bahaya sinetron bagi perkembangan anak - kang-purngeblog.blogspot.com



Jika berbicara tentang sinetron di masa sekarang ini, sudah tak asing lagi, bahkan anak TK pun rasanya juga sudah mengenal dan menikmati sinetron, tanpa tau bahaya yang sedang mengintai mental mereka, apa lagi bagi anak-anak yang masih dalam masa golden age (usia emas) apa yang mereka lihat, itulah yang akan selalu terkam dalam ingatan.
dari pengamatan saya, sinetron sekarang ini banyak sekali mengandung unsur-unsur yang cenderung negative karena tak bisa dipungkiri lagi bahwa yang diperioritaskan dalam  membuat sinetron sekarang ini adalah share dan rating, jika share dan rating bagus, itu akan menjadi ladang industry yang sangat menjanjikan, tak perduli apa konten apa yang ada pada sinetron itu sendiri.
bahaya sinetron
Add caption
Lalu apa bahayanya, Kanapa saya sampai membuat judul bahaya sinetron bagi perkembangan anak? bukannya itu terkesan terlalu frontal?. Frontal atau tidak mungkin kawan-kawan sendiri yang bisa menilainya.
Jika kawan-kawan semua menggunakan hati dan berpikir sejenak tentang persinetronan di Indonesia, mungkin kawan-kawan semua bisa mempunyai pikiran yang sama dan sejalan dengan apa yang saya pikirkan. Karena apa yang ditonton oleh putra-putri kita semua itulah yang akan menjadi kiblat atau panutan gaya hidup mereka, apa yang mereka tonton secara langsung mempengaruhi moral dan ahlak putra-putri kita, mungkin itu akan menjadi bagus, jika yang ditonton adalah konten yang mendidik, bagaimana jika konten yang ditonton justru hal-hal yang bisa merusak moral dan ahlak para putra-putri kita. Seperti yang kawan bisa lihat semua, sinetron sekarang terkesan sangat lebay, dan kabanyakan mengandung unsur percintaan, padahal para pemainnya pun terkadang ada yang masih usia SMP, namun harus memerankan karakter yang sebenarnya belum pantas untuk dimainkan oleh anak seusia mereka, dan  banyaknya tontonan yang kurang mendidik itulah yang ikut memberikan kontribusi
 atau sumbangan besar dalam mendidik moral dan ahlak para putra-putri kita, para generasi penerus bangsa.
        Bagai mana nasib moral dan ahlak anak-anak kita nantinya, jika mereka selalu disuguhi oleh tontonan-tontonan yang tidak mendidik, hanya berisi konten-konten percintaan remaja, atau bahkan belum pantas untuk disebut remaja, karena masih terlalu kecil untuk disebut remaja.
        Imbas tontonan yang kurang mendidik seperti itu sangat besar sekali, anak-anak dan remaja akan mengikuti trend yang mereka anggap sedang booming-boomingnya, tanpa mengerti bahaya apa yang akan mengintai mental mereka. anak-anak mulai mengerti yang namanya pacaran dan meniru gaya pacaran yang ada disinetron,bahkan juga terkadang ada yang berusaha meniru semua gaya artis yang mereka idolakan.
Mungkin kurang lengkap rasanya jika saya belum menjelaskan secara terperinci  bahaya apa saja yang mengancam anak-anak dan remaja saat menonton sinetron, karena jujur saja semua yang saya tulis tadi baru kekesalan saya yang saya tumpahkan dan memang sangat tak beraturan karena itulah yang saya rasakan saat mengamati kehidupan anak-anak dan remaja dilingkungan saya, yang sebagian besar mentalnya sudah terdidik oleh sinetron. Tak usah bertele-tele lagi saya akan menyebutkan apa saja bahaya menonton sinetron yang kurang mendidik bagi anak.
ü Para putra-putri kita akan termotivasi dengan yang namanya pacaran, karena sebagian besar atau mungkin 99,99% sinetron pasti dibumbui dengan tema dan adegan percintaan, mungkin anak akan merasa malu jika belum mempunyai pacar, dan merasa bangga jika sudah mendapatkan pacar.
anak kecil pacaran
Add caption

ü Para putra-putri kita akan menjadi malas belajar dan berangkat mengaji, dan lebih memilih menonton sinetron kesukaannya.
anak malas
Add caption

ü  Para putra-putri kita biasanya akan meniru karakter dalam suatu sinetron, dan Karakter yang banyak ditirukan biasanya adalah karakter-karakter yang bisa dibilang sangat lebay dalam gaya bicara ataupun tingkahnya, karena mereka menganggap itu lucu dan harus ditiru, namun bagaimana jika justru yang mereka tiru itu yang tertanam dan menjadi satu dengan mereka, tanpa mereka sadari.
meniru orang
Add caption

ü Para putra-putri kita akan menjadi anak yang terlalu cepat dewasa sebelum waktunya. Bisa jadi dari gaya, cara berpakaian, gaya bicara, mulai menggemari make up, agar bisa tampak seperti arts yangmereka idolakan.
ü Para putra-putri kita akan kekurangan kekritisan dalam berpikir, karena kebanyakan sinetron sekarang ini sangat panjang, bahkan bisa sampai ribuan episode jika rating dan sharenya masih tetap bagus, dan kebanyakan adengannya pun mudah ditebak kemana arahnya.
ü Para putra-putri kita akan meniru tutur kata yang terkesan kasar bagi para orang tua, namun menurut mereka kata-kata kasar itu terkesan masih wajar karena banyak dikatakan dalam sinetron,
ü Para putra-putri cenderung akan meniru adegan kekerasan dan pembulian yang ada pada sinetron, sebagai contoh misalnya sinetron anak jajanan, yang dalam sinetronnya banyak menyuguhkan perkelahian antar geng
meniru adegan, meniru
Add caption
ü Para putra-putri kita bisa terlalu hanyut dalam alur cerita. Misalnya pada sinetron ganteng-ganteng sering jajan yang banyak sekali menyuguhkan adengan romantic yang begitu berlebihan, secara tidak langsung member sugesti pada anak, anak akan lebih mendambakan mengalami keromantisan disekolah daripada berprestasi dan yang lebih membahayakan lagi jika ada adegan bunuh diri ketika gagal mendapatkan apa yabg di inginkan. Ini akan menanamkan, bahwa bunuh diri merupakan jalan alternative untuk keluar dari permasalahan.
hanyut, terlalu hanyut
Add caption
ü Para putra-putri kita akan menyerap banyak konsep dari sinetron yang ditonton seperti gadis cantik itu putih, kurus, langsing, simiskin dan si kaya tidak boleh saling jatuh cinta, suka belajar itu cupu dan masih banyak lagi.
berpikir, banyak konsep
Add caption

     Bagai mana, Apakah kawan-kawan semua masih tenang-tenang saja meliahat Para putra-putri kita terkena imbas dari tontonan-tontonan yang kurang mendidik itu?  Tujuan saya sebenarnya bukan untuk melarang untuk menonton TV dan konten-konten yang tersedia didalamnya, naming saya hanya ingin, agar kawan-kawan semua bisa mengontrol apa tontonan yang pantas untuk Para putra-putrinya, dan apa yang tidak pantas, dan jangan sampai Para putra-putri kita lepas dari pengawasan, dan akhirnya menyesal. Jadilah orang tua yang bijak dan bisa mendidik Para putra-putrinya menjadi anak yang sholeh dan sholihah dan membanggakan orang tua, dan bisa berguna bagi nusa dan bangsa, karena merekalah nantinya yang akan menjadi generasi penerus bangsa.
  Untuk melihat artikel keren lainnya bisa dilihat di kumpulan artikel keren
Atau bagi anda yang menyukai puisi-puisi indah baca juga kumpulan puisi indah

Postingan Serupa

01.07 - tanpa komentar

0 komentar untuk bahaya sinetron bagi perkembangan anak - kang-purngeblog.blogspot.com.

silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan