Syarat rukun dan sunnah wudhu

Syarat, rukun dan sunnah wudhu

Syarat rukun dan sunah wudhu

Assalamu'alaikum sobat semua, kali ini kang-pur akan membahas tentang Syarat, rukun dan sunah wudhu, yah walaupun saya rasa sobat tentunya sudah sangat mengerti dan hafal betul apa saja Syarat, rukun dan sunah wudhu itu, namun kita hanyalah manusia biasa yang tentunya pasti memiliki satu hal yang selalu ada yaitu lupa, untuk itulah tidak ada salahnya jika kita me review (melihat) ulang dan membaca sekali lagi tentang Syarat, rukun dan sunah wudhu.
wwudhu sendiri merupakan syarat syah dalam sholat.
 ﻻَ ﻳَﻘْﺒَﻞُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺻَﻼَﺓَ ﺃَﺣَﺪِﻛُﻢْ ﺇِﺫَﺍ ﺃَﺣْﺪَﺙَ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﺘَﻮَﺿَّﺄَ
“Allah tidak menerima shalat salah seorang di antara kamu sampai ia berwudhu.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).
untuk itulah sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang tata cara ber wudhu, karena jiki meliha hadits yang tersebut di atas tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa sholat kita tidak akan di terima jika kita tidak dalam keadaan suci (ber wudhu).

syarat sah wudhu

syarat merupakan sesuatu yang harus ada atau harus di miliki sebelum kita melakukan sesuatu, dalam hal ini adalah wudhu, jadi syarat wudhu merupakan sesuatu yang harus terpenuhi sebelum ber wudhu dan jika syarat belum terpenuhi maka wudhu seseorang menjadi tidak sah lalu apa saja syarat wudhu itu? Ayo sobat kita coba sedikit mengulang tentang apa saja syarat sah wudhu itu :
  1. beragama islam, jadi jika seseorang yang bukan islam berwudhu maka wudhu orang tersebut tidak sah, tetapi wudhu orang tersebut hanya di nilai sebagai membersihkan kotoran dari badan dan tidak di hitung wudhu.
  2. mumayyiz, yang artinya sudah membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, biasanya mumayyiz datang ketika seseorang memasuki usia 7 tahun, namun tidak ada salahnya jika orang tua membiasakan anaknya yang masih berusia dini untuk ber wudhu, agar sang anak bisa terbiasa melakukan wudhu saat sang anak sudah memasuki usia mumayyiz.
  3. menggunakan air suci lagi menyucikan (thohir muthohir), jadi tidak boleh jika kita ber wudhu menggunakan ais sprit, koka kola maupun air kelapa, karena walaupun air tersebut merupakan air suci namun tidak mensucikan. Lalu apa saja air yang bisa di gunakan untuk ber wudhu? Air yang bisa di gunakan untuk ber wudhu ada 7 yaitu : Air laut, Air hujan, air sungai, air sumur, air dari sumber mata air, air salju dan yang terakhir adalah air embun.
  4. tidak ada yang menghalangi datangnya air pada anggota wudhu, misalnya adalah : ada noda cat, noda lem dan lain sebagainya. Jadi ketika anggota wudhu kita ada noda cat yang menghalangi air ke kulit kita, terlebih dulu kita harus menghilangkan noda cat tersebut, agar tidak menghalangi air sampai ke kulit kita.
  5. tidak dalam keadaan haid (menstruasi) maupun nifas. Nifas adalah darah yang keluar dari rahim yang disebabkan melahirkan atau setelah melahirkan. Darah nifas merupakan darah yang tertahan dan tidak bisa keluar dari rahim selama hamil. Ketika melahirkan, darah tersebut keluar sedikit demi sedikit. Yang ke 5 ini tentunya hanya berlaku untuk perempuan saja, karena laki-laki tidak mengalami haid ataupun nifas.

rukun wudhu

Rukun adalah suatu bagian dari sebuah amalan yang jika ditinggalkan maka amalan tersebut tidak sah. Rukun wudhu ada 6 :
  1. niat. Lafad niat wudhu َﻮَﻳْﺖُ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀَﻟِﺮَﻓْﻊِ ﺍﻟْﺤَﺪَﺙِ ﺍﻟْﺎَﺻْﻐَﺮِﻓَﺮْﺿًﺎﻟِﻠّٰﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟٰﻰ niat merupakan kerentek hati (sura hati) jadi jika saat sobat ber wudhu sobat lupa melafalkan niat wudhu, namun sudah meniatkan dalam hati maka wudhu sobat teta sah, dan niat wudhu tidak mesti harus dalam bahasa arab, tetapi jika tidak bisa bisa menggunakan bahasa sehari-hari. Tempat niat wudhu adalah ketika pertama kali membasuh muka.
  2. membasuh muka. Adapun batasan muka adalah vertikal dari tempat tumbuhnya rambut secara normal sampai ke dagu. dan secara horizontal dari telinga ke telinga.
  3. membasuh ke dua tangan mulai dari ujung jari sampai ke siku.
  4. mengusap bagian kepala.
  5. membasuh kedua kaki mulai dari ujung kaki sampah ke mata kaki.
  6. tertib (urut). Walaupun terkesan sangat sepele, namun yang ke 6 sangat lah penting, karena wudhu tidak akan sah jika tidak tertib (berurutan).

sunnah wudhu

sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa saja kesunahan wudhu, kita harus tahu tentang apa itu sunah. Sunah adalah segala sesuatu yang jika kita mengerjakan kita mendapatkan pahala dari Allah, namun jika kita meninggalkan kita tidak berdosa. Lalu apa saja sunnah wudhu itu langsung saja :
  1. membaca basmalah ketika akan ber wudhu. Dan yang pertama mungkin sangat sering kita lupakan, untuk itulah mulai sekarang sebelum ber wudhu biasakan membaca basmalah, agar kita mendapatkan pahala dari Allah.
  2. mebasuh tangan sampai pergelangan tangan sebelum berkumur saat wudhu.
  3. berkumur-kumur.
  4. memasukan air ke hidung kemudian mengeluarkannya lagi, agar kotoran yang ada dalam hidung bisa hilang.
  5. mengusap semua kepala (rambut kepala).
  6. mengusap 2 telinga, bagian dalam maupun luarnya.
  7. melakukan basuhan maupun usapan anggota wudhu 3x.
  8. terus menerus (tidak ada jeda).
  9. mendahulukan anggota wudhu bagian sebelah kanan.
  10. menggosok-gosok.
  11. melakukan siwak sebelum ber wudhu.

terimakasih sobat sudah meluangkan waktunya untuk membaca postingan ini, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa beri tanggapan berupa koreksi maupun kritikan yang bisa membangun agar lebih baik lagi dan jangan lupa bagikan agar semua orang bisa membacanya.
baca juga artikel islami lainnya di bawah ini.

Postingan Serupa

20.15 - tanpa komentar

0 komentar untuk Syarat rukun dan sunnah wudhu.

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan