Susunan makalah yang baik dan benar sesuai dengan standar - kang-purngeblog.blogspot.com

cara menyusun makalah yang benar
Add caption

Dalam membuat makalah ada hal-hal yang penting yang harus diperhatikan  agar makalah yang kita buat bisa diterima oleh guru ataupun dosen yang mengajar dan tentunya juga bisa sesuai dengan standart yang ditentukan oleh lembaga pendidikan terkait.
Untuk itiulah saya akan menerangkan mengenai susunan makalah yang baik dan benar sesuai dengan standar yang kebanyakan digunakan oleh lembaga-lembaga pendidikan di indonesia, tak terkecuali tempat kuliah saya sendiri, namun berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam pembuatan sebuah makalah juga tak harus sesuai dengan standart atau patokan yang biasanya digunakan diberbagai lembaga, karena tiap dosen memiliki cara masing-masing dalam mengajar, dan tidak semua dosen meminta para mahasiswa dan mahasiswinya untuk mengikuti patokan dalam membuat makalah, namun ada juga yang hanya menekan kan pada isi dan tendensi, karena sebagai seorang mahasiswa dan mahasiswi, biasanya kita dituntut untuk tidak boleh buta akan pengetahuan dan menutup mata dengan adanya perbedaan, untuk itulah kita harus bisa menjelaskan, makalah yang kita buat dari mana, apakah sumbernya bisa dipercaya atau tidak. Dan itu berarti bahwa kualitas makalah itulah yang terpenting, bukan susunannya, namun ada juga dosen yang menerapkakan dalam membuat makalah memang harus sesuai susunannya.dan mahasiswa ataupun mahasiswi pun tentunya tidak boleh serta merta menganggap bahwa cara A benar cara B salah, karena itu juga tergantung kebijakan dosen atau instalasi pendidikan terkait.
Lalu bagai mana sih susunan makalah yang benar?
Mungkin itulah pertanyaan yang lazim ditanyakan kebanyakan orang yang baru pertama kali membuat makalah.
1.   Cover
Isi dalam sebuah cover ini, biasanya dalah meliputi nama mahasiswa atau mahasiswi, nim, mata kuliah, dosen pengampu, logo instalasi terkait, nama instalasi terkait, jurusan dan tahun ajaran.
Untuk melihat contoh covernya saya sarankan juga untuk melihat contoh cover makalah asbabun nuzul
2.   Daftar isi
Daftar isi biasanya berisi susunan suatu makalah meliputi judul, topik, nomor halaman stiap topic yang disusun secara rapi.ibaratnya daftar isi adalah suatu menu yang ditawarkan untuk pelanggan, dalam hal ini adalah menu yang dihidangkan untuk pembaca, atau mahasiswa.
Lalu apa gunanya daftar isi ini?
Gunananya tetntu saja untuk memper mudah pembaca untuk menemukan sub topic yang ia cari tanpa harus mencari satu per satu dari tiap-tiap halaman. Namun daftar ini selama saya kuliah pun jarang menggunakannya, karena itu bukan merupakan bagian wajib yang harus ada dalam sebuah makalah, anda juga bisa juga bisa membaca kumpulan makalah DI SINI
3.   Kata pengantar
Apakah harus kata pengantar ada dalam sebuah makalah?
Menurut saya tidak harus, kerena sebagian besat makalah saya juga tidak ada yang menggunakan kata pengantar, namun jika dosen meninta dalam makalah harus ada, berarti kita juga harus menyertakan kata pengantar dimakalah kita kalau kita ingin mendapatkan nilai yang memuaskan dari dosen tentunya. sebagai referensi dan pengetahuan tambahan anda juga bisa melihat  makalah tanpa kata pengantar
4.   Bab I Pendahuluan
Pendahuluan biasanya berisi :
Ø latar belakang tentang tema terkait (tema yang akan dibahas)
Ø rumusan masalah, yaitu pertanyaan-pertanyaan yang akan terjawab pada pembahasan makalah nantinya.
Ø Tujuan, tentusaja mengenai tujuan di buatnya makalah.
Ø Manfaat, dalam membuat makalah tentu saja kita harus memperhatikan, apakah makalah yang kita buat bisa bermanfaat bagi orang lain atau tidak.
Untuk contoh terkait pendahuluan baca juga contoh pendahuluan
5.   Bab II
Dalam bab II ini isinya adalah
Ø Pembahasan
Pembahasan adalah isi dari sebuah makalah yang akan disampaikan disertai dengan sumber-sumber reverensi dan penelitian ataupun pengalaman yang bisa dipercaya dan dibuat pedoman dan pijakan.
Saya sarankan juga untuk membaca contoh makalah
6.   Bab III (penutup)
Ø Kesimpulan
Berisi tentang kesimpualan makalah atau pembahasan yang telah dipaparkan
Ø Kritik dan saran
Yaitu berisi tentang keinginan kita untuk meminta suatu kritik ataupun saran tentang makalah kita pada pembaca.
Namun ini juga tak terlalu penting, karena bagian ini bisa langsung disampaikan pada semua pendengar (audiens) saat mempresentasikan makalah.
Ø Daftar pustaka.
Harus banget ya menyertakan daftar pustaka?
Jawabannya harus banget – benget - banget, karena itu merupakan rujukan atau sumber kita dalam mencari suatu informasi, bukan itu saja itu juga merupakan wujud penghormatan kita pada pemilik pengetahuan ataupun orang yang menulis tentang pengetahuan itu, jika kita mendapatkan dari internet, kita bisa menulis url atau alamat kita mendapatkannya, jika dari buku kita juga harus menuliskan,penerbit,tempat terbit, tahun terbit,pengarang dll.
Kemujian kita tulis daftar sumber atau rujukan atau reverensi pada makalah kita dan kita susun secara rapi.
Untuk melihat contoh daftar pustaka dan kumpulan makalah lainnya saya sarankan untuk membaca ini juga.
Hanya ini yang bisa saya sampaikan, dan ma’af jika saya hanya menitik beratkan pada makalah anak kuliah bukan anak SMA sederajat yang sekarang ini juga sudah dituntut untuk membuat makalah,padahal pada saat saya SMA dulu saya belum mengenal makalah. Saya rasa untuk sistematika penulisan makalah di SMA juga hampir sama, saya tidak beran mengatakan sama, karena saya belum pernah membuat makalah untuk tingkat SMA. jika ada kesalahan dalam susunan atau kata-kata yang kurang berkenan bisa harap dimaklumi dan bisa menyampaikannya melalui komentar ataupun kontak yang sudah tersedia pada blog ini. Saya selalu mengharap kritik dan saran dari kalian semua.




Postingan Serupa

13.58 - tanpa komentar

0 komentar untuk Susunan makalah yang baik dan benar sesuai dengan standar - kang-purngeblog.blogspot.com.

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan