la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara Mudah Membuat Puisi Beserta Tips Membuat Puisi

Cara Mudah Membuat Puisi Beserta Tips Membuat Puisi
Mungkin bagi kebanyakan orang, masih banyak yang menganggap bahwa membuat puisi puisi itu susah, sebenarnya tidak, yang menganggap membuat puisi susah itu hanya mereka yang malas dan lebih suka mencari puisi-puisi di internet dengan cara meng copy paste tanpa perlu bersusah payah untuk membuatnya sendiri, dan yang lebih parah lagi biasanya puisi itu akan dikirim lagi kepasangannya, dimana letak keorisinalitas dari puisi dan keromantisannya kalau begitu.

Tips Membuat Puisi Bagi Pemula

Dalam postingan Kali ini kami akan memberikan tips-tips membuat puisi dengan mudah, dan tentunya orisinil atau asli buatan kalian sendiri, bukan hasil jiplak dan ambil karya orang lain. Sebenarnya ide-ide dalam membuat puisi sering sekali muncul dalam pikiran banyak orang, terkadang terlintas sepintas ketika kita melalui sebuah peristiwa yang membuat kita terkesan, namun jika tidak segera dituangkan kedalam tulisan, dan ketika ingin menuangkannya kedalam sebuah tulisan, sayang sekali ide-ide yang mungkin sangat bagus itu sudah hilang karena lupa.

1. Mencatat ide puisi yang terlintas

Jika belum sempat menuangkan ide puisi yang kita punya, padahal sudah memiliki ide yang kita anggap bagus, dan tak mau kehilangan ide itu, yang harus dilakukan adalah dengan cara, mencatat bagian terpenting ide-ide itu, bisa di hand phone kertas, atau daun juga boleh, tapi kalau bisa jangan didaun, nanti dimakan kambing idenya. Konsep atau bagian-bagian ide yang saya maksud adalah sebagai berikut. contohnya :
“inilah aku sang raja berselimut tikar, raja dalam kerajaan raga, jasa, penguasa alam jiwa”
Tak perlu banyak banyak dalam menyiapkan suatu konsep dalam puisi, yang penting kita bisa memperkirakan bahwa bagian-bagian terpenting itu bisa kita susun kembali lain waktu.

2. Memperbanyak membaca puisi

Kita harus memperbanyak membaca puisi agar kita  memiliki banyak referensi atau patokan dalam membuat puisi, karena semakin banyak kita membaca puisi semakin banyak kosa kata indah yang akan kita miliki, karena dalam puisi bukan hanya bahasa yamg baku saja yang digunakan, bisa jadi terselip makna lain dalam kata itu, seperti yang di contohkan tadi, “aku adalah raja berselimut tikar” Bisa saja di maksudkan memang raja yang sedang berselimut tikar, bisa saja seorang penguasa yang hidup sederhana, bisa saja seseorang yang rendah diri”

3. Mencari tempat yang bisa mendatangkan ide

Walaupun ide bisa datang kapanpun dan dimanapun, tak terkecuali di tempat yang ramais sekalipun, akan tetapi Mencari suasana yang bisa memancing datangnya ide-ide membuat puisi, lebih maksimal dengan mencari tempat tempat yang tenang dan santai, untuk itulah  Perlu di ingat-ingat kembali, kapan kita sering mendapatkan ide dalam membuat puisi, saat sedang menyendiri kah, saat sedang bahagia dengan teman kah, atau saat dalam keramaian, karena setiap orang bisa jadi berbeda-beda.

4. buang jauh-jauh keinginan copas


Jangan memiliki fikiran untuk meng copy paste, karena itu justru akan membatasi imajinasi kita, karena imajinasi kita terbatasi dengan mudahnya memperoleh puisi dari internet, dan akhirnya tidak bisa ter explore secara bebas.

5. jangan malas untuk berpuisi

Yang terakhir jangan malas, dan banggalah dengan puisi yang kita buat, karena itu juga bisa memotivasi diri kita sendiri. kita mungkin menganggap puisi kita itu kurang bagus, dan kurang berbobot, namun bisa jadi orang menganggap puisi itu indah. Hanya ini saja yang bisa saya bagikan, selamat mencoba dan sukses selalu.
Posting Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan