hanya untuk dirinya saja, namun juga merugikan orang lain, sehingga oarang munafik diancam oleh Allah dengan siksa yang amat pedih kelak nanti di akhirat dan ditempatkan pada bagian paling bawah dari neraka, seperti yang telah dijelaskan dalam (Q.S. An-nisa’ ayat : 145). Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِ ۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًا
"Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka," (QS. An-Nisa' 4: Ayat 145).




Created by : Purnomo (1410120067)
Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan