7 Tips mudah Agar Kuat Melaksanakan Puasa Sebulan Penuh

Cara orang dalam menyambut hadirnya bulan puasa tentunya berbeda-beda, ada yang tak henti-hentinya mengucap syukur, karena bulan suci yang sangat dinanti akan segera tiba, ada juga yang sudah heboh mempersiapkan menu-menu apa saja yang nantinya akan disiapkan saat bulan puasa, namun ada juga yang sudah cemas kalau-kalau nanti puasanya bolong-bolong, untuk itulah lakukan tips mudah ini agar kamu bisa melaksanakan puasa sebulan penuh tanpa ada yang bolong-bolong, karena bulan puasa akan segera tiba dan hanya menunggu hitungan hari saja..

Cara Agar Bisa Berpuasa Sebulan Penuh

7 Tips mudah Agar Kuat Melaksanakan Puasa Sebulan Penuh

1. Biasakan puasa sunnah mulai dari sekarang

jika kamu adalah salah satu jenis orang yang sangat susah menahan lapar, maka mulai dari sekarang biasakan untuk melakukan puasa sunnah, seperti puasa senin kamis, maupun puasa sunnah lainnya, tujuannya adalah agar nantinya perut sudah terbiasa menahan lapar saat bulan Ramadhan tiba, selain itu, banyak juga pahala dan kebaikan yang akan di dapat jika kamu sering melakukan puasa sunnah.

Jika kamu adalah orang yang memang sangat sulit untuk berpuasa maka hal ini harus kamu lakukan agar saat bulan puasa tiba kamu sudah siap.

tentunya akan sulit jika harus secara frontal dengan melakukan puasa sunnah seharian penuh, untuk itulah Kamu bisa mulai dengan berpuasa beberapa jam, jika masih kuat tambah lagi beberapa jam dan jangan terlalu dipaksakan dan lakukan pada hari-hari berikutnya, asal jangan di bulan puasa ya, mungkin yang awalnya cuma kuat 8 jam di tingkatkan lagi menjadi 10 jam dan terus di tingkatkan lagi sampai bisa puasa penuh sampai magrib.setelah seminggu naikkan jadi setengah hari, lalu seminggu lagi naikkan jadi satu hari full.

Agar cara ini nantinya bisa berhasil tentunya harus dilakukan secara rutin setiap hari, di jamin deh.. Nanti kamu akan sangat siap menyambut bulan suci ramadhan dan bisa puasa 30 hari ful tanpa ada yang bolong.

2. Luruskan niat dan tujuan dalam berpuasa


biasanya dalam berpuasa ada orang yang hanya berpuasa karena terpaksa disini Saya sangat meyakini bahwa suatu perbuatan ataupun amal ibadah yang dilakukan karena terpaksa tak akan bisa membuahkan sebuah hasil yang baik, bahkan bisa sia sia jika dilakukan.

Jadi mulai dari sekaran cobalah untuk meluruskan niat dan tujuan puasa terlebih dahulu, sebelum bulan suci yang penuh ampunan yang selalu kita nanti dan kita rindukan tiba, agar nantinya puasa yang kamu lakukan memang kamu lakukan karena ke ihlasan dan niat tulusmu untuk mencari kiridlo'an dari Allah dan bisa lebih mendekatkan diri pada Allah (taqorrub ilallah).

3. perbanyak do'a dan meminta pada Allah untuk diberi kelancaran saat berpuasa.

Tentunya sebagai umat muslim kita selalu meyakini, bahwa tidak ada daya dan upaya kita selaian dari kuasa dan kekuatan Allah SWT. Untuk itulah sebelum memulai puasa sangat di anjurkan untuk selalu berdo'a kepada Allah agar dimudahkan semua urusan kita, tak terkecuali meminta kemudahan dan kelancaran saat menjalankan puasa. 
Hanya do'a yang bisa membuat segala sesuatu yang tidak mungkin bagi manusia menjadi di mungkinkan oleh Allah, karena hanya Allah yang mampu membuat segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

4. Selalu mengingat, bahwa Allah selalu melihat dan mengetahui apa yang kita lakukan.

sekecil apapun perbuatan baik maupun buruk yang dilakukan oleh manusia tentunya nantinya akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT di hari perhitungan nanti, untuk itulah agar semangat berpuasa muncul kita harus senantiasa mengingat bahwa semua perbuatan kita tak pernah luput dari pengwasan Allah dan selalu ada malaikat yang bertugas mencatat semua amal yang kita lakukan di dunia.

cara lain yang bisa dilakulan agar kita senantiasa mengingat Allah adalah dengan sering-sering menghadiri pengajian, apa lagi dibulan puasa, sudah pasti akan ada banyak sekali pengajian rutin yang akan ada di masjid-masjid setiap harinya, selain mendapat tambahan ilmu dan puasa makin berkah tentunya dengan menghadiri pengajian saat bulan puasa tentunya juga bisa mendapat takjil gratis juga.

5. Perbanya istighfar dan lebih berusaha untuk mendekatkan diri pada Allah.


Allah selalu menyukai hamba-hambanya yang selalu bersyukur dan ber istighfar pada Nya, selain itu, dengan bersyukur hati kita juga bisa lebih bersih dan lebih siap untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

6. Jauhkan dirimu dari Hal - Hal Yang Bisa Membatalkan Puasamu


biasanya anak muda selalu memiliki keinginan untuk kumpul-kumpul bareng di tempat nongkron, yang tentunya ada banyak orang yang berjualan, walaupun niat awalnya hanya untuk ngobrol dan bersantai saja, namun karena banyaknya godaan, tentunya tak menutup kemungkinan bahwa nantinya kamu akan takhluk dengan nafsu ntuk membatalkan puasa sebelum waktu berbuka. Jangan lupa juga untuk selalu mengingatkan teman ataupun saudara kita.

7. Selalu Motivasi Dirimu Sendiri agar bisa berpuasa sebulan penuh


tentunya akan sangat sulit jika motivasi dan perubahan ke arah yang baik tidak segera dimulai dari dirimu sendiri. Lalu bagaimana caranya untuk memotivasi diri sendiri? Cara simpelnya bisa dengan menanamkan kata motivasi pada otak, misalnya "pasti kuat"  atau lain sebagainya setiap hari selama berpuasa agar otak kamu bisa terstimulasi dengan baik.

Mungkin bagi sebagia orang, cara ini sangatlah terlihat sepele, akan tetapi cara ini bisa dibilang sangat ampuh dan terbukti sangat manjur dan sudah banyak orang yang membuktikannya dan berhasil.

kebaikan di bulan puasa

jadi masih beralasan untuk tidak berpuasa tahun ini? Perlu di ingat, bahwa bulan puasa merupakan bulan yang sangat mulia dan banyak sekali limpahan berkah yang ada di bulan puasa, karena segala amal baik yang dilakukan saat berpuasa pahalanya akan dilipat kan oleh Allah, sehingga tak heran jika saat berpuasa orang-orang islam yang berlomba-lomba dalam kebaikan dan mulai menata diri agar menjadi lebih baik, bukan hanya baik di mata manusia saja, akan tetapi juga baik dimata Allah, karena itulah yang terpenting.

tentunya dengan banyaknya kebaikan yang ada di bulan puasa itu juga bisa membangkitkan semangat kita saat menjalankan puasa, sehingga puasa akan makin terasa ringan.

bahkan di bulan puasa tidurnya orang yang berpuasa juga di hitung sebagai ibadah, karena dengan tidur orang yang berpuasa akan terhindar dari berbagai perbuatan buruk seperti gibah atau membicarakan keburukan orang lain, namun tentunya saat berpuasa juga jangan di sia-siakan dengan hanya memperbanyak tidur saja, karena masih banyak juga amal yang bisa dilakukan saat berpuasa, dan pahalanya pun jauh lebih besar daripada hanya tidur dirumah, misalnya adalah dengan melakukan dzikir, tadarus al-qur'an, ataupun memberikan takjil pada orang-orang yang kurang mampu ataupun anak yatim, selain pahalanya lebih besar, tentunya juga bisa sangat bermanfaat bagi orang disekitar kita.

dengan memberikan takjil pada orang-orang yang tidak mampu ataupun anak-anak yatim, pahala puasa mereka juga akan mengalir pada orang yang menyediakan takjil untuknya.

Postingan Serupa

13.14 - tanpa komentar

0 komentar untuk 7 Tips mudah Agar Kuat Melaksanakan Puasa Sebulan Penuh.

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan