la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

PENGERTIAN PUISI MENURUT PENDAPAT PARA AHLI

PENGERTIAN PUISI MENURUT PENDAPAT PARA AHLI



Sebenarnya apa itu puisi? Apakah puisi itu sebuah kata kata rayuan, ataukah nasehat atau yang lainnya?. Berikut ini adalah penjabaran para ahli tentang apa dan bagaimana puisi itu sendiri. 

Pandangan para ahli tentang apa itu puisi


Tentu saja banyak pandangan dari para ahli yang pastinya berbeda antara satu dengan yang lainnya karena mereka memiliki pandangan dan sudaut pandang sendiri-sendiri.

Pendapat Herman Waluyo

Menurutnya puisi adalah karya sastra yang bersifat tertulis yang paling awal ditulis oleh manusia.

Pendapat dari Sumardi

menurutnya puisi adalah salah satu karya sastra dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan, serta diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata yang imajinatif.

Pendapat James Reevas

Menurutnya puisi adalah suatu ekspresi bahasa yang kaya dan penuh dengan daya pikat.

Pendapat Thomas Carlye

Puisi merupakan ungkapan pikiran yang memiliki sifat musikal.

Pendapat Pradopo

Puisi merupakan rekaman serta interpretasi pengalaman manusia yang sangat penting dan digubah dalam wujud yang berkesan.

Pendapat Herbert Spencer

Puisi merupakan bentuk pengucapan gagasan yang memiliki sifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan.

Kesimpulan tentang puisi

Itulah beberapa pendapat dari para ahli tentang apa itu puisi, dantentunya bukan hanya itu saja, masih banyak lagi pendapat-pendapat para ahli yang tidak bisa dicantumkan, karena terlalu banyaknya.

Menurut penulis sendiri puisi adalah suatu karya sastra yang lahir dari hati dan pemikiran yang dirangkai dengan kata-kata indah dan dituangkan dalam bentuk tulisan.

Biasanya ide dalam membuat puisi bisa dating ketika kita mengalami suatu peristiwa entah bahagia ataupun duka, dan akhirnya menimbulkan suatu gejolak dalam hati untuk menuangkannya kedalam tulisan, setidaknya itulah pengalaman yang dialami penulis, dan ide itu biasanya bisa dating dan pergi, untuk itulah penulis biasanya menyimpan, atau menulis bagian ataupun tema besar dari puisi itu di ponsel atau dimana saja untuk berjaga-jaga jika nanti lupa tentang ide puisi yang baru saja didapat, walaupun tidak langsung diselesaikan jika sudah mempunyai sedikit gambaran tentang ide yang didapatkan kita masih dengan mudah untuk meneruskannya lain kali.
Sekian yang bisa sya bagikan terimakasih atas kunjungannya.
Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan