9 Tips Agar Tetap Semangat Kuliah Meski sedang Puasa (ramadhan)

9 Tips Agar Tetap Semangat Kuliah Meski sedang Puasa (ramadhan)
Tanpa terasa bulan suci ramadhan yang di rindukan telah tiba, tentunya Selama bulan Ramadhan, otomatis jadwal maupun aktivitas yang biasanya kita lakukan akan berubah, mulai dari jadwal sarapan pagi yang berubah menjadi lebih pagi lagi karena di gantikan dengan makan sahur, sedangkan saat makan siang pun juga hilang, karena harus menunggu sampai berbuka puasa, namun biasanya ada jadwal yang tidak berubah, yaitu jadwal kuliah, meskipun sedang berpuasa jadwal kuliah tetap berjalan untuk itulah 7 Tips berikut ini perlu dilakukan Agar Tetap Semangat saat Kuliah Meski sedang Puasa.
Baca juga :7 Tips mudah Agar Kuat Melaksanakan Puasa Sebulan Penuh
walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, tentunya bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dalam menjalankan semua aktivitas seperti aktivitas kuliah maupun kerja, semua harus tetap dijalankan dengan penuh semangat dan di isi dengan berbagai kegiatan yang positif agar puasa yang di jalankan makin banyak mendapatkan pahala dan ramahan kali ini menjadi lebih baik dari ramadhan-ramadhan sebelumnya. harus berjalan dengan baik dan penuh semangat.

cara untuk menjaga semangat kuliah saat menjalankan puasa

cara untuk menjaga semangat kuliah saat menjalankan puasa

  • Jangan tidur terlalu larut malam

Biasanya mahasiswa akan sering dekat dengan yang namanya begadang, apalagi ketika tugas sudah mulai menumpuk dan di kejar deadline, pastinya mau tidak mau harus di kebut semalaman, bahkan sampai waktu sahur pun oke, asal tugas bisa segera terselesaikan.

namun saat puasa usahakan hindari yang namanya begadang dan usahakan semua tugas jangan dibiarkan menumpuk dulu baru mulai dikerjakan, agar nantinya tidak keteteran saat mengerjakan tugas kuliah dan harus begadang semalaman.

Jika sudah tidak ada lagi hal lain yang di kerjakan setelah selesai shalat tarawih dan tadarus Al-qur'an, lebih baik segera tidur agar nanti ketika bangun sahur tidak malas-malasan.

  • makan sahur tepat waktu

biasanya karena takut tidak bisa bangun untuk makan sahur ada yang rela makan sahur jam 01:00 agar nanti tak perlu susah-susah bangun, namun akibatnya tentunya rasa lapar akan lebih awal menyerang. Ketika sahur memang di sunnahkan untuk mengakhirkan sahur, namun walaupun demikian Jangan sampai telat bangun sahur, sehingga saat makan terburu-buru karena di kejar-kejar waktu imsak.

  • Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

saat puasa biasanya mata tak akan bisa tahan melihat banyaknya aneka makanan cepat saji yang menggoda, namun untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit dan sehat saat kuliah usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat saat berbuka maupun saat sahur.

  • jaga porsi makan dan minum saat sahur dan berbuka

biasanya yang paling sering terjadi adalah ketika sahur makan dengan porsi yang sangat banyak dan berlebihan dengan harapan bisa lebih kuat saat berpuasa dan bisa semangat namun yang terjadi justru malas-malasan saat akan siap-siap kuliah, karena masih kekenyangan.

selain makan sahur biasanya saat berbuka juga demikian, saking laparnya saat berbuka langsung balas dendam dan makan sampai kekenyangan. Akibatnya adalah malas sholat terawih apalagi tadarus al-qur'an.

  • melakukan kegiatan-kegiatan yang seru bersama

kegiatan seru bisa dilakukan di dalam kelas, misalnya melakukan vlog ataupun foto-foto bersama, selain mendapatkan keseruan, tentunya rasa laparpun bisa sedikit terlupakan dan suasana saat di kampus menjadi lebih seru dan menyenangkan.

  • jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang berlebihan dan menguras banyak tenaga

Ketimbang melakukan beraktivitas tanpa adanya tujuan ataupun berolahraga secara berlebihan, akan lebih baik jika waktu yang ada di gunakan untuk memperbanyak ibadah dan melakukan kegiatan positif bersama teman, misalnya ngabuburit bersama dengan cara bagi-bagi takjil, membaca buku di perpustakaan maupun kegiatan-kegiatan positif lainnya.

  • mengadakan acara buka puasa bersama

Agar suasana puasa menjadi lebih asyik dan makin terasa keakrabanya, tentunya membuat janji buka bersama dengan teman akan menjadi hal yang sangat menyenangkan dan pastinya nanti akan selalu dirindukan.

  • ajak dosen dalam acara buka puasa bersama

jika memungkinkan (dalam arti) budget untuk buka bersama masih mencukupi untuk mengajak dosen pada semester kali ini, tentunya akan makin baik dan makin seru juga, namun jika budget dirasa kurang jika mengajak semua dosen, bisa juga jika hanya mengajak satu dosen yang menjadi favorit sekarang ini, tentunya hal ini tak akan mengurangi keseruan dalam acara buka bersama.

  • kenakan pakaian yang bahannya sesuai dengan cuaca/musim

jika saat puasa bertepatan dengan musim hujan, tentunya pakaian yang dikenakan haruslah pakaian yang bisa membuat badan merasa hangat, namun jika sedang musim kemarau tentunya harus menhindari  mengenakan pakaian yang bisa membuat badan makin gerah Buat yang hobi banget ke kampus mengenakan baju-baju yang ribet dengan bahan yang luar biasa panas, lebih baik dari sekarang mulailah untuk memilah-milah pakaian yang berbahan adem untuk dipakai saat ke kampus, tentunya tak perlu yang susah-susah, yang terpenting adalah pakaiannya nyaman dikenakan, terlihat sopan, dan rapi.

Postingan Serupa

13.34 - tanpa komentar

0 komentar untuk 9 Tips Agar Tetap Semangat Kuliah Meski sedang Puasa (ramadhan).

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan