teori sejarah masuknya islam ke indonesia

teori sejarah masuknya islam ke indonesia

tak seperti sekarang ini islam sudah menjadi agama mayoritas di indonesia kerena sebagian besar penduduknya adalah orang islam, namun itu semua tak bisa tercapai dengan mudah dan itu semua bisa terjadi karena peran dan jas para pendahulu kita yang berjuang siang dan malam untuk menegakan agama islam di indonesia.
teori sejarah masuknya islam ke indonesia

kembali lagi ke tema utama yaitu teori sejarah masuknya islam ke indonesia, terkait dengan teori sejarah masuknya islam ke indonesia tentunya ada teorai yang berbeda yang di ungkapkan para ahli sejarah tentang kapan tepatnya islam mulai masuk ke indonesia dan teori dan pendapat para ahli itu juga bukanlah pendapat yang tanpa bukti tapi tiap-tiap pendapat tersebut memiliki bukti yang sangat kuat di tambah dengan adanya catatan sejarah masa lampau yang di buat oleh bagsa lain di masa lampau.

teori masuknya islam ke indonesia

1. islam masuk ke indonesia pada abad ke - 7 masehi

pendapat para ahli ynag menyebutkan bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke 7 mashi berdasarkan pada, informasi dari para pedagang arab yang menyatakan bahwa para pedagang arab sudah mulai menjalin hubungan perdagangan dengan bangsa indonesia pada masa kerajaan sriwijaya atau lebih tepatnya apada abad ke 7 masehi.

Dalam pendapat yang di kemukakan para ahli itu, juga di sebutkan bahwa wilayah Indonesia yang paling pertama menerima dan mendapat pengaruh Islam adalah daerah pantai Sumatera Utara yaitu wilayah Samudra Pasai. kerena wilayah samudra pasai adalah tempat yang menjadi pintu gerbang masuknya para pedagang dari arab menuju wilayah Indonesia lainnya. Dari Samudra Pasai, melalui jalur perdagangan agama Islam menyebar ke Malaka dan selanjutnya ke Pulau Jawa.

masuknya islam Pada abad ke 7 Masehi di wilayah Pantai Utara Pulau Jawa, di dasarkan pada berita dari China masa Dinasti Tang. Berita tersebut menyatakan tentang adanya orang-orang Ta’shih (orang Arab dan Persia) yang mengurungkan niatnya untuk menyerang Kaling di bawah pemerintahan Ratu Sima pada tahun 674 M.

2. islam sudah masuk ke indonesia sejak abad ke 11 Masehi. 

ahli sejarah ada juga yang berpendapat bahwa islam baru masuk ke indonesia sudah sejak abad ke 11 Masehi. Pendapat ini di dasarkan pada bukti adanya sebuah batu nisan Fatimah binti Maimun yang berada di dekat Gresik Jawa Timur dan pada Batu nisan ini bertuliskan angka tahun 1082 Masehi.

3. islam baru masuk dan menyebar di indonesia pada abad ke 13

ada beberapa ahli lain yang justru meyakini bahwa sejarah masuknya Islam pertama kali masuk ke Indonesia baru di mulai pada abad ke 13 Masehi, Pendapat ini berdasarkan pada beberapa bukti yang lebih kuat, di antaranya dikaitkan dengan masa runtuhnya pemerintahan Dinasti Abassiah di Baghdad (1258), berita dari Marocopolo (1292), batu nisan kubur Sultan Malik as Saleh yang berada di Samudra Pasai (1297), dan berita dari Ibnu Battuta (1345). Pendapat tersebut juga lebih diperkuat dengan masa penyebaran ajaran tasawuf di Indonesia.

Jalur Penyebaran Agama Islam di Indonesia 

Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia berlangsung tentulah tak berlangsung secara mudah dan singkat islam masuk secara bertahap dan dialakukan dengan melalui jalan damai melalui beberapa jalur berikut ini: 

1. jalur perdagangan 

yang berperan menyebarkan agama islam di jalur perdagangan adalah para pedagang muslim yang menetap di kota-kota ataupun pelabuhan untuk membentuk perkampungan muslim, misalnya Pekojan. Saluran ini merupakan saluran yang dipilih sejak awal sejarah masuknya Islam ke Indonesia. 

2. dengan cara perkawinan (pernikahan)

proses penyebaran agama Islam dilakukan dengan cara seorang tokoh agama islam menikahi putri raja ataupun orang yang berpengaruh lainnya atau seseorang yang telah menganut Islam menikah dengan seorang yang belum menganut Islam sehingga akhirnya pasangaannya itu ikut menganut Islam. 

3. jalur dakwah 

proses penyebaran Islam yang dilakukan dengan cara memberi penerangan tentang agama Islam seperti yang dilakukan Wali Songo dan para ulama lainnya dan sampai sekarang ini juga jalur dakwah masih banyak di gunakan para mubaligh untuk menyiarkan agama islam. 

4. jalur pendidikan 

proses ini dilakukan dengan cara mendirikan pesantren guna memperdalam ajaran-ajaran Islam yang kemudian menyebarkannya. 

5. jalur kesenian dan budaya 

proses penyebaran Islam yang di lakukan menggunakan media-media kesenian dan budaya seperti pergelaran wayang kulit yang dilakukan Sunan Kalijaga, upacara sekaten, dan seni sastra. Proses tasawuf, penyebaran Islam dilakukan dengan menyesuaikan pola pikir masyarakat yang masih berorientasi pada ajaran agama Hindu dan Budha agar lebih mudah di terima.

hakikatnya agama islam adalah agama yang Rahmatan lil alamin agama yang penuh kasih sayang, namun sekarang ini justri kita sering menjumpai para oknum-oknum yang mengaku islam namun banyak melakukan kekerasan bahakan samapai melakukan pengeboman, semua itu perlu di pertanyakan lagi, apakah mereka yang gemar melakukan kekerasan atas nama islam itu memang benar-benar orang islam? apakah mereka yang melakukan pengeboman itu juga orang islam?, karena islam yang saya yakini adalah agama yang penuh kasih sayang dan penuh toleransi. lalu siapakah mereka yang gemar melakukan kekerasan bahkan pembunuhan dan mengeku islam?.

Postingan Serupa

11.57 - tanpa komentar

0 komentar untuk teori sejarah masuknya islam ke indonesia.

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan